Pernah nggak sih mengalami kebingungan saat mau mengolah daging ayam? Apalagi buat kamu-kamu yang baru belajar masak. Selain digoreng, kira-kira daging ayam enaknya dibuat apa ya?

ayamberkahmeats.blogspot.com
ayamberkahmeats.blogspot.com

Tentunya banyak sekali variasi masakan yang bisa kita buat dengan bahan utama daging ayam ini, sebut saja opor ayam, gulai ayam, rendang ayam, dan lain sebagainya.

Oiya, ada satu lagi yang perlu kamu tahu, apalagi buat kamu penyuka makanan manis. yaitu semur ayam. Wah, enak tuh semur ayam, paduan rasa manis dan asinnya selalu menggoda lidah untuk selalu bergoyang.

michaeltoa.blogspot.com
michaeltoa.blogspot.com

Tapi gimana cara membuat semur ayam ini? Buat kamu-kamu yang baru belajar masak, jangan panik dan tetap tenang, karena cara membuat semur ayam ini mudah lho!

Mau tahu caranya? Langsung kita lihat yuk bahan dan bumbu yang dibutuhkan, serta cara memasaknya!

1Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan

sayangi.com

Sebelum kita membuat semur ayam, tentunya kita perlu mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Untuk resep kali ini, kita menggunakan setengah ekor ayam yang kemudian kita potong menjadi 6 bagian.

Oiya, ayam yang kita siapkan adalah ayam yang telah kita goreng sebentar hingga setengah matang. Selain ayam, bahan tambahan lain yang kita gunakan adalah 3 buah kentang yang kita potong agak besar, kemudian juga kita goreng sampai matang.

caratono.blogspot.com
caratono.blogspot.com

Karena pada dasarnya semur ayam adalah makanan yang mengandung kuah, maka kita perlu menyediakan air. Jumlah air yang perlu kita sediakan adalah 1000 ml. Jangan lupa sediakan juga kecap manis, sebagai ciri khas semur.

Setelah bahan-bahan, sekarang kita akan beralih ke bumbu-bumbu untuk membuat semur. Bumbu yang kita butuhkan terdiri dari kaldu ayam, garam, pala, lada bubuk, bawang merah goreng, batang serai, dan minyak.

Selain bumbu-bumbu di atas, kita pun butuh menyiapkan bumbu yang sebelumnya telah kita haluskan. Bumbu-bumbu ini terdiri dari bawang putih, bawang merah dan jahe.

Bagaimana, semua bahan untuk membuat semur ini mudah didapat kan? Jadi nggak ada alasan buat kamu untuk tidak mencobanya ya!

2Cara Membuat

ratihkartawijaya.blogspot.com

Sebelum kita memasak ayam semur, pastikan dulu kamu sudah menggoreng ayamnya setengah matang dan juga sudah menggoreng kentangnya sampai matang. Jika sudah, maka kamu perlu menyiapkan bumbu-bumbu untuk ditumis.

Yup, langkah pertama adalah menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan jahe sampai harum. Oiya, jangan lupa untuk menambahkan serai yang sudah digeprek sebelumnya, agar aroma semurnya semakin sedap.

themuenzer.wordpress.com
themuenzer.wordpress.com

Setelah itu kamu bisa memasukkan ayam ke dalam bumbu yang telah ditumis tadi, aduk hingga bumbu tercampur rata dengan ayam. Sampai langkah ini, kamu perlu perhatikan besarnya api, sebaiknya kamu gunakan api kecil saja biar tidak gosong.

Setelah ayam kita masukkan, maka kini saatnya memasukkan kentang, kecap manis, air, kaldu ayam, garam, gula, lada, pala. Jangan lupa untuk tetap memasaknya dengan api kecil.

Berapa lama kita harus menunggu sampai semur ayamnya matang? Semur ayam ini akan matang jika air yang kita gunakan untuk memasak sudah berkurang dan mengental dengan bumbu-bumbu yang kita tambahkan.

Nah, jika airnya sudah mengental, maka ini tandanya semur ayam kita sudah bisa diangkat dan disajikan. Eh, tapi tunggu dulu, jangan lupa juga untuk memasukkan bawang merah goreng ke dalam semur.

Setelah bawang merah goreng ditaburkan ke semur ayam, maka kamu bisa mengaduknya dan memasaknya kembali sebentar. Baru setelah itu semur ayam siap disajikan untuk keluarga kamu.

SHARE