Kalau liburan sabtu minggu, kegiatan kamu apa? Mungkin di antara kamu ada yang memilih untuk berjalan-jalan atau berdiam diri saja di rumah dan ada juga yang memilih untuk tidur seharian.

Tapi, kegiatan liburan yang gitu-gitu aja, seringkali membuat kita bosan, oleh karena itu kita perlu melakukan hal lainnya. Kira-kira enaknya ngapain ya? Buat kamu yang bingung mau ngapain, gimana kalau kita masak aja.

resepkuekeringku.com
resepkuekeringku.com

Wah, ide menarik tuh! Tapi masak apa ya? Tentunya masak makanan yang seluruh anggota keluarga suka, termasuk anak-anak.

Contohnya saja semur daging sapi. Duh! ngebayanginya aja udah laper duluan. Paduan daging yang gurih, bumbu yang lezat dan manisnya kecap sudah berasa di lidah.

Tapi, cara buatnya gimana? Susah nggak? Untuk perkara membuatnya, kamu jangan khawatir. Kalau kamu mau buat, kamu bisa lihat panduannya kok, kamu kan bisa lihat buku resep atau jangan susah-susah deh, liat resepnya di bawah ini yuk!

1Bahan untuk Membuat Semur Daging Sapi

duajurai.com

Bagi kamu yang baru mau belajar masak, maka kamu perlu tahu, bahwa untuk memudahkan memasak, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, biar masaknya nggak panik dan nggak ada bahan yang terlewat.

Karena kita mau masak semur daging sapi, maka bahan yang perlu kita siapkan adalah bahan-bahan untuk membuat semur daging sapi, jangan menyiapkan bahan lainnya ya! Nanti rasanya nggak karuan alias nggak jelas.

Oke, langsung saja yuk kita lihat apa saja bahan-bahan yang kita perlukan. Eits, tapi tunggu dulu! Kamu sudah siapkan kertas dan pulpen buat mencatat kan? Jika sudah, Ini dia bahan-bahannya.

radarpena.com
radarpena.com
  • 250 g daging sapi, potong-potong
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu agak besar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 buah cabe merah, buang bijinya
  • ½ buah tomat, potong-potong
  • Jahe, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
  • Kecap Manis
  • Gula merah jawa
  • Gula pasir
  • Garam
mbaksemut.wordpress.com
mbaksemut.wordpress.com

Itulah bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat semur daging sapi. Oiya, saat membeli daging sapi, kamu harus memastikan kondisi dagingnya baik ya! Jangan pilih yang sudah berbau tak sedap, nanti akan mempengaruhi hasil masakanmu.

Selain bahan-bahannya, kamu pun perlu menyiapkan peralatannya, mulai dari pisau untuk mengiris bumbu, ulekan dan panci atau wajan untuk memasaknya. Hal ini perlu disiapkan di awal supaya nggak ribet saat masaknya nanti.

2Cara Memasak Semur Daging Sapi

masakanragam.blogspot.com

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mencuci daging hingga bersih. Jika tahap ini kita lakukan, maka kita sisihkan dagingnya dan kita beralih meracik bumbu-bumbunya.

Bumbu yang perlu kita haluskan meliputi bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Setelah halus maka kita bisa langsung menumisnya dengan minyak panas dan api kecil agar tidak gosong.

Saat menumis bumbu, jangan lupa untuk memasukkan daun salam. Hal ini kita lakukan agar masakan kita menjadi lebih harum. Setelah bumbu terlihat berubah warna dan harum, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan daging yang telah kita cuci tadi.

Jika daging sudah dimasukkan, maka kita bisa lanjutkan menumisnya. Tumis sampai dagingnya berubah warna. Jika sudah, maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah memasukkan kentang, lalu diaduk hingga bumbu tercampur rata.

resepmasakankue.com
resepmasakankue.com

Kemudian, jangan lupa untuk memasukkan air hingga daging dan kentang terendam. Setelah itu, tambahkan kecap, gula merah, gula pasir, garam, dan lada secukupnya. Jika sudah, tutup wajan dan kecilkan api. Masak Hingga air meresap dan dagingnya empuk.