Sebagai seorang ibu, selain perlu menyiapkan makanan utama berupa nasi dan lauk pauk, kamu pun perlu menyediakan panganan pendamping, misalnya saja kudapan.

Nah, kalau kudapan ini kita beli di luar, pasti harganya lumayan, jadi baiknya buat sendiri.

Untuk bisa membuat aneka panganan itu, pasti butuh belajar kan, minimal baca resep atau belajar dari yang sudah pernah buat. Kalau kita bisanya bikin panganan yang itu-itu aja, kan lama-lama juga bosan.

absolutenjii.blogspot.com
absolutenjii.blogspot.com

Nah, untuk itu, sekarang kita belajar buatnya yuk! Untuk sementara waktu, belajarnya ya pakai resep dulu. Jenis panganan yang akan kita pelajari sekarang adalah siomay bandung berbahan baku ayam.

Wah! Sedap tuh buat siomay ayam, anak-anak pasti suka. Oleh karena itu, catat baik-baik ya resep siomay ayam berikut ini!

1Bahan dan Bumbu Membuat Siomay Ayam

suplierayambdg.wordpress.com

Penasaran nih, kira-kira apa ya bahan untuk membuat siomay ayam itu? Supaya kamu bisa membeli dan menyiapkannya, kita catat dulu yuk bahan-bahannya berikut ini!

basoyen.com
basoyen.com
  • 200 gr ayam yang sudah dicincang halus
  • 10 lembar kulit siomay berbentuk lingkaran
  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 2 putih telur
  • 1 batang daun bawang yang diiris halus
  • Setengah sendok teh garam
  • Seperempat sendok teh merica bubuk
  • Seperempat sendok teh gula pasir
  • Setengah sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan minyak ikan

Wah, panjang juga daftar bahan dan bumbunya ya! Tapi tidak apa, toh nanti kita akan mendapatkan siomay ayam dengan rasa yang lezat kok. Oleh karena itu, masak siomay ayamnya yang serius ya!

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Jika bahan-bahannya sudah lengkap seperti di atas, maka kini saatnya kamu untuk mulai memasak. Seperti biasa siapkan celemek dan jangan lupa cuci tangan. Kita langsung masuk ke proses pengolahan yuk!

2Cara Membuat Siomay Ayam

shaniegumilang.wordpress.com

Ini adalah waktu di mana kamu membuat siomay ayam. Berbeda dengan proses pembuatan bakso yang daging ayamnya harus digiling, saat membuat siomay ayam kita hanya perlu mencincangnya sampai halus.

Berarti buat kamu yang nggak punya food processor di rumah nggak punya alasan nggak buat dong! Kenapa hanya perlu dicincang saja? Supaya kita masih bisa merasakan serat-serat ayamnya dengan jelas.

Jika ayam sudah kita cincang halus, maka kamu perlu menyiapkan mangkuk untuk mencampur bahan. Pilih mangkuk yang kira-kira cukup untuk menampung semuanya ya!

Jika sudah kamu siapkan mangkuknya, maka kamu bisa mencampur daging ayam cincang tersebut dengan bawang putih, putih telur, daun bawang, garam, merica bubuk, minyak wijen, dan kecap ikan. Aduk semua bahan dan uleni dengan sedikit bantingan.

cookpad.com
cookpad.com

Setelah itu, tambahkan 3 sendok tepung sagu sedikit demi sedikit, lalu campur rata dengan menguleninya kembali, hingga semua bahan membentuk adonan. Setelah jadi adonan, maka saatnya kita membentuk siomaynya.

Siapkan kulit lumpia berbentuk lingkaran. Ambil selembar, lalu isi dengan adonan lumpia. Setelah itu lipat sisi-sisinya ke arah tengah. Agar kulit lumpianya menempel, maka kita bisa merekatkannya dengan air.

Jika semua adonan siomay sudah tertutup kulit lumpia, maka saatnya kita mengukus siomay ayam yang telah kita buat. Waktu untuk mengukus siomay ayam kurang lebih 25 menit. Jika sudah matang, maka bisa langsung kita hidangkan selagi hangat.

Demikianlah bahan dan cara membuat siomay ayam, caranya mudah kan? Nah, siomay ayam yang sudah matang ini bisa kamu hidangkan dengan saus kacang atau bisa juga menggunakan saus tomat.

SHARE