qraved.com

Resep Dim Sum Ayam Enak, Variasi Siomay Asli Cina yang Terkenal Kelezatannya

Posted on

Siomay adalah makanan yang dulunya dibawa oleh bangsa Cina ke Indonesia. Ketika dibawa di Indonesia kemungkinan terjadi ketidakcocokan resep dengan orang Indonesia.

Kemudian muncul siomay khas Indonesia yaitu siomay ikan khas Bandung. Dengan bumbu bumbu yang sudah disesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Namun ternyata siomay sendiri banyak sekali variasinya.

Salah satu variasi siomay yang lain yaitu dim sum. Dim sum ini merupakan makanan khas Cina yang sangat terkenal. Banyak sekali jenis dim sum ini, ada dim sum udang, dim sum leng hong kien, dim sum ceker, dan dim sum goreng.

Waktu pertama masuk Indonesia dim sum hanya tersedia di restoran besar dan dibanderol dengan harga tinggi. Namun, seiring perkembangan bisnis kuliner yang cukup pesat, dim sum bisa nikmati dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Mungkin kamu mengira membuat dim sum akan susah. Ternyata tidak, membuat dim sum ayam yang enak tidak terlalu sulit dan bahannya juga cukup mudah didapat. Kamu penasaran mau mencoba Membuatnya?

Berikut resep dim sum yang enak dan pastinya mudah untuk dicoba.

Apa Saja Bahan yang Diperlukan?

moarajaya.com
moarajaya.com

Untuk membuat dim sum tidak terlalu sulit. Walaupun memang ada karakteristik bumbu yang berbeda dengan resep makanan khas Indonesia. Tentu berbeda karena ini bukan makanan khas Indonesia.

Siapkan 225 gram daging paha ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya. Cincang daging ayam sampai halus agar mudah mencampur dengan bahan yang lainnya nantinya.

Bahan lainnya yaitu 2-3 siung bawang putih, 2 sendok makan kecap ikan, 2 daun bawang cuci bersih kemudian iris halus, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, 3 sendok teh minyak wijen.

basoyen.com
basoyen.com

Bahan lain yang dibutuhkan yaitu 50 ml air dingin, 24-27 lembar kulit siomay, 1 sendok teh merica bubuk, 150 gram tepung sagu dan 80 gram wortel segar bersihkan, dan parut wortel.

Bagaimana Cara Membuatnya?

raja-makan.co.id
raja-makan.co.id

Langkah pertama adalah membuat isi dim sum. Siapkan wadah yang cukup besar untuk mencampurkan semua bahan bahan di atas. Jangan lupa untuk membersihkan wadahnya terlebih dahulu.

Masukkan fillet daging ayam yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan bawang putih halus, gula pasir, garam dapur, dan merica bubuk. Campur semua bahan dan aduk menggunakan tangan sampai rata.

gaya.tempo.co
gaya.tempo.co

Masukkan kecap wijen dan kecap ikannya. Aduk sampai tidak ada gumpalan dan tercampur rata. Tambahkan air dingin sambil terus di aduk menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata.

Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus di uleni menggunakan tangan. Tambahkan air atau tepung bila terasa kurang pas. Aduk terus sampai semua bahan tercampur rata dan campuran terasa kalis.

dentistvschef.wordpress.com
dentistvschef.wordpress.com

Siapkan kulit siomay yang sudah dibeli. Kulit siomay ini bisa dibeli di pasar. Beri adonan dim sum di atas kulit siomay. Lipat ujung tepi dari kulit siomay dan rekatkan dengan menggunakan sedikit air.

Beri sedikit taburan wortel yang sudah diparut halus di atasnya. Seberapa banyak wortel tergantung selera kamu.Siapkan panci kukusan dan beri alas berupa daun pisang yang diolesi sedikit minyak.

Masukkan siomay yang sudah dibentuk tadi dan tata rapi di dalam panci kukusan. Kukus siomay dim sum dengan api sedang selama 15 – 20 menit. Angkat dan dim sum ayam enak siap kamu nikmati.

Cara Menikmati Dim Sum

flickr.com
flickr.com

Sebenarnya dim sum bisa langsung dinikmati setelah matang. Namun akan lebih enak jika dilengkapi dengan berbagai saus. Bisa menggunakan saus sambal, mayonaise, kecap atau saus lainnya.

tokopedia.com
tokopedia.com

Kalau kamu merasa cocok dengan sambal kacang khas Indonesia bisa juga kamu gunakan. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba membuat resep siomay dim sum yang enak ini?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *