Sop adalah makanan berkuah yang dimakan bersama nasi putih. Sop memiliki banyak penggemar. Selain rasanya yang gurih juga terasa segar saat dimakan bersama sambal.

Ada beberapa jenis sop seperti sop matahari, sop iga sapi, sop buntut, dan lain-lain. Secara umum rasa sop-sop tersebut hampir sama karena menggunakan bumbu kuah sop yang senada. Perbedaan terletak pada isi sop.

Salah satu sajian sop yang istimewa adalah sop buntut. Sop ini banyak dijual di beberapa rumah makan dan restoran sebagai menu andalan. Namun, harga sop buntut cukup mahal dan menguras kantong jika makan sekeluarga.

www.resepkoki.xyz
www.resepkoki.xyz

Saat berlibur sekolah tak ada salahnya bunda memasak sop buntut untuk keluarga tercinta. Bunda dapat memberikan sajian istimewa tanpa perlu memasak dengan rumit. Bahan-bahan yang digunakan pun dapat dengan mudah dijumpai.

www.satpam-gaul.blogspot.com
www.satpam-gaul.blogspot.com

Meskipun ada beberapa bunda yang takut membuat sop buntut karena tidak sesuai dengan harapan seperti aroma amis dan rasa kurang pas. Jangan khawatir, bunda hanya perlu mengikuti langkah-langkah memasak sop buntut di bawah ini.

Jika belum berhasil, maka bunda dapat mencobanya kembali dengan mengkoreksi kesalahan memasak sebelumnya.

Berikut ini resep sop buntut gurih dan lezat.

1Sediakan Bahan-Bahan

food.detik.com

Bahan utama adalah buntut sapi sebanyak 500 gram. Jika kamu membeli buntut sapi di pasar tradisional, mintalah pedagang buntut sapi untuk memotong sesuai ruas-ruasnya. Sehingga kamu langsung bisa membersihkan dan memasaknya.

Kamu juga dapat membeli buntut sapi di swalayan namun dengan harga yang tentu saja lebih mahal.

Bahan lain yang perlu disiapkan adalah wortel 6 buah yang dipotong memanjang, kentang 3 buah yang di potong dadu, daun seledri yang dicincang halus, mentega 3 sendok makan, dan bawang merah goreng.

Siapkan juga bumbu kuah sop buntut diantaranya bawang putih 3 siung, biji pala 1cm, gula pasir 1 sendok teh, kayu manis 1 cm, cengkeh 5 buah, garam secukupnya, dan lada secukupnya.

2Buatlah Kuah Sop Buntut

www.youtube.com

Langkah pertama adalah rebuslah buntut sapi selama kurang lebih satu jam. Perebusan ini dimaksudkan agar buntut sapi lebih empuk saat dimakan.

Selagi menunggu rebusan buntut sapi, kamu dapat menghaluskan beberapa bumbu seperti bawang putih, lada, garam, dan pala. Setelah halus tumislah bumbu halus tersebut dengan mentega.

Tumis bumbu-bumbu tersebut sampai tercium aroma harum. Kemudian masukan bumbu tumis ke dalam buntut sapi yang sebelumnya telah direbus. Masaklah diatas api sedang dan aduk-aduk sampai merata.

Terkahir masukan wortel, kentang, dan seledri ke dalam sop buntut. Sebelum diangkat koreksi rasa dengan menambahkan sedikit penyedap rasa. Namun, jika kamu ingin hidup sehat sebisa mungkin minimalkan penggunaan penyedap rasa.

3Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.kiresep.com

Sajikan bersama nasi hangat dan sambal. Kamu bisa menambahkan emping goreng sebagai pelengkap sop buntut. Sediakan juga es teh manis sebagai teman menyantap sop buntut di siang hari.

Ada yang menambahkan potongan tomat ke dalam sop buntut agar lebih segar dan bergizi dengan penambahan vitamin C.

Modifikasi sop buntut yang tak kalah unik adalah sop buntut goreng. Caranya setelah buntut direbus maka rendamlah dengan bawang putih, garam, dan ketumbar yang telah dihaluskan.

Setelah direndam, maka buntut sapi dapat digoreng.

www.kraukraukdi.wordpress.com
www.kraukraukdi.wordpress.com

Cukup mudah bukan untuk membuat sop buntut? Kamu juga dapat memberikan sop buntut masakanmu kepada tetangga sebagai tanda persaudaraan yang dapat mengikat hati.

SHARE