Sosis adalah makanan yang sudah biasa ditemukan di pasaran. Namun, sosis Solo beda dari sosis lainnya. Sosis Solo merupakan makanan peninggalan zaman Belanda. Sosis ini perpaduan dari makanan tradisional Indonesia dan Belanda.

Awalnya, sosis Solo berisi dan dibalut seratus persen dari daging. Kemudian, Sultan Pakubuwono X mengubah komposisinya menjadi kombinasi daging sapi dan ayam yang dibalut dengan kulit telur.

Sosis Solo dimasak dengan cara digoreng. Ada tiga versi sosis Solo yang hingga kini masih banyak dibuat, yaitu sosis goreng yang daging matang, sosis goreng ala Hijsman, dan sosis kukus.

Sosis kukus dan sosis yang dagingnya matang menjadi favorit para pecinta kuliner. Sosis ala Hijsman sudah sangat jarang ditemui di Solo.

Sosis tersebut dibuat dari daging yang belum dimasak. Memang membutuhkan waktu lama ketika menggorengnya agar daging matang dengan sempurna. Kelebihan sosis ini yakni isinya lebih padat.

Bagi yang ingin mencicipi rasa sosis ala Hijsman, harus bersabar menunggu. Pasalnya, sosis ini digoreng dadakan saat dipesan. Itulah sebabnya, sosis ala Hijsman terbilang lezat karena sajiannya masih segar.

Rasanya manis dengan aroma rempah yang kuat. Balutan kulit telur menambah variasi gurih. Terlebih jika disantap bersama cabe rawit, kelezatannya luar biasa.

Daripada kelamaan ngebayangin sosis Solo, langsung saja buat sendiri dengan panduan resep-resep berikut ini.

1Sosis Solo Ala Hijsman

quemamapuribintaro.wordpress.com

Untuk membuat sosis ini kamu perlu menyiapkan bahan berupa bahan kulit, isi dan bumbu halus. Bahan kulit terdiri dari tepung terigu (250 gram), telur (3 butir), garam (1 sendok teh), dan air 600 cc.

Bahan isi terdiri dari, daging cincang (250 gram), telur ayam (1 butir), santan kental (5 sendok makan), dan bawang bombay (50 gram dipotong kecil).

youtube.com
youtube.com

Terakhir, siapkan bahan bumbu halus, yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, dan gula. Semua bahan bumbu dihaluskan hingga menyatu.

Cara membuatnya, pertama, buatlah kulitnya dengan cara mencampur semua bahan kulit. Lalu goreng dadar di wajan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Langkah kedua, campurlah semua bahan isi menjadi satu dan aduk merata. Bagilah bahan isi menjadi 25 bagian, kemudian isikan pada kulit sosis. Gulung kulit sosis (menyerupai lumpia) dan rekatkan pinggiran kulit dengan memakai putih telur.

diahdidi.com
diahdidi.com

Selanjutnya, goreng sosis selama beberapa menit. Usahakan tidak terlalu cepat menggorengnya karena butuh waktu untuk mematangkan daging.

Sajikan sosis Solo ala Hijsman yang hangat bersama cabe rawit.

2Sosis Solo Kukus

resepangananemak.blogspot.com

Kalau tadi sosisnya digoreng, sekarang sosisnya justru dikukus. Terlebih dahulu sediakan bahan kulit dari telur ayam 8 butir, santan 150 ml, garam, dan margarin 1 sendok makan.

Siapkan juga bahan isinya yang terdiri dari daging cincang 250 gram, telur ayam 2 butir, dan minyak goreng 1 sendok makan.

Jangan lupa buatlah bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, kemiri, gula pasir, dan garam secukupnya.

Oke, sekarang mulai membuat ya.

Pertama, buat kulit sosis dengan cara mengocok telur dan garam menjadi satu. Lalu tuangkan santan sambil diaduk perlahan hingga rata.

merahijo.wordpress.com
merahijo.wordpress.com

Kalau sudah, dadar bahan kulit di atas wajan anti lengket yang sudah dioleskan margarin. Ratakan bahan kulit dan masak hingga matang. Angkat dan sisihkan.

Langkah kedua, tumis bumbu halus sampai aromanya harum. Tumis sebentar saja. Selanjutnya, campurlah daging sapi, bumbu yang sudah ditumis, dan telur menjadi satu. Aduk sampai merata dan matang. Angkat dan sisihkan.

Kemudian, masukan adonan tadi (kira-kira 2 sendok makan) ke dalam selembar bahan kulit sosis. Gulung seperti lumpia. Lakukan tahapan ini hingga semua bahan habis tak tersisa.

frozenfoodnonmsg.wordpress.com
frozenfoodnonmsg.wordpress.com

Tahap terakhir, kukus sosis sampai matang. Jika sudah matang, angkat sosis.

Santaplah sosis kukus bersama pedasnya cabe rawit. Selamat mencoba!