Kamu tentu tidak asing lagi dengan soto bukan? Soto adalah satu satu makanan khas yang hampir bisa kamu temukan dimana saja di Indonesia. Namun, pernahkan kamu mencoba membuat resep soto Bandung?

Makanan soto yang umum terkenal di berbagai daerah adalah soto Lamongan dan coto Makasar. Sementara soto-soto lainnya lebih terkenal di daerahnya. Nah, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mencicipi soto Bandung.

Dalam artikel akan dijelaskan resep soto Bandung yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencoba membuat soto bandung sendiri? Baca artikel ini sampai selesai ya!

1Soto Bandung

austinchronicle.com

Sebenarnya apa sih yang membedakan soto Bandung dengan soto lainnya? Yang paling mencolok tentu penggunaan dagingnya. Daging yang digunakan untuk soto Bandung adalah daging sapi sandung lamur.

Sandung lamur (brisket) adalah daging pada sapi yang terletak di bagian dada bawah atau sekitar ketiak. Selain brisket, soto Bandung juga ada yang menggunakan daging tenderloin dan tetelan.

Perbedaan khas lainnya adalah pada soto Bandung terdapat tambahan lobak dan kedelai goreng. Tambahan ini memang sangat khas soto Bandung dan jarang ditemui pada soto lainnya.

2Bahan dan Bumbu Resep Soto Bandung

malaysiapavilion2015.com.my

Siapkan 500 gram daging sapi sandung lamur atau tenderloin atau tetelan. Jika tidak ada yang penting kamu menggunakan daging sapi yang sedikit kandungan lemaknya.

Selain itu siapkan 2.000 ml air bersih, 2 batang serai, 2 cm jahe, dan 2 cm lengkuas yang di-gepuk atau dimemarkan. Sediakan ½ sendok makan garam, 1 blok kaldu sapi instan, 1 sendok teh gula pasir dan minyak secukupnya.

3Bumbu dan Bahan Pelengkap

youtube.com

Siapkan bumbu halus untuk soto Bandung berupa 7 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, dan 1 sendok teh merica bubuk. Beberapa bahan pelengkap juga harus disiapkan untuk kesempurnaan soto Bandung buatan kamu.

Sediakan 1 buah lobak yang diiris tipis dan direbus sebentar, 2 tangkai seledri yang diiris halus, 1 batang daun bawang diiris tipis, 100 gram kacang kedelai goreng, 2 sendok makan bawang goreng, 2 buah jeruk nipis, dan kecap manis.

4Sambal Halus

diahdidi.com

Jangan lupa untuk menyiapkan bahan sambal soto Bandung, 30 buah cabai rawit merah yang direbus, ¼ sendok teh cuka, ½ sendok teh garam, dan 25 ml kuah soto yang nanti kamu sisihkan setelah membuat soto.

5Memasak Resep Soto Bandung

defence.pk

Pertama, rebus daging yang telah kamu siapkan dalam kondisi besar atau glondongan. Angkat setelah matang lalu potong kecil seukuran 2×2 cm. Kemudian saring kaldu sisa rebusan daging tadi.

Tambahkan air menjadi 1.800 ml lalu rebus kembali daging yang telah dalam kondisi potongan kecil hingga kuah mendidih. Kedua, panaskan minyak dan tumis bumbu halus berupa serai, lengkuas dan jahe hingga tercium aroma harum.

Tuangkan tumisan ke rebusan daging dan masak daging hingga terasa empuk teksturnya. Masukkan kaldu sapi dan gula pasir lalu masak hingga matang. Matikan api dan masukkan garam. Cicipi hingga citarasanya pas dengan selera kamu.

nicmhid.com
nicmhid.com

Ambil sedikit air kuah untuk dicampurkan dengan bahan-bahan sambal yang telah dihaluskan menggunakan uleg. Sajikan dengan pelengkap yang sempurna. Pelengkap yang dimaksud adalah lobak, kacang kedelai goreng dan pelengkap lainnya.

Selesai, mudah bukan? Kini kamu bisa membuat soto Bandung kreasi sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan soto bandung buatan kamu dengan selera keluarga di rumah. Tidak semua orang menyukai lobak bukan?