www.thekarmis.blogspot.com

Resep Soto Betawi yang Menggoda Hati

Posted on

Siapa tak kenal soto? Makanan berkuah yang biasa dimakan bersama nasi putih ini berhasil mencuri hati masyarakat. Soto sangat nikmat sebagai menu makan siang bersama kerupuk atau tempe goreng.

Ada berbagai variasi soto dari masing-masing daerah. Ada soto banjar, soto bogor, soto daging, soto betawi, soto lamongan, dan lain-lain. Secara umum kesamaan dari soto-soto tersebut adalah kaya akan rempah-rempah.

 www.klikhotel.com
www.klikhotel.com

Salah satu soto yang berasal dari ibu kota Indonesia adalah soto betawi. Soto ini memiliki kuah kental karena menggunakan santan kelapa.

Bagi kamu yang penasaran dengan soto dari Jakarta ini, kamu dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Cara memasaknya hampir sama dengan soto pada umumnya.

Berikut ini resep soto betawi yang menggoda hati.

Siapkan Bahan-bahan

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Beberapa bahan yang perlu disiapkan diantaranya 3 lembar daun jeruk, garam secukupnya, gula secukupnya, 1 ruas lengkuas, 1 batang sereh yang di memarkan, jeruk nipis secukupnya, dan santan kelapa dari setengah butir buah kelapa.

Adapun sebagai isi dari soto digunakan 3 butir telur rebus, 3 buah kentang rebus, 500 gram daging sapi, serta bawang goreng secukupnya.

Agar lebih sedap, siapkan juga bumbu pelengkap diantaranya 2 batang daun bawang di iris tipis, 1 batang daun seledri di iris tips, 2 buah tomat dipotong-potong, kecap manis, bawang goreng, dan emping goreng.

Buat kamu pecinta makanan pedas kamu dapat membuat sambal soto dengan mengulek 20 buah cabe rawit segar yang sebelumnya di rebus ditambahkan garam.

Haluskan Bumbu-bumbu

www.mariam-ajm.com
www.mariam-ajm.com

Beberapa bumbu perlu dihaluskan sebelum di tumis. Bumbu tersebut diantaranya 1 cm kunyit, 5 buah kemiri, 5 siung bawang merah, 1 cm jahe, serta 1 siung bawang putih.

Terdapat beberapa versi bumbu soto betawi. Ada juga yang menambahkan bumbu rempah jinten, lengkuas, ketumbar, dan merica. Namun, secara umum bumbu yang digunakan untuk membuat soto seperti yang disebutkan di atas.

Cara yang lebih praktis adalah membeli bumbu soto yang sudah di kemas. Biasanya kamu dapat membelinya di pasar tradisional. Haluskan bumbu tersebut dengan menambahkan bawang merah serta bawang putih.

Masak Kuah Soto

www.indo5.net
www.indo5.net

Sembari menghaluskan bumbu soto, kamu dapat merebus daging sapi. Setelah empuk, angkat daging sapi dan potong dadu. Jangan membuang air kaldu sapi karena masih digunakan untuk memasak.

Panaskan penggorengan dan berikan sedikit minyak goreng. Tumislah bumbu halus yang sudah dibuatĀ sampai tercium aroma harum. Masukan daging yang sudah di potong kemudian aduk sampai merata.

Masukan daun jeruk, lengkuas, serai, garam, dan gula. Setelah di aduk merata, pindahkan semua bahan dalam penggorengan pada air kaldu sapi.

Tambahkan santan ke dalam bahan kemudian aduk sampai merata. Masaklah sampai daging empuk dan kuah menyusut. Sebelum mematikan kompor, koreksi rasa kuah dengan menambahkan gula, garam, atau penyedap rasa.

Sajikan untuk Keluarga

www.mbokmandeg.com
www.mbokmandeg.com

Siapkan sebuah mangkuk kemudian isi dengan irisan telur rebus, irisan kentang rebus, dan irisan tomat. Tambahkan daging dan kuah soto. Taburkan dengan daun bawang, bawang merah goreng, irisan seledri, serta emping.

Kamu dapat memakannya bersama nasi atau tanpa nasi. Biasanya soto akan terasa lebih nikmat jika ditambah kecap dan sambal. Ada beberapa orang juga yang menambahkan air perasan jeruk nipis atau cuka agar lebih segar.

www.thekarmis.blogspot.com
www.thekarmis.blogspot.com

Konon katanya, cinta seorang laki-laki dapat tumbuh dari lidah. Siapa tau soto betawi yang enak dapat menarik hati suamimu dan menumbuhkan cinta kembali.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *