Spaghetti carbonara merupakan salah satu masakan Italia yang terkenal di berbagai belahan dunia. Masakan ini adalah campuran spaghetti dengan saus telur, keju, dan daging.

Carbonara sendiri dibuat oleh warga pedesaan Italia tengah yang senang dengan menu sederhana. Untuk membuat saus carbonara yang baik, tentunya harus menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan bagus.

culinariaitalia.wordpress.com
culinariaitalia.wordpress.com

Jika di negara asalnya spaghetti carbonara dibuat menggunakan daging babi, maka kamu bisa menggantinya dengan daging halal, seperti daging sapi. Jadi, kamu masih bisa membuat spaghetti carbonara dengan sedikit memodifikasi bahan campurannya.

Carbonara sendiri merupakan masakan yang sangat populer di Italia sana, sehingga banyak sejarah mengenai asal mula pembuat carbonara ini. Beberapa teori mengatakan bahwa carbonara ditemukan oleh Carbonai.

Carbonai adalah seorang pekerja pembuat arang yang tinggal di Pegunungan Apennina. Teori selanjutnya mengatakan bahwa seroang penjual batu bara yang mendirikan rumah makan II Carbonara di Roma lah yang menciptakan menu carbonara ini.

Hingga teori terakhir menyebutkan bahwa tentara sekutu yang menduduki Italia di tahun 1944 membagikan bacon dan telur pada penduduk Italia. Kemudian mereka memasak makanan dengan menggunakan anglo dan menciptakan pasta carbonara.

Akan tetapi,  sebagian  orang tua Roma masih mengingat betul bahwa mereka menikmati hidangan carbonara saat perang dunia II berlangsung.

Nah, daripada penasaran dengan makanan populer ini, langsung saja kamu lihat cara membuat spaghetti carbonara berikut.

1Bahan Spaghetti Carbonara

www.livingalifeincolour.com

Jika kamu ingin segera membuat spaghetti carbonara, kamu perlu menyiapkan 300 gram spaghetti dengan kualitas terbaik.

Lalu, 2 siung bawang putih yang kemudian di cincang, 1 buah bawang merah, 4 lembar bacon yang terbuat dari daging sapi dan potong-potong.

Selain itu, bahan-bahan seperti 100 gram jamur kancing, 1 sendok teh minyak zaitun, 1 sendok teh garam, dan 1 liter air bersih pun harus tersedia.

Nah, untuk membuat saus carbonara yang lezat, kamu harus menyiapkan 2 sendok makan minyak zaitu, 150 ml cream masak, 1 butir telur yang dikocok lepas.

Siapkan pula satu sendok teh kaldu ayam bubuk, ¼ sendok teh garam, ¼ sendok teh merica bubuk dan 50 gram keju parmesan yang telah diparut. Pastikan semua bahan untuk membuat spaghetti dan saus telah siap dan tidak ada yang tertinggal satu pun.

2Cara Membuat Spaghetti Carbonara

www.youtube.com

Nah, sekarang saatnya untuk mulai mengeksekusi semua bahan yang telah disiapkan untuk diolah menjadi makanan yang lezat tiada duanya. Siapkan panci terlebih dahulu, kemudian beri air dan masak air hingga mendidih.

european-asian-food-idea.blogspot.com
european-asian-food-idea.blogspot.com

Setelah itu, tambahkan satu sendok teh garam dan minyak zaitun. Lalu, masukkan spaghetti ke dalam air tersebut dan masak kira-kira lima hingga tujuh menit sambil terus diperiksa tingkat kematangannya.

Apabila matangnya sudah pas, maka spaghetti bisa diangkat dan ditiriskan. Kemudian, ambil sebuah penggorengan untuk membuat sausnya. Pertama-tama, tumis bawang putih dan bawang merah sampai layu dan berbau harum.

www.michaelmikulak.com
www.michaelmikulak.com

Masukkan jamur kancing yang telah diiris-iris dan bacon daging sapi ke dalam tumisan bawang. Masak jamur dan bacon hingga matang.

Lalu, ambillah sebuah wadah dan campurkan cream masak, telur, kaldu bubuk, garam, dan merica serta separuh dari keju parmesan parut. Aduk rata dan tuangkan ke dalam tumisan bawang. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.

www.seriouseats.com
www.seriouseats.com

Jika saus sudah mendidih, kecilkan api dan masak sampai saus sedikit mengental. Langkah selanjutnya, masukkan spaghetti yang telah direbus tadi ke dalam saus dan campur hingga semua permukaan spaghetti terselimuti saus.

Spaghetti carbonara pun siap untuk dihidangkan. Kamu bisa menyajikannya dalam sebuah piring saji dan taburi dengan keju parmesan sesuai selera. Silahkan dinikmati selagi masih hangat.

Selamat mencoba.