Italia terkenal dengan masakan khas-nya yang menggunakan berbagai jenis pasta. Pasta merupakan bahan makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang kemudian diuleni dan dibentuk menjadi beberapa ukuran dan bentuk.

Pasta itu kemudian dimasak dengan cara direbus. Dalam bahasa Italia, pasta berasal dari kata “pasta alimentare” yang berarti adonan bahan makanan. Untuk diluar negara asalnya, pasta biasa dijual dalam kemasan dengan bentuk yang sudah dikeringkan.

Salah satunya adalah spaghetti. Nah, spaghetti ini memiliki bentuk yang panjang seperti batang lidi. Sebelum dibuat menjadi olahan yang lebih lezat, spaghetti harus direbus terlebih dahulu dalam air mendidih.

www.fotocommunity.de
www.fotocommunity.de

Merebus spaghetti dilakukan selama 9-12 menit hingga menjadi al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah atau terlalu matang. Jenis makanan spaghetti sebetulnya telah dikenal oleh warga Italia sejak 10.000 tahun yang lalu.

Salah satu masakan yang mungkin belum begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia adalah spaghetti pomodoro. Daripada bertanya-tanya seperti apa spaghetti pomodoro itu, langsung saja yuk dilihat cara membuatnya.

1Saus Tomat

www.youtube.com

Spaghetti pomodoro merupakan olehan pasta spaghetti yang dibuat menggunakan saus tomat. Saus tomat ini lebih enak jika dibuat sendiri di rumah. Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga tak susah.

Jadi, siapkan terlebih dahulu tomat merah segar sebanyak 500 gram, kemudian tomat dicincang. Lalu, dua siung bawang putih yang digeprek dan satu butir bawang merah diiris tipis.

blog.carrabbas.com
blog.carrabbas.com

Selain itu, sediakan juga minyak goreng, cabai merah, merica, garam, serta daun basil secukupnya. Apabila bahan untuk membuat saus sudah siap, kini saatnya saus tomat dibuat.

Panaskan minyak goreng dan masukkan bawang putih serta bawang merah. Masak hingga harum. Kemudian masukkan tomat yang telah dicincang. Tutup wadah yang digunakan untuk membuat saus hingga tomat mengeluarkan air dan mendidih.

cooking.nytimes.com
cooking.nytimes.com

Tambahkan garam dan daun basil yang sebelumnya telah diiris, jika tidak ada daun basil segar, menggunakan daun basil kering pun tak masalah. Jangan lupa dengan cabai merah dan mericanya ya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Masak saus tomat sampai mengental. Jika sudah mengental, saus tomat bisa diangkat dan siap untuk digunakan.

2Membuat Spaghetti Pomodoro

www.unacenaconenrica.com

Nah, saat yang ditunggu-tunggu tiba, yakni membuat spaghetti pomodoro. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti 50 ml minyak zaitun extra virgin, 1 butir bawang merah besar, 4 siung bawang putih, bubuk cabai, saus tomat, merica segar, 3 tangkai daun basil.

Bahan utama yang tak boleh terlewat yakni 12 ons spaghetti serta 75 gram keju parmesan parut. Sekiranya bahan yang dibutuhkan telah siap, maka spaghetti pomodoro pun bisa segera dimasak.

www.leonardoromanelli.it
www.leonardoromanelli.it

Pertama-tama, rebuslah pasta spaghetti ke dalam air mendidih yang telah diberi garam dan minyak. Masak selama 7-8 menit, jangan sampai al dente, karena nanti spaghetti akan dimasak kembali bersama dengan saus.

Sisihkanlah satu cangkir air rebusan spaghetti untuk digunakan dalam memasak saus dan spaghetti nantinya.

Setelah itu, siapkan sebuah wajan dan panaskan minyak zaitun guna menumis bawang merah hingga menjadi harum. Kemudian masukkan bawang putih dan bubuk cabai sesuai selera, aduk sebentar.

Masukkan saus tomat yang sebelumnya telah dibuat dan tambahkan garam secukupnya. Aduk-aduk saus hingga mengental, kira-kira selama 20 menit. Matikan api dan masukkan daun basil.

www.capriciousreader.com
www.capriciousreader.com

Masak saus pomodoro hingga matang, kemudian spaghetti pun bisa dimasukkan ke dalam saus. Aduk pasta hingga semua saus melapisi keseluruhannya dan spaghetti menjadi al dente.

Jika saus dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan air rebusan pasta yang telah disisihkan sebelumnya. Apabila sudah matang, spaghetti sudah bisa diangkat dan disajikan. Setelah diletakkan dalam piring saji, taburi spaghetti pomodoro dengan parutan keju parmesan.

Spaghetti pomodoro lebih nikmat disajikan dalam keadaan masih hangat. Selamat memasak.