safieraputriauliyah.wordpress.com

Inilah Resep Sushi ala Korea yang Bernama Kimbap

Posted on

Makanan yang bernama sushi sudah begitu populer di telinga masyarakat Indonesia, namun tak begitu dengan kimbap. Kimbap adalah makanan serupa dengan sushi yang berasal dari Korea, sedangkan sushi sendiri adalah makanan kepunyaan Jepang.

Kimbap merupakan makanan yang terbuat dari nasi kemudian dibungkus dengan rumput laut. Di Korea sendiri, kimbap sering dibuat untuk bekal ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, seperti piknik ataupun naik gunung.

Meski sushi dan kimbap serupa, sebetulnya mereka berbeda lho. Nah, berikut ini adalah resep kimbap khas Korea yang bisa kamu jadikan bekal untuk pergi tamasya atau ketika bekerja.

Bahan Utama

anakjajan.com
anakjajan.com

Membuat kimbap atau nasi gulung pastinya membutuhkan beras yang kemudian dimasak menjadi nasi. Kamu perlu menyiapkan empat gelas beras dengan kualitas terbaik supaya kimbap yang kamu buat pun terasa lebih nikmat.

Siapakan pula lima gelas air bersih yang nantinya digunakan untuk menanak nasi. Kemudian, sediakan empat lembar nori atau rumput laut, lima butir telur, 100 gram daging sapi giling, 120 gram acar lobak asam, 2 buah wortel rebus, 80 gram bayam rebus, dan sedikit minyak goreng.

Selain bahan-bahan tadi, kamu pun harus menyiapkan ½ sendok makan minyak wijen, 10 gram garam, dan 10 gram biji wijen untuk digunakan sebagai campuran nasi yang telah matang.

Sedangkan untuk mengolah daging sapi giling, siapkan satu sendok teh bawang putih yang telah dicincang halus, satu sendok makan kecap asin, satu sendok teh gula pasir, dan ½ sendok teh merica bubuk.

Cara Membuat Kimbap

amalia-love-aim.blogspot.com
amalia-love-aim.blogspot.com

Setelah semua bahan sudah siap, sekarang saatnya untuk memasak beras terlebih dahulu. Cuci beras dengan air mengalir hingga bersih, kamu bisa mencucinya sebanyak dua atau tiga kali. Setelah itu, masak nasi dengan campuran lima gelas air.

Masak hingga nasi menjadi tanak dan matang. Saat nasi sudah matang, campurkan dengan garam, biji wijen yang telah disangrai dan minyak wijen. Aduk sampai semuanya tercampur rata. Sisihkan terlebih dahulu.

Kemudian, masaklah daging sapi dengan cara ditumis. Panaskan dahulu minyak goreng dan tumis daging sapi cincang, lalu bumbui dengan kecap asin, gula pasir, merica bubuk, dan bawang putih. Masak hingga daging menjadi matang.

www.maangchi.com
www.maangchi.com

Setelah itu, kocok lima butir telur dan masak menjadi telur dadar. Kemudian, potong-potong telur dadar memanjang. Begitu juga dengan sayuran, potong acar lobak dan wortel secara memanjang dan sisihkan.

Menggulung Kimbap

astridxaviere.wordpress.com
astridxaviere.wordpress.com

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menata dan mulai untuk menggulung nasi menjadi kimbap. Siapkan bamboo mat atau alat terbuat dari bamboo yang akan digunakan untuk membantu menggulung kimbap.

astridxaviere.wordpress.com
astridxaviere.wordpress.com

Letakkan satu lembar nori di atas bamboo mat, kemudian, taruh nasi di atas nori dan ratakan menggunakan tangan sambil ditekan-tekan agar merekat pada nori. Tempatkan bahan-bahan seperti sayuran, telur, serta daging giling di atas nasi dengan rapi.

www.empiechubby.com
www.empiechubby.com

Sekarang waktunya untuk menggulung. Kamu harus menggulung bamboo mat secara perlahan agar sayuran tidak tumpah. Pastikan menggulungnya dengan rapi. Setelah selesai digulung, kamu bisa memulai untuk memotong kimbap dengan ukuran 1-2 cm.

suhmangsta.blogspot.com
suhmangsta.blogspot.com

Supaya mempermudah dalam memotong kimbap, basahi pisau dengan air hangat kemudian lap menggunakan kain bersih, barulah digunakan untuk memotong kimbap. Agar kimbap bisa dipotong dengan rapi.

Apabila semua sudah siap, sajikan kimbap di atas piring saji atau tempatkan pada kotak makanan jika kimbap akan dibawa sebagai bekal bepergian. Selamat memasak.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *