Apa kamu tahu apa itu tahu? Pertanyaan yang aneh bukan? Tahu atau yang biasa disebut tofu dalam bahasa Inggris  adalah makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai.

Nah, asalnya jelas bukan dari Indonesia, tidak seperti tempe yang asli Indonesia, tahu berasal dari Tiongkok. Bahkan bahan makanan ini telah ada sejak 2200 tahun yang lalu, sejak zaman Dinasti Han di Tiongkok.

satepejompongan.yukbisnis.com
satepejompongan.yukbisnis.com

Nah, berikup ini beberapa resep olahan tahu pilihan agar kamu tidak hanya memasak tahu goreng setiap hari. Sesekali kamu bisa pilih menu olahan tahu lainnya bukan?

1Sapo Tahu Ayam

hesti-myworkofart.blogspot.com

Siapkan 2 potong dada ayam, 2 tahu putih berukuran sedang yang telah kamu iris kecil-tipis kemudian kamu goreng. Siapkan juga 1 buah wortel, iris, rebus sebentar dan tiriskan.

Potong 1 ikat kecil kembang kol, 1 batang daun bawang, 2 buah jamur hitam, dan 10 buah jamur kancing yang telah kamu iris menjadi dua bagian. Jangan lupa untuk menyiapkan bumbu halus sapo tahu.

resephariini.com
resephariini.com

Bumbu halusnya 1 siung bawang putih, 2 saus tiram, 2 sendok kecap manis, dan garam secukupnya. Siapkan juga 1 sendok teh minyak wijen dan larutan tepung sagu (1/2 sendok tepung sagu + ½ gelas air).

anekakreasiresepmasakan.blogspot.com
anekakreasiresepmasakan.blogspot.com

Cara membuatnya, kamu tumis semua bumbu halus dan bahan, kemudian tambahkan 2 gelas air. Diamkan dan tutup wajan hingga air menyusut. Tuangkan larutan tepung sagu dan minyak wijen.

Aduk perlahan hingga mengental, setelah kuah mengental angkat dan hidangkan. Nah, selesai, bagaimana? Mudah bukan? Kalau terlalu mudah, ayo masak resep tahu lainnya!

2Resep Tahu Pepes

dessynataliani.wordpress.com

Haluskan 1 buah tahu putih besar sehingga benar -benar halus menyerupai adonan basah. Siapkan 2 lmbar daun salam, 2 batang sereh yang telah diiris, dan 3 lembar daun jeruk yang diiris.

Bahan lainnya, 16 buah cabai rawit hijau, 50 ml santan kental, dan 1 butir telur. Bumbu halusnya 5 buah cabai merah besar, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 sendok teh (sdt) garam, ½  sdt merica bubuk, dan 1 sdt gula pasir.

Kamu juga akan membutuhkan daun pisang secukupnya untuk membungkus pepes tahu buatan kamu. Cara membuatnya, pertama campur tahu dengan bumbu halus hingga merata sempurna.

Masukkan santan, telur, irisan daun jeruk, dan aduk rata. Ambil dua lembar daun pisang, sisipkan 1 lembar daun salam pada satu donan bersama dengan batang sereh dan cabai rawit hijau. Bungkus berbentuk menyerupai pepes dan ‘kunci’ dengan lidi bersih.

Kukus selama 30 menit dan pastikan pepes tahu buatan kamu telah matang sempurna. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Selesai, pepes tahu istimewa siap disajikan untuk keluarga tercinta.

3Perkedel Tahu

food.reisha.net

Siapkan 300 gram tahu putih yang telah dihaluskan, ½ sendok makan (sdm) tepung teripu, ½ sdt bawang putih halus, ½ sdt lada bubuk, 1 sdt garam, 1 sdm daun bawang yang diiris tipis, 1 butir telur, dan minyak goreng untuk menggoreng.

Pertama, campurkan semua bahan hingga merata, bentuk adonan menjadi bulat, pipih atau berbagai bentuk lainnya sesuai selera kamu. Panaskan minyak dan masukkan adonan yang telah dibentuk.

Jika adonan yang digoreng telah menguning tanda matang, angkat, tiriskan, dan sajikan. Bagaimana? 3 resep tahu di atas sempurna dan saling melengkapi bukan?

Ada sapo tahu berkuah kental, ada juga  pepes tahu hasil kukusan yang aromanya sungguh sedap, dilengkapi dengan perkedel tahu yang gurih renyah. Pokoknya semua makanan di atas sayang kalau nggak kamu coba membuatnya.

Ayo masak resep tahu apapun yang kamu suka!