Siapa yang tak kenal makanan asli Indonesia yang satu ini. Semua orang dari beberapa kalangan usia pun menyukainya. Yup, apalagi kalau bukan tempe. Makanan yang terbuat dari tempe yang selalu menggugah selera dengan aneka olahannya.

Salah satu aneka olahan yang cukup digemari, terutama buat mereka pencinta makanan-makanan manis adalah tempe bacem. Selain manis tempe bacem ini pun rasanya gurih. Paduan rasa manis dan gurih inilah yang selalu bikin penggemarnya kangen.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Selain rasanya yang enak, tempe bacem pun mudah cara membuatnya. Kamu bisa membuat tempe bacem dalam jumlah langsung banyak, lalu bisa kamu simpan di kulkas dan kamu goreng jika kamu inginkan.

Bagaimana? Tertarik nggak bikin tempe bacem sendiri? Kalau buat sendiri kan kamu bisa menjamin kualitas bahan dan kebersihan saat proses memasaknya. Bagi kamu yang tertarik namun belum tau resepnya, langsung kita lihat di sini saja yuk!

1Bahan dan Bumbu

doctortempeh.com

Sebelum kita membuat tempe bacem, tentunya kita perlu mempersiapkan bahan dan bumbu untuk membuatnya.

Tentunya bahan utama yang perlu kita siapkan adalah tempe dengan kualitas baik, jangan memilih tempe yang sudah lama ya! Soalnya rasanya sudah nggak enak.

Setelah kita menyiapkan bahan baku tempe terbaik, maka selanjutnya kita siapkan bumbu-bumbu untuk memasaknya. Bumbu-bumbu ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri.

bumbu-rempah-rempah
bumburempah-rempah.wordpress.com

Apakah hanya bumbu-bumbu di atas yang perlu kita siapkan? Tentunya masih ada lagi. Selain bumbu di atas, kita masih perlu menyiapkan air, gula merah, asam jawa, salam, kecap manis, lengkuas, dan minyak untuk menggoreng.

Bahan dan bumbu untuk membuat tempe bacem ini mudah di dapat kan? Dan tidak butuh biaya banyak dalam proses pembelian bahannya. Ini membuktikan bahwa tempe bacem adalah makanan lezat yang harganya murah.

2Cara Membuat Tempe Bacem

harnyrahayuning.blogspot.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memotong tempe menjadi beberapa bagian. Potong dengan ukuran sesuai selera tentunya. Tapi jangan terlalu kecil ya potongannya, supaya mengurangi resiko hancur saat dimasak.

youtube.com
youtube.com

Setelah memotong tempe, langkah kedua adalah menghaluskan bumbu-bumbu. Kalau jumlah bumbunya tidak banyak, sebaiknya kita ulek sendiri saja pakai ulekan ya, biar rasanya lebih mantap.

Bumbu yang diulek terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan kemiri. Usahakan ulek sampai benar-benar halus. Jangan sampai saat makan kita menemukan ada butiran kemiri yang masih bulat.

mlakumlaku1.wordpress.com
mlakumlaku1.wordpress.com

Setelah bumbu halus jadi, maka langkah selanjutnya adalah proses memasak tempe bacem. Masukkan bumbu halus beserta air, gula merah yang sudah diiris tipis, asam, gula, garam, kecap manis ke dalam wajan atau panci.

Setelah itu susun tempe ke dalam larutan bumbu-bumbu hingga terendam. Bagian terakhir yang kita tidak boleh lupa adalah memasukkan daun salam dan lengkuas yang sudah digeprek.

youtube.com
youtube.com

Langkah berikutnya, adalah memasak semua campuran tadi dengan api kecil. Proses pemasakan ini dilakukan sampai bumbu meresap dan airnya pun menyusut. Setelah itu segera angkat dan dinginkan.

Jika kamu hendak menyimpan sebagian tempe bacem itu, maka kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas. Tempe bacem akan awet untuk disimpan beberapa hari.

Namun, jika kamu mau langsung menyantapnya, maka kamu bisa menggorengnya. Saat menggoreng tempe bacem, usahakan untuk tidak menggunakan api yang terlalu besar, agar tempe bacem tidak gosong dan matangnya merata.

Apabila tempe bacem kamu sudah berwarna coklat kekuningan, maka ini berarti tempe bacem kamu sudah matang, dan kamu bisa mengangkat dan meniriskannya.

SHARE