celoteh4ti.wordpress.com

Terong Balado, Resep Masakan Khas Padang yang Mudah dan Praktis

Posted on

Kamu pasti tahu daerah yang terkenal dengan masakan pedasnya? Ya memang di Indonesia banyak sekali daerah yang memiliki ciri khas masakannya yang pedas dan selalu menggunakan cabai dalam jumlah besar.

Sedikit info tambahan daerah ini berada di Indonesia bagian barat. Tepatnya di Pulau Sumatera. Apa sudah tahu daerah manakah itu? Ya benar sekali itulah Kota Padang yang terkenal akan masakan pedasnya.

Masakan khas Padang sudah terkenal kelezatannya. Tidak hanya digemari warga Indonesia namun juga sampai mancanegara. Berbagai resep khas padang seperti rendang, ketupat sayur dan balado dari Padang.

resepmasakanbaru.com
resepmasakanbaru.com

Salah satu resep masakan yang gampang di buat tetapi sangat memiliki citarasa tinggi yaitu terong balado. Resep balado terong dengan bumbu balado khas padang yang akan membuat ketagihan orang yang memakannya.

Untuk kamu ibu rumah yang sibuk sehingga tidak sempat membuatkan hidangan buat keluarga. Bisa dicoba untuk membuat balado terong. Jangan remehkan kelezatan bumbu balado terong khas Padang ini.

Kenapa terong balado? Karena cara membuatnya yang mudah dan tidak ribet, bahan resepnya juga gampang didapat. Walaupun cara membuatnya yang sederhana untuk masalah rasa jangan dipandang sebelah mata.

resepdezkitchen.wordpress.com
resepdezkitchen.wordpress.com

Ada berbagai versi untuk resep masakan balado terong ini. Bisa ditambah teri atau lainnya. Namun kali ini kami hanya akan mengulas resep balado terong yang rasa original saja tanpa tambahan lain.

Bahan Resep Balado Terong

endahmurniyati.blogspot.com
endahmurniyati.blogspot.com

Seperti resep masakan Indonesia lainnya, terong balado juga menggunakan bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Dengan bahan dasar yaitu terong ungu.

Menggunakan terong ungu karena akan lebih manis saat dibakar nantinya. Pemilihan terong merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi cita rasa masakan.

  • Siapkan 4 terong ungu yang masih segar berukuran sedang.
  • Bawang merah 8 buah yang di kupas kulitnya.
  • Cabai merah segar 3-4 buah atau tambahkan sesuai selera kamu.
  • Bawang putih ukuran sedang sebanyak 4 buah, kupas kulitnya.
  • Cabai rawit merah 7 – 10 buah untuk rasa pedasnya. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera kamu.
  • Terasi yang sudah dibakar, kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  • Tomat merah sebanyak 2 buah.
  • Garam beryodium kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan.

Cara Membuat Resep Terong Balado

itsnoeplayground.blogspot.com
itsnoeplayground.blogspot.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci terongnya sampai bersih. Kemudian potong terongnya sesuai ukuran yang diinginkan. Jangan terlalu tebal potonganya.

Rendam sebentar potongan terongnya dalam air bersih kemudian tiriskan. Bakar sebentar terong dengan menggunakan wajan teflon atau wajan biasa sampai warnanya kecoklatan supaya terong lebih manis.

arisi95.blogspot.com
arisi95.blogspot.com

Untuk bumbu halusnya siapkan bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan terasi bakar. Haluskan sampai benar benar halus. Bisa diuleg manual atau boleh menggunakan blender agar lebih cepat dan praktis.

nutami.wordpress.com
nutami.wordpress.com

Siapkan wajan dan beri minyak goreng. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tumis bumbu sampai baunya harum.

Setelah bumbu harum, masukkan air matang secukupnya. Aduk aduk sebentar masukkan gula pasir dan garam beryodium. Aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.

Masukkan terong ungu yang sudah dibakar sebelumnya ke dalam wajan berisi bumbu tadi. Aduk aduk dan masak sampai bumbu benar benar meresap ke dalam terong ungunya.

celoteh4ti.wordpress.com
celoteh4ti.wordpress.com

Kalau sekiranya bumbu sudah meresap dan tekstur terong sudah lembek. Angkat lalu sajikan dalam piring. Terong balado siap disantap bersama nasi. Selain enak, terong juga bergizi dan bagus untuk tubuh. Silahkan mencoba.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *