duniainter.net

Dengan Adanya Resep Terong Balado Ini, Maka Hidupmu Akan Lebih Berwarna

Posted on

Bosan nggak sih kalau setiap hari menu makanan kita itu-itu terus? Pasti kamu bosan kan! Dan pastinya kamu butuh variasi menu makanan setiap harinya. Walaupun setiap hari kamu makan makanan enak semisal daging, tapi kalau keseringan jadi nggak enak.

Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar mengatur menu makanan di rumah. Jangan sampai menunya nggak variatif atau nggak ganti-ganti, bisa-bisa nanti orang rumah lebih doyan jajan daripada makan di rumah. Bisa gawat kan kalau begitu.

Supaya menu di rumah kamu bertambah variasinya, maka kamu perlu berkenalan dengan menu yang satu ini, yaitu terong balado. Mungkin kamu sudah pernah mendengar atau sudah pernah memakannya. Tapi kalau buatnya sudah pernah belum?

inforesepmasakansederhana.cf
inforesepmasakansederhana.cf

Nah, supaya kamu bisa buat menu terong balado di rumah dan menjadi variasi menu makanan di rumah kamu, maka sebelum itu kamu perlu mempelajari resepnya terlebih dahulu. Mau tahu resepnya? Kita lihat di sini yuk!

Bahan dan Bumbu Terong Balado

tokomesin.com
tokomesin.com

Untuk memasak terong balado, kamu hanya butuh waktu 20 menit saja dan itu di luar waktu kamu membeli bahan-bahannya ya! Kalau waktu belanja ikut dihitung, tentunya bakal lama sekali waktu yang dibutuhkan.

Nah, ngomong-ngomong masalah bahan, untuk membuat terong balado ini kamu perlu menyiapkan kurang lebih 4 buah terong ungu. Tenang, cuma terong aja kok yang harus kamu sediakan, selain bumbu-bumbu tentunya.

Kalau untuk bumbunya sendiri, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan seperti yang dicantumkan di bawah ini, catat ya!

intisari-online.com
intisari-online.com
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 cabe keriting (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
  • 10 cabai merah besar
  • 2 buah tomat
  • Garam dan gula secukupnya
en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Bumbu-bumbu yang tertulis di atas, semuanya kamu haluskan ya, sehingga saat memasak nanti, kamu tinggal campur-campur dan tumis-tumis saja deh.

Nah, jika semua bahan sudah kamu sediakan, maka sekarang saatnya kamu mulai memasak. Bagaimana, kamu siap kan? Sudah siapkan celemek belum? Kalau sudah siap, langsung kita eksekusi yuk resepnya!

Cara Membuat Terong Balado

resepumayoning.blogspot.com
resepumayoning.blogspot.com

Langkah pertama yang mau tidak mau kita lakukan adalah mencuci terong ungu yang sudah kita beli dari pasar. Jangan sampai nggak dicuci ya! Nanti bisa-bisa kamu sakit perut dan berujung pada diare lagi. Nggak mau kan begitu kejadiannya.

Lalu, terong ungu yang sudah dicuci tadi kamu potong-potong. Ukurannya sih sesuai selera kamu, tapi jangan terlalu kecil ya, nanti terongnya bisa hancur dan jangan terlalu besar juga, nanti bumbunya tidak meresap sampai ke dalam.

Setelah kamu potong-potong, maka langkah selanjutnya adalah menggoreng potongan tadi menggunakan minyak, hingga terongnya matang. Jika sudah, maka kamu bisa tiriskan terongnya sebentar agar tidak terlalu berminyak.

masakanlezat.com
masakanlezat.com

Sekarang kita abaikan terongnya dulu, kamu perlu beralih ke bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Ini saatnya kamu untuk menumis bumbu. Gunakan api kecil dan gunakan sedikit minyak saat menumis bumbu.

Jika bumbu sudah harum, maka kamu bisa memasukkan terong yang sudah kamu goreng tadi ke dalamnya. Aduk terong bersama bumbu hingga merata, tunggu beberapa saat, kemudian angkat.

Kalau semua langkah-langkah sudah kamu lalui, maka kini saatnya menghidangkan terong balado ke tengah-tengah keluarga kamu. Usahakan untuk menggunakan piring saji yang indah, supaya menambah daya tarik.

Selain itu, kamu pun bisa menambahkan potongan tomat atau potongan daun seledri sebagai pemanis sajian. Kalau sudah begitu, pasti banyak orang yang akan melirik ke terong balado kamu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *