2 Resep Tongseng Ayam Super Lezat

sp.beritasatu.com

Daging ayam merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Berbagai hidangan lezat dari bahan ayam dibuat kaya akan bumbu yang menggugah selera makan.

Salah satu hidangan ayam khas Solo yakni tongseng. Kamu bisa menemukan masakan tongseng di restoran atau di warung kaki lima. Biasanya, tongseng berasal dari daging kambing atau sapi.

Tapi kali ini, tongseng dibuat dari bahan daging ayam. Dengan racikan bumbu yang nyaris sama, tongseng ayam menawarkan rasa yang tidak kalah lezatnya. Selain mudah dalam mendapatkan bahannya, tongseng ini juga mudah membuatnya.

Berikut ini akan disajikan dua resep tongseng ayam super lezat yang akan menggoyang lidahmu. Yuk, simak step by step resepnya.

1Tongseng Ayam Tanpa Santan

masak-alamomnayla.blogspot.com

Tongseng tidak selamanya harus memakai santan. Rasa tongseng tanpa santan pun tidak kalah lezatnya. Resep ini cocok sekali untuk kamu yang alergi atau tidak suka santan. Kamu bisa membuat sendiri di rumah tanpa harus membelinya di restoran.

Cara membuat tongseng tanpa santan ini cukup mudah. Pertama, kamu harus sediakan bahan-bahan berupa daging ayam, tomat, dan kubis.

Untuk bumbunya, sediakan bahan-bahan berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kecap manis, gula merah sisir, garam, merica, air, cabe rawit, dan kemiri.

Langkah berikutnya, kamu cuci daging ayam kemudian diiris-iris tipis. Sisihkan daging ayam yang sudah diiris pada tempat khusus.

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan kemiri. Lalu tumis bumbu halus tadi di atas wajan berisi minyak panas.

menjemputsenyuman.blogspot.com
menjemputsenyuman.blogspot.com

Setelah baunya harum, masukan daging ayam dan tumis lagi hingga bumbu meresap.

Tuangkan air secukupnya, kemudian taburkan garam, gula merah, merica bubuk, dan kecap. Aduk-aduk sampai semua bahan menyatu dan terasa sedap. Tunggu beberapa menit hingga mendidih.

Kalau sudah mendidih, masukan tomat iris, kubis dan cabe rawit. Masak lagi sampai air sedikit berkurang. Tapi, ingat, airnya jangan sampai habis.

zulfadreamland.blogspot.com
zulfadreamland.blogspot.com

Segera angkat jika tongseng sudah terlihat matang dan airnya tidak terlalu banyak. Sajikan tongseng dalam mangkuk.

2Tongseng Ayam Pedas

sp.beritasatu.com

Kamu suka yang pedas-pedas? Mari membuat tongseng ayam selera pedas.

Daftar bahan yang harus kamu siapkan yakni, ayam, daun salam, daun jeruk, jahe, serai, cabe rawit merah, air, gula pasir, kecap, tomat, garam, santan kara, dan kol.

Sediakan bahan-bahan untuk dijadikan bumbu halus, terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, kemiri, ketumbar, dan minyak untuk menumis.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat bumbu halusnya. Tumbuk semua bahan bumbu halus sampai benar-benar lumat.

youtube.com
youtube.com

Langkah kedua, panaskan minyak goreng di atas wajan. Setelah terlihat panas, masukan bumbu halus dan tumis bersama daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe.

Jika aromanya sudah harum dan warnanya kecoklatan, segera masukan ayam. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga bumbunya meresap dan melesap ke dalam ayam.

Kalau air kaldu ayam (warna putih) sudah keluar, tuangkan air secukupnya. Kemudian, taburkan gula, garam, dan masukan semua cabe.

Aduk kembali masakan tersebut, lalu diamkan sejenak. Selanjutnya, tuangkan santan kental, tomat, dan kecap. Aduk lagi sampai tercampur rata.

Masaklah tongseng ayam sampai mendidih dan matang. Setelah matang, masukan kol, aduk-aduk lagi dan diamkan sejenak untuk mencicipi rasanya.

jalanjajanasik.wordpress.com
jalanjajanasik.wordpress.com

Jika dirasa cukup, matikan kompor. Taburkan bawang goreng untuk menambah kelezatan rasa tongseng ayam.

Selamat mencoba, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here