Mendengar namanya, pasti banyak yang beranggapan bahwa jenis kuliner ini berasal dari tradisi Tiongkok.

Apalagi begitu banyaknya masakan Tiongkok mewarnai kuliner nusantara seperti kwetiau, baso, bakwan, cap cay, lumpia, siomay, dan masih banyak yang lain.

Tapi setelah ditelisik, ternyata tidak ada referensi kaitan antara tongseng dengan kuliner Tiongkok/Tionghoa. Bahkan banyak yang menyebut bahwa tongseng ini adalah masakan asli Indonesia, yakni berasal dari sol dan sekitarnya.

Secara bahan dan cita rasa, unsur Tiongkok dalam tongseng terdapat pada rasa asam manisnya. Namun, secara keseluruhan, bumbu yang digunakan adalah bumbu yang berasal dari Indonesia.

Tongseng secara bentuk dan rasa mirip dengan gulai, namun dengan bumbu yang lebih “tajam”. Perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya.

Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing dan sapi.

Akan tetapi, karena di Indonesia bahan ayam lebih familiar digunakan, terciptalah kreasi baru tongseng dengan daging ayam.

Sebagai tambahan tongseng, biasanya dimasukkan sayuran seperti kulbis, bawang putih, tomat, dan kecap. Bumbu terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan merica.

Buat kamu yang ingin mencoba memasak sendiri menu tongseng ayam di rumah, telah kita tuliskan resep mudah membuat tongseng ayam paling sedap.

Resep Tongseng Ayam

Bahan-bahan:

youtube.com
youtube.com
  • Ayam dipotong-potong dan bersihkan
  • Buah tomat segar secukupnya
  • Kubis segar secukupnya
  • Kecap kualitas bagus secukupnya
  • Santan kental (baiknya langsung dari parutan kelapa) satu gelas

Bumbu:

bahan 2
youtube.com
  • Bawang merah yang telah diris tipis-tipis
  • Bawang putih yang telah diris tipis-tipis
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk/perisa bubuk
  • Air secukupnya
  • Cabe merah besar sesuai selera
  • Gula merah secukupnya

Cara memasak tongseng ayam

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ayam yang telah kita potong-potong sesuai selera, buah tomat, kubis, kecap, dan satu gelas santan kental.

Sedangkan untuk bumbunya kita siapkan bawang merah yang diris tipis-tipis dan bawang putih yang juga kita iris tipis-tipis.

Lalu ada garam secukupnya, merica bubuk/perisa bubuk secukupnya, air secukupnya, dan gula merah secukupnya. Jangan lupa pilih cabe merah yang besar, dan sebelumnya kita potong atau  diiris tipis-tipis

Pertama-tama kita siapkan wajan untuk menumis. Kita tumis bawang merah dan bawang putih. Kita aduk-aduk bawang itu sampai layu. selanjutnya kita masukkan cabe merah, kita aduk-aduk lagi.

youtube.com
youtube.com

Selanjutnya kita tambahkan ayam atau kita masukkan ayam ke dalam tumisan, kita aduk-aduk kembali. Sehabis itu, kita taburkan garam secukupnya, kita aduk-aduk kembali.

Kemudian kita tambahkan gula merah secukupnya, aduk-aduk kembali agar semua meresap. Setelah semua bumbu kita tumis dengan ayam, kita tambahkan satu gelas air, tuangkan langsung dalam wajan.

youtube.com
youtube.com

Kemudian kita tambahkan kecap secukupnya, kita aduk-aduk lagi. Setelah itu, masukkan juga merica bubuk. Lanjutkan tumis kembali sampai mendidih dan ayam menjadi lunak.

Setelah ayam lunak dan semua bahan sudah meresap ke dalam ayam, kita masukkan kubis secukupnya. Kita aduk-aduk sampai kulbis menjadi layu.

youtube.com
youtube.com

Berikutnya kita masukkan satu gelas santan kental. Tunggu sampai mendidih dan kuah sedikit menyusut. Setelah semua bahan lunak dan kuahnya sudah agak menyusut, baru kita masukkan buah tomat.

youtube.com
youtube.com

Kita tunggu sampai benar-benar matang, dan selanjutnya siap untuk disajikan. Pindahkan ke piring atau mangkuk yang telah disediakan, tongseng ayam siap dinikmati.

Paling enak tentu menyantapnya saat kuah masih hangat atau agak panas. Boleh disajikan dengan nasi putih, atau bisa juga dengan lontong.

youtube.com
youtube.com