Saat hari raya Idul Adha biasanya daging kurban melimpah dan memenuhi freezer. Salah satu daging kurban yang banyak di jumpai adalah daging kambing.

Selain itu pada saat aqiqah hewan yang biasanya disembelih adalah kambing. Daging kambing ini kemudian di masak menjadi berbagai olahan makanan seperti sate, gulai, dan tongseng.

Tongseng adalah olahan daging kambing yang biasanya terbayang oleh rasa segar dari tomat dan rasa pedas dari cabai yang melimpah. Mengolah tongseng tak sesulit dan serumit memasak gulai yang menggunakan banyak rempah-rempah.

Tongseng sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu tongseng dengan santan dan tongseng tanpa santan. Bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya memilih tongseng tanpa santan.

Namun bagi kamu yang sehat, tidak masalah mengkonsumsi tongseng dengan santan asal tidak terlalu banyak.

www.diazulaikha.blogspot.com
www.diazulaikha.blogspot.com

Beberapa orang memang tak menyukai olahan daging kambing. Hal ini dikarenakan daging kambing memiliki aroma ‘prengus.’ Namun jika kamu mengetahui trik memasaknya, aroma prengus ini tidak terlalu terasa.

Salah satu trik menghilangkan bau prengus daging kambing adalah dengan merebusnya. Sebaiknya jangan mencuci daging kambing. Sebagai gantinya langsung rebus daging hingga setengah matang sebelum dimasak.

Tak seperti air rebusan daging ayam yang dapat digunakan untuk memasak sup, air rebusan daging kambing ini langsung di buang.

Berikut ini terdapat resep tongseng kambing dengan santan yang enak dan menendang lidah.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.catatanbelajarmasak.blogspot.com

Bahan utamanya tentu saja daging kambing yang sudah di rebus setengah matang. Siapkan 600 gram.

Bumbu yang disiapkan adalah bawang putih 5 siung, 5 buah kemiri, jahe, bawang merah 7 siung, lada secukupnya, ketumbar 1,5 sendok teh, kunyit, garam, daun salam, tomat 2 buah, cabe rawit 7 buah, serai, dan daun bawang.

Jangan lupa siapkan juga air santan kelapa sekitar 1200 ml. Biasanya tongseng kambing ditambahkan sayur kol agar lebih sehat. Kemiri sebaiknya di sangari. Kemudian jahe dan kunyit di kupas dan di bakar agar aromanya lebih keluar.

2Haluskan Bumbu

www.pena-laksitajudith.blogspot.com

Haluskan bawang putih, kemiri, jahe, bawang merah, lada, ketumbar, kunyit, dan garam. Ibu-ibu modern biasanya menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu. Namun jika kamu menghaluskan menggunakan cobek akan lebih sedap.

3Masaklah Daging Kambing

www.jalanjajanasik.wordpress.com

Daging kambing yang telah di rebus setengah matang, direbus kembali sampai matang atau sampai empuk dengan ditambahkan daun salam. Angkat daging kambing kemudian tiriskan dan potong-potong sesuai selera.

Pada panci lain, masukan santan dan rebus dengan api kecil. Masukan bumbu halus ke dalam santan bersama 2 lembar daun salam, serai, garam dapur, dan lengkuas. Aduklah sampai santan mendidih kemudian matikan kompornya.

Masukan minyak goreng pada wajan penggorengan dan tunggulah sampai minyak panas. Kemudian tumis irisan tipis bawang merah dan cabai rawit yang sudah di potong sesuai selera.

Masukan daging ke dalam penggorengan. Aduklah sampai tercium bau harum. Tambahkan 250 gram sayur kol yang sudah di potong kecil-kecil. Aduk sampai kol layu. Tambahkan kecap manis sesuai selera. Aduklah sampai rata.

Kemudian santan yang telah dicampurkan dengan bumbu ditambahkan ke dalam penggorengan. Proses pengadukan harus terus dilakukan agar santan tidak pecah sehingga tongseng tetap lezat.

www.homeresto.wordpress.com
www.homeresto.wordpress.com

Terakhir masukan potongan daun bawang dan tomat segar yang telah di potong-potong. Masaklah dengan api sedang sampai semua bahan tercampur merata dan kuah mendidih.

Sebelum diangkat, cicipi dan koreksi rasanya. Sebaiknya tidak menambahkan MSG agar tongseng kambing tetap sehat. Tongseng kambing menendang lidah siap disajikan untuk keluarga.

www.jalansambiljajan.blogspot.com
www.jalansambiljajan.blogspot.com
SHARE