saungkalibatawix.com

2 Resep Tongseng Sapi Super Lezat

Posted on

Indonesia memang kaya akan kulinernya. Salah satu kekayaan masakan Indonesia adalah tongseng. Tongseng merupakan jenis masakan yang menyerupai gulai. Bumbunya lebih tajam. Beda tongseng dan gulai yakni pada pemakaian daging.

Jika gulai menggunakan tulang secara dominan, sedangkan tongseng cenderung memakai daging yang masih melekat pada tulang. Daging yang biasanya digunakan untuk tongseng yaitu, daging kambing, sapi, dan kerbau.

Ada juga yang memasukkan sayuran ke dalam kuah tongseng atau sekedar menambahkan tomat dan kecap manis.

Tongseng sendiri merupakan makanan khas Solo. Namun, beberapa daerah juga telah mengeluarkan resep khasnya masing-masing.

Coba yuk, resep-resep tongseng di bawah ini.

Tongseng Sapi Tanpa Santan

cheeseinmyshoe.blogspot.com
cheeseinmyshoe.blogspot.com

Tongseng tidak selamanya harus memakai santan. Rasa tongseng tanpa santan pun tidak kalah lezatnya.

Cara membuat tongseng tanpa santan ini cukup mudah. Pertama, kamu harus sediakan bahan-bahan berupa daging sapi, tomat, dan kubis.

Untuk bumbunya, sediakan bahan-bahan berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kecap manis, gula merah sisir, garam, merica, air, cabe rawit, dan kemiri.

Langkah berikutnya, kamu cuci daging sapi kemudian diiris-iris tipis. Sisihkan daging sapi yang sudah diiris pada tempat khusus.

marurinahhime.wordpress.com
marurinahhime.wordpress.com

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan kemiri.

Lalu tumis bumbu halus tadi di atas wajan berisi minyak panas. Setelah baunya harum, masukan daging sapi dan tumis lagi hingga bumbu meresap.

Tuangkan air secukupnya, kemudian taburkan garam, gula merah, merica bubuk, dan kecap. Aduk-aduk sampai semua bahan menyatu dan terasa sedap. Tunggu beberapa menit hingga mendidih.

Kalau sudah mendidih, masukan tomat iris, kubis, dan cabe rawit. Masak lagi sampai air sedikit berkurang. Tapi, ingat, airnya jangan sampai habis.

dhee17.wordpress.com
dhee17.wordpress.com

Segera angkat jika tongseng sudah terlihat matang dan airnya tidak terlalu banyak. Sajikan tongseng dalam mangkuk.

Tongseng Sapi Khas Jawa Timur

saungkalibatawix.com
saungkalibatawix.com

Tongseng memang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Namun, ternyata tongseng Jawa Timur juga punya resep rahasia.

Dengan kekayaan rempah-rempah pada bumbunya, tongseng sapi khas Jawa Timur menciptakan kelezatan rasa tersendiri. Kalau kamu ingin coba membuat di rumah, kamu harus sedikit bekerja keras menyiapkan bahan-bahannya.

Pertama, bahan-bahan dasarnya, yaitu daging sapi dan kaldu sapi.

Kedua, menyediakan bahan bumbu halus, yakni bawang merah, bawang putih, garam, merica bubuk, jinten hitam, pala, kunyit bakar, dan bawang merah goreng.

resepmasakandapurarie.com
resepmasakandapurarie.com

Yang terakhir, sediakan juga bahan tambahan berupa, jahe, salam, daun jeruk, sereh, cengkeh, kayu manis, kecap, gula merah, cabe merah, dan kapulaga.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat tongseng ini adalah membungkus daging sapi dengan daun pepaya muda dan menusuk-nusuknya. Lalu diamkan selama 20 menit.

Setelah itu cuci bersih daging sapi dan rebus hingga setengah empuk. Jika sudah cukup empuk, potong-potong daging menjadi seperti dadu. Jangan lupa sisihkan daging dan juga kaldunya.

Sesudah mengolah daging, selanjutnya yakni membuat bumbu halus dari bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Tambahkan jahe dan sereh yang sudah digeprek ke dalam bumbu halus.

menjemputsenyuman.blogspot.com
menjemputsenyuman.blogspot.com

Langkah berikutnya, tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai aromanya harum, kemudian masukan bumbu halus.

Tumis-tumis lagi hingga harum juga dan masukan bahan-bahan tambahan. Tumis kembali sampai beberapa saat dan masukan daging sapi.

Aduk-aduk sebentar, tuangkan kaldu sapi. Lalu berikan kecap, gula merah dan garam sambil dicicipi rasanya. Setelah pas, tambahkan merica bubuk, irisan cabe merah, dan masak lagi sampai dagingnya empuk.

Biarkan kuahnya sedikit menyusut. Jika sudah sempurna, sajikan tongseng sapi khas Jawa Timur ini sebagai hidangan makan malam atau makan siang kamu.

Selamat mencoba!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *