Seafood adalah salah satu menu makanan yang populer di kalangan masyarakat. Makanan laut yang dimasak menjadi berbagai macam olahan itu tak bisa dihindari oleh siapapun. Karena, kelezatannya sudah pasti menggoda para pecintanya.

Dari sekian banyak hewan laut yang diolah menjadi makanan, udang merupakan salah satu menu yang paling menggoda untuk ingin dinikmati setiap hari. Hewan laut yang mengandung banyak protein ini memang menjadi primadona bagi beberapa orang.

Udang pun banyak dipilih untuk dijadikan lauk karena kalorinya termasuk rendah, sehingga tidak menimbulkan kegemukan. Dan, beberapa ibu rumah tangga terkadang bingung untuk mengolah udang menjadi masakan seperti apa.

Jangan pusing-pusing lagi bu, cobalah untuk membuat udang asam manis yang rasanya dijamin lezat dan mantap. Anak-anak pun pasti akan menyukainya. Udang pun dimasak dengan sederhana tanpa perlu ribet.

Jadi, kamu tak akan memakan banyak waktu. Lalu, bagaimana caranya memasak udang asam manis tersebut? Lihatlah resep dan cara membuatnya berikut ini.

1Bahan yang Dibutuhkan

www.olgasflavorfactory.com

Menyiapkan bahan adalah hal mendasar yang harus kamu lakukan sebelum memasak udang asam manis ini. Bahan utama yang kamu perlukan adalah 250 gram udang segar. Kemudian bersihkan udang tersebut.

Nah, cara membersihkan udang ini tergantung selera. Kamu bisa membersihkan semua kulit dan kepala udang atau tetap menggunakannya untuk dimasak. Jadi, bagi yang suka kerenyahan kulit udang tetap bisa mengolahnya tanpa harus dibuang.

Kemudian, siapkan bahan selanjutnya, yakni 4 buah buncis yang diiris menyerong,  1 buah bawang bombay yang diiris tipis, 1 buah paprika merah dipotong berbentuk dadu, 1 batang daun bawang, dan diiris sepanjang 1-2 cm.

www.sabilulungan2.tk
www.sabilulungan2.tk

Lalu, bahan lain yang kamu perlukan adalah 2 buah cabai merah dan iris menyerong, 2 sendok makan saus sambal, 4 sendok makan kecap manis, ½ sendok teh kaldu bubuk, 1 batang serai yang dimemarkan, dan 2 lembar daun salam.

Untuk menciptakan rasa yang asam dalam olahan udang ini, kamu pun membutuhkan 1 sendok makan asam jawa yang dilarutkan dengan sedikit air. Lalu, untuk mengentalkan sausnya, gunakanlah 1 sendok makan tepung maizena dan larutkan dengan air.

Jangan lupa dengan bumbu wajib dalam memasak bu, yakni garam dan gula serta minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu.

Selain bumbu-bumbu yang telah disebutkan, kamu pun memerlukan bumbu halus yang dibuat dari 4 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 buah cabai merah, 2 buah cabai rawit, dan 1 buah tomat. Jangan sampai ada bahan yang terlewatkan ya.

2Cara Membuat Udang Asam Manis

yummymakannyok.blogspot.com

Membuat udang asam manis ini begitu mudah, langkah pertama, kamu siapkan sebuah wajan dan panaskan sedikit minyak. Lalu, tumis bumbu halus bersama dengan serai dan daun salam hingga harum.

Selanjutnya, masukkan udang dan masak hingga udang berubah warna. Lalu, tambahkan irisan bawang bombay, buncis, cabai merah, daun bawang, dan paprika. Masak sambil sesekali diaduk.

40kin4years.blogspot.com
40kin4years.blogspot.com

Setelahnya, masukkan saus sambal, air asam jawa, kecap manis, kaldu bubuk, garam, dan gula pasir. Masak hingga sayuran menjadi agak layu. Langkah terakhir, masukkan larutan maizena, dan masak hingga air menyusut dan saus mengental.

www.dolesunshine.com
www.dolesunshine.com

Setelah semuanya matang dengan baik, olahan udang asam manis pun siap untuk disajikan. Lebih nikmat jika disajikan selepas dimasak bersama dengan nasi hangat.

3Tips Memilih dan Memasak Udang

www.youtube.com
  • Ketika memilih udang, peganglah badan udang untuk melihat teksturnya. Apabila badan udang masih terasa keras, artinya udang dalam keadaan bagus dan masih segar.
  • Apabila memasak udang, kamu bisa menggunakan kulitnya, karena dalam kulit udang itu memiliki kandungan antibodi. Untuk kamu yang alergi udang, bisa coba makan udang bersama dengan kulitnya, karena ia bisa menjadi penawar.
  • Jangan memasak udang terlalu lama, selain akan menghilangkan kandungan yang terdapat dalam udang, memasaknya terlalu lama pun bisa merubah tekstur udang.

Selamat Memasak.