Setiap menjelang tahun baru, selalu berseliweran berita tentang kilas balik tahun sebelumnya. Kemudian diikuti berita tentang resolusi di tahun berikutnya. Jadi, apa resolusi 2016 kamu?

Tentu saja setiap orang akan memberikan jawaban yang berbeda. Hal ini karena rencana satu tahun ke depan sifatnya sangat pribadi dan spesifik. Tetapi, tentu saja kamu menginginkan improvement yang baik dalam hidup kamu bukan?

Nah, berikut beberapa resolusi 2016 yang mungkin juga sama seperti yang kamu rencanakan. Tentu saja kamu punya pendapat lain bukan? Jangan ragu untuk menuliskan pendapat kamu di kolom comment.

1Karyawan Kantoran

popeti.com

Sebagai manusia semuanya punya insting untuk memilih sesuatu yang low risk atau tanpa resiko. Nah, salah satu pilihan mudah yang minim resiko tentu saja menjadi karyawan swasta atau PNS.

Tetapi, pernahkah kamu sebagai karyawan atau PNS untuk berpikir keluar dari pekerjaan dan memulai usaha yang benar-benar baru? Tentu saja kekurangan bekerja sebagai karyawan adalah waktu yang banyak tersita dan hanya sedikit tersisa untuk keluarga.

mashable.com
mashable.com

Kamu harus menabung, suatu saat kamu harus keluar dan memilih jalur self employed. Mempekerjakan diri sendiri, membuka bisnis dan usaha sendiri. Barangkali tahun 2016 ini adalah tahun yang tepat buat rencana kamu?

Beranikan diri untuk memulai usaha dan ciptakan quality time  yang lebih banyak dan berharga bersama keluarga tercinta.

2Ibu Rumah Tangga

kitabisa.com

Menjadi Ibu rumah tangga tidak akan menghentikanmu untuk membangun kesalehan sosial bukan? Nah, untuk membuat hidup kamu sebagai ibu rumah tangga lebih bermakna tahun 2016 ini bisa memulai gerakan sosial untuk memberdayakan lingkungan kamu.

trusmi.com
trusmi.com

Tentu saja terutama target mitra berdaya kamu adalah ibu-ibu rumah tangga pula. Kamu bisa jadi social entrepreneur tahun ini juga. Tentu saja bukan rupiah tujuan utamanya tetapi kemandirian sosial dan kesalehan sosial muaranya.

Tetapi ingat untuk tetap mengutamakan kepentingan dan kebutuhan suami dan anak-anak menjadi prioritas utama. Dari keluarga yang taat beragama, kuat, sehat dan cerdas, kesalehan, dan hidayah akan mudah muncul. Menerangi pikiran dan perasaan.

3Mahasiswa

koran.uns.ac.id

Nah, buat kamu para mahasiswa, tentu kamu ingin IPK kamu di tahun 2016 lebih tinggi dari tahun 2015 bukan? Selain IPK? Kamu mau lulus tahun ini? Lulus dengan predikat cumlaude?

Resolusi 2016 di atas tentu saja impian seluruh mahasiswa di Indonesia bahkan mahasiswa Indonesia di luar negeri. Kalau kamu adalah seorang yang bersungguh-sungguh, tentu kamu menetapkan target yang lebih dari itu semua bukan?

almahdali9.wordpress.com
almahdali9.wordpress.com

Kamu bisa menetapkan target semua hal akademis di atas plus pencapaian non-akademis yang membanggakan. Misalnya kamu bertekad untuk lebih banyak membaca Al Quran, satu juz per hari atau khatam setiap bulan.

Tentu saja kamu bisa meningkatkan jumlah hafalan surat Al Quran kamu agar tidak stagnan di juz amma saja. Kamu juga bisa masuk ke dunia aktivisme sosial atau aktivisme mahasiswa.

Pasang target untuk melakukan riset dan menyajikannya dalam acara ilmiah tingkat internasional. Buat rencana menulis buku atau catatan perjalanan yang motivatif dan inspiratif.

Tidak salah juga kalau kamu mulai merintis bisnis saat masih menyandang status mahasiswa. Namun, ingat untuk jangan sampai bisnis kamu merusak konsentrasi prestasi akademik kamu.

dakwatuna.com
dakwatuna.com

Tentu saja semua resolusi 2016 itu satu tujuannya bukan? Untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri menjadi lebih baik, saleh, dan berkarakter. Muaranya? Tentu saja menikah dengan orang yang baik dan berkarakter juga.

Lantas membangun keluarga yang baik, masyarakat yang baik, pemerintahan yang baik, negara yang baik hingga dunia yang baik untuk seluruh umat manusia di masa depan. Sederhana bukan? Tetapi kamu harus bersungguh-sungguh untuk cita-cita besar ini.