Dalam hidup ini, setiap waktu kita dituntut untuk lebih baik lagi dari sebelumnya. Bahkan dalam agama, nabi mengajarkan kita bahwa orang kualitas hidupnya sama dengan waktu sebelumnya, adalah ciri orang yang merugi.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita benar-benar berkomitmen di awal tahun 2016 untuk merubah hidup menjadi lebih baik lagi. Tetapkan dan buatlah daftar resolusimu mulai sekarang.

Tanpa ada komitmen terhadap resolusi di waktu sekarang, jangan harap ada peningkatan kualitas hidup nantinya. Kata pepatah lama, waktu ibarat pedang, jika kamu tidak menebasnya, maka dia akan menebasmu.

Kuasailah waktu 2016 ini, dan mulailah merubah diri menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi resolusimu di tahun 2016 agar kualitas hidup makin meningkat.

1Perbanyak Kebaikan Kepada Orang Lain

kaskus.co.id

Mengikuti kata-kata bijak, berbuat baiklah kepada semua yang ada di bumi, maka langit juga akan berbuat baik kepadamu. Salah satu indikator utama peningkatan kualitas hidup adalah seberapa bermanfaatkah kita bagi lingkungan kita.

Terutama bagi keluarga, tetangga, dan juga masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita. Memang tidak semua dari kita diberikan rezeki yang berlebih, tapi banyak cara untuk bisa berbuat baik kepada orang lain di sekitar kita.

Jika tidak mampu dari hal yang besar, mulailah dari hal yang kecil seperti membantu nenek menyeberang, atau memberikan kursi untuk orang tua di angkutan umum.

2Mencurahkan Perhatian Kepada Keluarga

hijapedia.com

Sadarilah bahwa tidak ada kebahagiaan apabila kehidupan keluargamu juga tidak bahagia. Maka kebaikan dalam keluarga sama dengan kebaikan untukmu sendiri. Mulailah untuk lebih mencurahkan perhatian kepada keluargamu.

Kebiasaan sederhana ini mungkin sedikit banyak akan makin menghangat hubungan dalam keluarga. Misalnya dengan membiasakan tidak membuka ponsel dan gadget ketika sedang makan bersama keluarga.

Jika kamu sedang jauh dari keluarga, pastikan untuk sering menelpon mereka secara wajar. Meskipun hanya beberapa menit saja, namun itu akan sangat berarti bagi ikatan keluarga.

3Memperhatikan Kesehatan Diri

rri.co.id

Jika di atas lebih cenderung pada peningkatan kualitas batin, maka selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah peningkatan kualitas lahiriahmu.

Lihatlah contoh banyak orang kaya yang mengidap penyakit kronis di luar sana. Lalu buat apa kekayaannya kalau pemiliknya sendiri tak dapat menikmatinya.

Maka pastikanlah kesehatan menjadi prioritas yang penting dalam resolusimu kali ini. Lakukan general check up paling tidak 2 tahun sekali.

Ikuti saran dokter untuk rutin berolahraga setiap hari. Rutin berolahraga selain bermanfaat untuk kesehatan, juga akan men-support aktivitasmu agar tetap fresh dan bersemangat.

Selain itu beberapa hal yang kamu anggap remeh, ternyata penting untuk kamu perhatikan. Semisal kurang tidur yang dapat mengganggu kesehatan. Kurang tidur juga akan membuatmu tidak mood, bahkan sampai dengan depresi.

4Berpikirlah Positif Kepada Diri

maelan.heck.in

Seringkali bila kita melakukan kesalahan, lalu kita berbicara negatif kepada diri kita sendiri. Ingatlah bahwa setiap manusia pasti akan berbuat salah. Karenanya hentikan menyalahkan diri agar kamu bisa move on.

Berpikirlah positif tentang diri, bahwa kamu bisa lebih baik. Evaluasi saja kenapa kamu bisa melakukan kesalahan berulang, lalu fokus benahi sisi kelemahanmu itu.

5Buatlah Daftar Tugas

tuvous.com

Salah satu sebab kenapa kita gagal menjalankan resolusi tahun lalu karena kita tidak menulis tugas-tugas kita secara baik, sehingga tidak ada prioritas dan pembagian waktu yang tidak baik.

Mulailah membuat daftar tugas prioritas, dan konsekuen menjalankannya.

6Berani Berkata Tidak

huffingtonpost.com

Karena khawatir menyinggung perasaan teman dan saudara, kita tak berani mengatakan tidak ketika diajak atau diminta sesuatu. Padahal kita tahu pasti bahwa hal itu sangatlah tidak penting atau bakal merugikan kehidupan kita.

Maka jangan ragu untuk berkata tidak dengan lembut. Tolaklah dengan argumentasi yang meyakinkan agar kawanmu tak tersinggung.