merdeka.com

Ridwan Kamil Kembali Mencari Investor Untuk Infrastruktur Bandung

Posted on

Ridwan Kamil yang dikenal sebagai Walikota Bandung melakukan kunjungan dinas ke luar neger. Baru-baru ini, pria yang kerap disapa Kang Emil ini mengunjungi Amerika Serikat untuk presentasi kepada calon investor terkait dengan berbagai proyek yang akan dijalankan di Bandung.

Emil menjelaskan  tentang beberapa proyek yang sedang dipresentasikan pada Rabu (4/5).
Beberapa proyek yang akan ditawarkan kepada investor kebanyakan merupakan program pembangunan infrastruktur, seperti “cable car” dan “light railway transit” (LRT). Total nilai pembangunan infrastruktur yang dimaksud mencapai angka 60 triliun rupiah.

Angka tersebut menurut Kang Emil tidak mungkin didapat hanya dengan mengandalkan APBD saja, karena anggaran belanja pembangunan Bandung totalnya hanya mencapai nilai 3 tirilun rupiah tiap tahun.

Selain itu, sebagai Koordinator Wilayah 3 Jawa Barat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, beliau juga menawarkan kerja sama sejenis kepada para investor di Korwil 3 Jawa Barat. Artinya, tidak hanya di Kota Bandung saja.

“Saya akan presentasi proyek di kota-kota yang tergabung dalam Korwil 3 Apeksi di hadapan Gubernur Bank di seluruh dunia yang sedang berkumpul membahas investasi infrastruktur untuk kota-kota di Asia,” ungkapnya.

Dalam forum tersebut hadir juga  wali kota dari beberapa negara, seperti Wali Kota Yokohama Jepang, Wali Kota Frankfurt German, Wali Kota Colombo Srilanka, serta Mantan Wali Kota Madrid Spanyol. Dalam forum tersebut juga hadir Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro.

Emil bertolak ke negeri paman sam sejak Senin (2/5) kemarin. Rencananya dia akan berada di Amerika Serikat selama sepekan sebelum kembali ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *