esqgroup.co.id

Robby Djohan Ungkap Rahasia Sukses Jalankan Bisnis Maskapai Garuda dan Bank Mandiri

Posted on

Di sepanjang hidup Robby Djohan, ia pernah menjadi dosen Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Direktur Utama Bank Mandiri pada November 1998, Direktur Utama Garuda Indonesia pada Februari sampai Oktober 1998.

Ia juga pernah menjadi Presiden Direktur Bank Niaga tahun 1984, Managing Director Bank Niaga tahun 1977 sampai 1983,

General Manager bank Niaga cabang Jakarta tahun 1976, Staf bagian umum, Citibank tahun 1967, Group Head, Citibank tahun 1972-1976.

Robby Djohan dikenal sebagai pemimpin yang sukses melakukan transformasi bisnis di berbagai perusahaan yang pernah dipegangnya, seperti Garuda Indonesia dan Bank Mandiri.

Langkah transformasi yang dilakukan Robby Djohan selalu terkait dengan empat hal: pasar, produk, produktivitas modal, dan sumberdaya manusia yang andal.

Apa saja langkah yang dilakukan Robby Djohan ketika melakukan transformasi bisnis di Garuda Indonesia dan Bank Mandiri?

Tentukan Nilai

bisniskeuangan.kompas.com
bisniskeuangan.kompas.com

Hal pertama yang harus diketahui adalah arah tujuan yang menentukan nilai-nilai untuk mencapai tujuan tersebut. Kalau sudah tahu itu, kemudian kita akan mengetahui bagaimana cara melakukan transformasi.

Nilai-nilai tersebut tidak hanya tergantung pada satu orang. Tapi juga mencakup seluruh pemangku kepentingan, seperti shareholders, pegawai, pelanggan, dan sebagainya.

Semua stakeholders harus membagi nilai yang sama. Kalau itu sudah dimengerti, maka pemimpin perusahaan akan mencari cara untuk menciptakan values tersebut.

Kedua, harus memiliki orang-orang yang akan ikut dan bisa membantu pemimpin itu dalam melaksanakan apa yang ingin dicapai. Ketiga, semua stakeholders harus mendukung dan percaya kepada hal ini.

Kunci Sukses

klasik.kontan.co.id
klasik.kontan.co.id

Transformasi bisnis akan sukses apabila ada kepercayaan. Untuk menilai sukses tidaknya suatu transformasi, kita harus melihat pada empat faktor yang saya katakan sebelumnya.

Dia mampu berkompetisi, dia mampu menghasilkan differentiated product, dia mampu untuk menciptakan efisiensi keuangan, dan dia mampu bekerja dengan orang-orang yang terbaik.

Sukses dalam transformasi bisnis dilihat apabila keempat faktor ini menonjol dalam angka. Terkait faktor pasar bisa dilihat pada angka penjualan.

Pentingnya Peran Pemimpin

esq-news.com
esq-news.com

Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang dipercaya atas dasar kemampuannya menciptakan values yang disukai oleh pengikut-pengikutnya, yang disebut sebagai shared values.

Kemudian, ia dapat membuktikan kepercayaannya dengan berhasil melakukan transformasi. Satu contoh ketika Robby berada di Garuda.

Shared values ketika ia di sana adalah Garuda harus memiliki image yang baik, tidak boleh rugi, dan motivasinya tinggi sekali. Itu adalah pemikiran yang berasal dari diri Robby, dan dilaksanakan dalam waktu enam bulan.

CEO adalah segala-galanya. Hanya CEO-lah yang bertanggung jawab atas berhasil atau tidak berhasilnya transformasi yang dijalankan.

Tahapan Ideal Proses Transformasi Bisnis

syuef.blogspot.com
syuef.blogspot.com

Pertama, harus ada values yang ingin diciptakan. Kedua, adalah program reformasi-nya. Ketiga adalah siapa yang akan melaksanakan program itu.

Namun hal ini tidak boleh dilaksanakan lebih dari 6 bulan karena krisis harus diatasi dalam 6 bulan.

Jika krisis terjadi lebih dari 6 bulan maka dianggap sebagai budaya. Maksimal satu tahun. Jika lebih dari itu, maka perusahaan itu hidup dalam budaya krisis.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *