Masih ingat film Transformer? Film ini menyuguhkan adegan robotik yang memukau. Bagi kamu pencinta robot tentu tak asing dengan film ini.

Robot-robot yang ada dalam tayangan Transformer memang canggih dan menarik. Terlepas dari hal itu, teknologi robot sekarang ini semakin modern dan canggih.

Setiap tahunnya kemajuan dan kecanggihan robot-robot buatan manusia tercipta. Banyak robot pintar dan tercanggih yang dibuat manusia.

Adalah negara Jepang, salah satu negara yang memang terkenal memiliki kemampuan dalam menciptakan robot-robot tercanggih dan memiliki kemampuan yang handal.

Tak hanya Jepang, Amerika pun juga mulai menciptakan robot-robot yang tak kalah canggih. Robot-robot buatan manusia ini juga disebut robot yang pintar.

Bagaimana tidak, ada robot yang memiliki kemampuan seperti halnya tingkah laku manusia. Ada yang bisa menangis, tertawa, menari, bernyanyi dan menangkap serangga.

Bahkan terdapat robot yang memiliki kemampuan berekspresi sedih, kecewa, senang, marah, dan ekspresi lainnya.

Adanya robot-robot canggih tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu kehidupan manusia di bumi ini.

Tentunya jika robot-robot tersebut dimanfaatkan dengan baik. Di dunia ini terdapat robot-robot tercanggih yang diciptakan manusia, jadi tak hanya di film-film saja.

Nah, jika kamu penasaran, simaklah robot-robot tercanggih berikut.

1Robot Asimo

robotics.colbert.free.fr

Asimo merupakan robot humanoid yang memiliki kemampuan melakukan aktivitas layaknya manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Robot ini adalah robot yang dibuat oleh Honda di Jepang. Asimo memiliki tinggi sekitar 130 cm dan berat 54 kilogram.

Ia mampu berjalan dengan kecepatan 6 km/jam. Ciri dari Asimo adalah ia berpenampilan seperti manusia dengan baju astronot dan ransel di belakangnya. Menarik kan?

Robot yang mempunyai tinggi seperti seorang anak 12 tahun ini dapat melakukan tugas-tugas seperti mengoperasikan sakelar lampu, membuka pintu, dan bekerja di meja.

Ia juga bisa melompat, meloncat dengan satu kaki, mendorong troli minuman, membuak termos, membawakan nampan minuman, dan menuangkan segelas jus.

2Robot Robonaut

innoecho.com

Robot ini dikembangkan oleh NASA yang merupakan badan antariksa milik Amerika Serikat. Ia termasuk jenis robot humanoid.

Robonaut merupakan singkatan dari Robotic Astronot. Yup, robot ini memang berfungsi sebagai astronot. Ia bertugas menemani astronot manusia yang sedang menjelajahi ruang angkasa.

Kita tahu bahwa luar angkasa merupakan ruang yang asing bagi manusia, sehingga diperlukan peralatan khusus agar dapat melakukan kegiatan di sana. Maka dari itu, salah satu yang dapat membantunya adalah dengan bantuan robot.

Tubuh Robonaut terbuat dari aluminium yang dilengkapi dengan Kevlar dan Teflon agar tahan api dan tahan peluru.

Hal ini bertujan supaya ia terlindungi dari resiko terbakar dan tertimpa berbagai pecahan asteroid.

Ciri dari Robonaut seperti halnya tubuh manusia, ia memiliki kepala yang bisa digerakkan dan dilengkapi sepasang kamera kecil yang berfungsi sebagai mata.

Namun, tubuhnya hanya terdiri dari tubuh bagian atas yang dilengkapi sepasang lengan dan tangan. Sedangkan kakinya hanya memiliki satu kaki yang berfungsi sebagai penyangga tubuhnya.

3Robot Murata Seiko-chan dan Murata Seisaku-kun

beritarobot.blogspot.com

Lagi, Jepang membuat robot yang canggih. Semakin banyak saja jenis robot yang dikreasi oleh para ilmuan di sana.

Adalah Murata Seiko Chan, robot yang dimodelkan seperti anak TK perempuan. Robot ciptaan perusahaan Murata Manufacturing  ini mempunyai semacam sensor untuk menjaga keseimbangannya.

Ciri dari robot ini adalah ia berdiri dengan satu roda. Tapi Murata Seiko Chan mampu mengendalikan roda satu arah ke depan dan ke belakang.

Tak kalah canggihnya, Murata Seisaku Kun adalah “saudara laki-laki” Murata Seiko Chan, mampu mengendalikan sepeda roda dua.

Terdapat sebuah mata elektronik yang terbuat dari sensor ultrasonik yang membuat robot ini tidak menabrak sesuatu ketika asyik bersepeda.

Sedangkan otaknya membantu untuk mengubah arah sepeda. Menajubkan!

4Home Asistant Robot (AR)

www.jsk.t.u-tokyo.ac.jp

Kamu capek dan lelah mengerjakan pekerjaan rumah yang menumpuk? Jika kamu punya robot yang satu ini mungkin akan meringankan tugas-tugasmu di rumah.

Adalah Home Asistant Robot , seperti namanya, AR merupakan robot pembantu rumah tangga.

Ia didesain untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Seperti mencuci, menyapu, mengepel dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

5Robot T-52 ENRYU

www.theoldrobots.org

Jepang seakan tak ada habisnya dalam mendesain berbagai jenis robot untuk membantu manusia. Kali ini, salah satu robot tercanggih buatannya adalah Robot T-52 ENRYU dengan tinggi 3,3 meter.

Robot yang diciptakan tahun 2004 ini dibuat untuk keperluan membantu proses evakuasi korban gempa dan bencana lainnya.

Demikian beberapa robot tercanggih yang ada di dunia. Luar biasa kan? Banyak robot yang diciptakan manusia diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk tujuan yang baik.