sciencealert.com

4 Hal Menakjubkan yang Kamu Alami Akibat Rotasi Bumi

Posted on

Kamu pasti tahu apa itu rotasi bumi bukan? Sebuah pelajaran lama jauh di masa lalu sekolah dasar kamu. Namun, benarkah kamu dan yakinkah bahwa kamu telah mengetahui segala hal yang berhubungan dengan rotasi bumi?

youtube.com
youtube.com

Hal sederhana dan lazim kamu tahu pastilah definisi rotasi bumi. Kamu benar kalau mendefinisikan rotasi bumi sebagai perputaran bumi pada sumbu bumi (axis). Ke arah mana bumi berputar? Tepat sekali, dari arah barat ke timur.

thelayeredearth.com
thelayeredearth.com

Nah, namun sebenarnya ada beberapa fakta mengenai rotasi bumi yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Hal ini karena informasi ini disampaikan secara khusus lewat beberapa penelitian, sangat spesifik.

Jadi, hampir mustahil kamu ketahui dari pelajaran sekolah tentang tata surya yang selama ini kamu pelajari. Kalau kamu sudah tidak sabar, ayo jelajahi bumi!

Kecepatan Rotasi Bumi

virtuedev.com
virtuedev.com

Kamu akan terkejut saat mengetahui bahwa kecepatan rotasi bumi. Bahkan, rotasi bumi lebih cepat dari kendaraan apapun di muka bumi ini, 1675 km per jam. Kamu bisa bayangkan bagaimana?

Bayangkan saja seperti ini, setiap kamu memandang langit, sebenarnya luar angkasa yang kamu pandang selalu bagian yang berbeda tiap detiknya. Lalu, bagaimana mungkin kamu tidak merasakan pergerakan ini?

Bersyukurlah pada Tuhan karena adanya gravitasi dan momentum. Kedua fenomena tersebut membuat kamu tetap tegak di atas tanah dan tidak merasakan apapun dari perputaran bumi.

Rotasi Bumi Semakin Melambat

yournewlifeinchrist.com
yournewlifeinchrist.com

Perlambatan atau deceleration memang benar terjadi. Besarnya perlambatan ini adalah 17 mili-detik per 100 tahun, angka ini tidak selalu sama, namun nilainya rata-rata sebesar itu.

Memang kecil dan tidak sinifikan. Namun, kamu bisa bayangkan bahwa jika suatu saat bumi berhenti berotas dari barat ke timur dan berganti arah rotasi dari timur ke barat, kamu tahu artinya?

Matahari akan terbit dari barat. Dan, hal selanjutnya kamu bisa tebak sendiri.

Satu Hari Bukan 24 Jam

youtube.com
youtube.com

Apa kamu tahu jarak lingkaran terjauh bumi? Jarak tepatnya adalah 40.075 km. Dan untuk melakukan satu putaran penuh, bumi membutuhkan waktu 23,93 jam atau 23 jam 56 menit. What? Bukannya seharusnya 24 jam?

Inilah perhitungan yang sesungguhnya dilakukan oleh pada ahli astronomi. Bayangkan kamu berada di ujung atas sumbu bumi, di kutub utara, lalu kamu memandang ke bawah, dan dari situ kamu bisa hitung lama rotasi bumi.

Akan kamu dapatkang angka 23 jam dan 56 menit, perhitungan ini disebut sidereal day. Sedangkan perhitungan 24 jam itu dinamakan solar day karena didasarkan pada titik yang sama dengan titik di matahari.

Bagaimana? Sekarang kamu mengerti? Sidereal day dan solar day.

Jet Lag

airmedintl.blogspot.com
airmedintl.blogspot.com

Kamu yang belum pernah naik pesawat terbang dalam jarak yang jauh mungkin hanya mengenal istilah jet lag dari lagu salah satu grup musik terkenal dunia, simple plan.

Namun buat kamu yang pernah ke luar negeri dengan jarak yang jauh dari Indonesia kamu pasti pernah merasakannya. Kamu akan merasakan pusing dan berbagai rasa tidak nyaman lainnya setelah melakukan perjalanan lintas benua.

Hal ini disebabkan karena kamu melakukan ‘perjalanan lintas waktu’ dalam kecepatan tinggi. Zona waktu yang berbeda membuat kamu bisa merasakan jet lag selama dan sesudah naik pesawat.

Banyak fenomena alam lain yang disebabkan oleh rotasi bumi, hal yang umum seperti perubahan siang dan malam, arah angin, ketebalan atmosfer, percepatan gravitasi, waktu, gerak semua harian matahari, fungsi satelit, faucault effect, dan coriolis effect.

Kamu bisa mengeksplorasinya sendiri jika kami sangat tertarik dengan rotasi bumi. Selama bereksplorasi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *