mrwallpaper.com

Pengaruh Rotasi Bumi dan Revolusi Bumi yang Penting untuk Kita Ketahui

Posted on

Kamu yang pernah bermeditasi, senam yoga, serasa bumi ini tenang sekali ya. Gak sadar ternyata bumi yang tenang ini setiap harinya muter-muter kerjaannya.

Entah bumi muterin matahari sesuai orbitnya, yang dinamain revolusi bumi. Atau bumi yang muter sendiri pada porosnya, disebutnya rotasi bumi. Yang pasti bersyukurlah bumi kita masih mau muter, coba kalau nggak? wuih, bisa gawat tuh!

Kata peneliti London Michael Stevens, kalau bumi ngambek nggak muter lagi, benda yang ada di bumi bisa meluncur layaknya peluru.

“Itu akan melemparkan ke timur dengan kecepatan 1000 mil per jam, tubuh kamu akan menjadi peluru kaliber 9 inchi,” kata dia. Ngeri bener kan!

Nah, makannya penting bagi kamu untuk paham tentang gerak putar bumi.

Rotasi bumi penuh butuh waktu 23 jam, 56 menit, sedang revolusi bumi seperti yang sudah kita ketahui butuh waktu 24 jam. Berarti ada selisih sekitar 4 menit antara rotasi bumi dan revolusi bumi.

Dengan adanya rotasi bumi dan revolusi bumi mengakibatkan banyak fenomena alam yang melekat pada kehidupan kita. Berikut beberapa akibat dari rotasi bumi dan revolusi bumi yang perlu kamu ketahui.

Rotasi Bumi

Ada Siang dan Malam

imagiooland.worpress
imagiooland.worpress

Kenapa waktu di Jakarta siang hari, tapi di New York masih malam hari. Penyebabnya karena ada rotasi bumi. Muternya bumi pada porosnya bikin posisi bumi terhadap matahari menjadi dua bagian.

Sebagian bumi menghadap matahari akan mengalami siang hari dan sebagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami malam. Selama 12 jam dua bagian akan bergantian, Jakarta jadi malam dan New York jadi siang.

Beda Waktu di Banyak Wilayah

andrewbales.wordpress
andrewbales.wordpress

Terangnya siang dan gelapnya malam juga mendorong adanya perbedaan waktu. Perbedaan waktu ini pada tempat-tempat yang beda letak meridiannya. Setiap 1° beda 4 menit atau setiap 15° beda 1 jam.

Total ada 24 daerah waktu di bumi. Kota Greenwich di Inggris ditetapkan sebagai pusat daerah waktu dunia, karena dilewati garis bujur 0°. Setiap perbedaan 15° berarti ada selisih satu jam

Tipuan Gerak Semu Matahari

bali.panduanwisata.id
bali.panduanwisata.id

Matahari terbit dari timur dan berakhir tenggelam di barat. Seolah-olah matahari yang berjalan mengitari bumi. Padahal kita tahu justru sebaliknya kan. Nah, ini karena rotasi bumi yang muter pada porosnya.

Jadi gerak semu matahari hanya tipuan dari keterbatasan visual kita. Sampai-sampai waktu ilmu pengetahuan belum maju, orang jaman dahulu ngira matahari yang muterin bumi dan bumi jadi pusat tata surya.

Revolusi Bumi

Adanya Perubahan lamanya Waktu Siang dan Malam

putrahermanto.wordpress.com
putrahermanto.wordpress.com

Siapa bilang malam hari hanya berlangsung 10 jam juga siang hari hanya berlangsung beberapa jam? Di kutub utara dan di kutub selatan malam hari dan siang hari bisa sampai 24 jam!

Nah, wilayah belahan bumi utara dan selatan ini memang memiliki perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Penyebabnya selain karena sudut kemiringan poros bumi, juga diakibatkan oleh revolusi bumi.

Apa hubungannya? Bumi dalam berevolusi dapat terletak di apotema atau hipotema. Apotema adalah titik terjauh bumi dengan matahari sedangkan hipotema kebalikannya yakni titik terdekat bumi dengan matahari.

Adanya Perubahan Musim

deviant.com
irynggfmdeviantart.com

Mungkin kita di Indonesia nggak banyak tahu dan merasakan, soalnya negara kita ada di garis katulistiwa sehingga hanya merasakan dua musim saja yakni penghujan dan kemarau

Sedangkan di kebanyakan negara lain, mereka merasakan ada 4 musim, yakni musim dingin, gugur, semi, dan panas. 4 musim ini adalah hasil dari revolusi tahunan bumi mengelilingi matahari dan kemiringan sumbu bumi relatif terhadap bidang revolusi.

Adanya Kalender Masehi

spesialiskalender.com
spesialiskalender.com

Ini yang paling kentara dari pengaruh revolusi bumi, yakni kita bisa mengenal yang namanya kalender masehi. Hitungan kalender masehi berdasarkan pada kala revolusi bumi, di mana satu tahun sama dengan 365 ¼ hari.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *