Kehidupan saat ini menuntut kita memperkuat keuangan keluarga. Gimana tidak semua-semua serba naik, misalnya baru saja tarif dasar listrik naik, lalu kita mendengar lagi info kenaikannya. Begitu pula dengan harga-harga lain yang mengikuti kenaikannya.

Selain itu, yang menyedihkan adalah ketika ada keluarga kita yang sakit dan perlu dirawat di rumah sakit. Biayanya udah ampun-ampunan deh. Walaupun katanya udah ada BPJS, tapi kalau menggunakan itu masih suka ada aja diskriminasinya.

blog.tokopedia.com
blog.tokopedia.com

Belum lagi kalau melihat tetangga kiri kanan dan depan belakang, semua seperti sedang sama-sama menjerit dengan semua kenaikan di negeri ini. Jadi, solusinya adalah setiap muslim itu harus kaya. Kenapa muslim?

Di dalam ajaran Islam ada ketentuan untuk mengeluarkan zakat dan bersedekah kan? Jadi, jika kelebihan rezeki itu jatuh kepada seorang muslim, maka kondisi perekonomian masyarakat bisa terbantu.

rumahkecilminimalis.com
rumahkecilminimalis.com

Lantas, untuk jadi kaya apa yang harus dilakukan. Salah satu pekerjaan yang dicontohkan dalam Islam dan bisa membuat kita kaya adalah dengan berniaga. Tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan ya! Untuk ini pun perlu memutar otak dan butuh berjuang.

lensarumah.com
lensarumah.com

Kita perlu pintar-pintar memutar dan menyasar bisnis apa yang kira-kira prospektif. Nah, salah satu bisnis yang sedang disasar oleh banyak pengusaha adalah membangun ruko minimalis untuk disewakan.

Kenapa ruko minimalis? Untuk lebih jelasnya, kita lihat penjelasannya di bawah ini yuk! Simak dengan baik ya!

1Alasan Memilih Ruko Minimalis

rumahm.com

Salah satu alasan mengapa banyak orang membangun ruko minimalis, karena banyak sekali pedagang yang terkendala dengan tempat untuk berjualan. Kalau beli tempat sendiri kan mahal, jadi menyewa adalah solusi yang cukup tepat bagi mereka saat ini.

Di sisi yang lain, ada juga orang-orang yang memiliki modal, tapi tidak punya kecenderungan untuk berdagang, maka bidang usaha yang mungkin dilakukan adalah membangun ruko. Dan ruko minimalis mungkin akan menjadi pilihan yang tepat.

Kita perlu tahu, bahwa bangunan dikatakan minimalis, karena mudah dalam proses pengerjaannya serta tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, biaya untuk pembuatannya pun tidak semahal ruko yang bukan minimalis.

2Memilih Lokasi Strategis

tipsproperti.com

Jika kamu mau terjun dalam jasa penyewaan ruko atau jual beli ruko, maka satu hal yang perlu kamu perhatikan, kamu harus memilih lokasi yang strategis. Kenapa ini perlu dilakukan? Agar ruko kamu banyak yang menyewa tentunya.

Hal ini perlu sangat kita perhatikan, karena banyak ruko-ruko yang ada di sepanjang jalan itu nggak laku, nggak ada yang nyewa. Kalaupun ada yang nyewa, paling juga cuma sebentar, karena usahanya nggak berkembang, maka dia berhentiin menyewa rukonya.

Kalau melihat ke arah situ, sudah kebayang kan pentingnya lokasi yang tepat itu. Sebaiknya pilihlah tempat di mana orang banyak ke sana, misal dekat pasar, dekat sekolah, dekat rumah sakit, dan lain sebagainya.

3Buatlah Ruko Sesuai Segmentasi Pasar

desainrumahfuturistik.info

Saat membuat ruko, kita pun perlu melihat segmentasi pasar. Kira-kira di tempat itu segmentasi pasarnya menengah ke bawah atau menengah ke atas. Segmentasi pasar ini menentukan bentuk ruko yang akan kamu bangun seperti apa.

Kalau di tempat itu segmentasi pasarnya menengah ke bawah, tentunya kamu akan sulit menyewakan ruko kamu yang harganya selangit, misal karena kamu sudah mendesainnya untuk harga segitu.

Nah, demikianlah beberapa alasan beserta tips dan trik kalau kamu ingin membangun ruko sebagai salah satu peluang bisnis.