Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam terakhir, yaitu yang ke-5. Setiap umat Islam di seluruh dunia pasti sangat berkeinginan untuk melakukan ibadah haji demi menggenapkan lima rukun menjadi seorang muslim.

Agar semua rukun Islamnya terpenuhi, maka sebelum melakukan ibadah haji, alangkah baiknya jika kita mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan ibadah suci tersebut, mulai dari sekarang. Meskipun kita belum tahu dapat berangkat kapan. Tak ada salahnya, kan?

Rukun Haji adalah perbuatan yang wajib dikerjakan dan tidak dapat diganti dengan membayar denda. Meninggalkan salah satu rukun haji maka akan menggugurkan ibadah haji kita atau ibadah hajinya tidak sah.

Apa saja rukun haji tersebut?

1Ihram

wisatakhalifa.com

Ihram adalah berniat mengerjakan ibadah haji atau umrah dengan memakai pakaian ihram, yaitu pakaian berwarna putih bersih dan tidak berjahit. Pakaian tidak berjahit hanya berlaku bagi laki-laki.

Ihram dapat dimulai sejak awal bulan Syawal dengan melakukan mandi sunah, berwudhu, memakai pakaian ihram, dan berniat haji dengan mengucapkan Labbaik Allâhumma hajjan, yang artinya “aku datang memenuhi panggilanmu ya Allah, untuk berhaji”.

Kemudian berangkat menuju arafah dengan membaca talbiah untuk menyatakan niat: Labbaik Allâhumma labbaik, labbaik lâ syarîka laka labbaik, inna al-hamda, wa ni’mata laka wa al-mulk, lâ syarîka laka

Artinya: Aku datang ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu; Aku datang, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang; Sesungguhnya segala pujian, segala kenikmatan, dan seluruh kerajaan, adalah milik Engkau; tiada sekutu bagi-Mu.

2Wukuf

dunia.rmol.co

Wukuf artinya berhenti, yaitu menghadirkan diri di Padang Arofah. Wukuf di Padang Arofah merupakan salah satu rukun ibadah haji.

Tidak sah ibadah haji jika tidak melaksanakan wuquf. Sebagaimana hadits Nabi SAW “Al hajju arofah” yang artinya haji adalah wukuf di Arofah.

Ketika sedang melaksanakan wukuf, jamaah haji tidak boleh keluar dari batas-batas wilayah arofah karena menyebabkan batalnya wukuf. Jika wukuf batal, maka tidak sah ibadah hajinya.

Wukuf tidak disyaratkan suci dari hadats, namun sebaiknya kita dalam keadaan suci saat wukuf dimulai. Baiknya memang kita menjaga kesucian (wudhu) selama prosesi ibadah haji.

3Thawaf

500px.com

Thawaf ialah mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali putaran, dimulai dan diakhiri dari garis atau arah sejajar dengan Rukun Hajar Aswad, tidak harus lurus dengan sudut rukun hajar aswad.

Macam-macam tawaf yaitu tawaf qudum yang dilakukan ketika baru sampai di Mekah, tawaf ifadah yang dilakukan karena melaksanakan rukun haji, tawaf nazar yang dilakukan karena nazar, tawaf sunah yang dilakukan tidak karena sebab-sebab tertentu (mencari keutamaan dalam ibadah), dan tawaf wadak yang dilakukan karena hendak meninggalkan mekah

4Sa’i

kemenag.go.id

Sa’i adalah berjalan mulai dari bukit shafa ke bukit marwah, kemudian sebaliknya. Sa’i dilakukan sebanyak tujuh kali.

Tiap lintasan dari shafa ke marwah dihitung satu kali. Sebaliknya, lintasan Marwah ke Shafa dihitung satu kali. Jika putaran benar, maka hitungan terakhir yaitu ke-7 berada atau berhenti di Marwah.

Tidak ada sa’i yang bersifat sunnah dan sa’i tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. Maka rukun ini juga harus dilakukan agar ibadah haji menjadi sah.

5Tahallul – Bercukur atau Bergunting

tata-carasholat.blogspot.com

Tahallul adalah keadaan seseorang yang telah dihalalkan (dibolehkan) melakukan perbuatan yang sebelumnya dilarang selama berihram.

Bercukur adalah salah satu amalan haji atau umrah. Bercukur ini identik dengan amalan tahallul. Bercukur dilakukan dengan menggunting minimal 3 helai rambut dan disunahkah mencukur bersih atau menggunduli.

biayaumroh.net
biayaumroh.net

Bila seseorang sudah tahallul awal, maka boleh melepas ihramnya dan telah terbebas dari larangan-larangan ihram kecuali melakukan hubungan suami-istri.

6Tertib

travelumrohhaji.traveljabalrahmah.com

Tertib berarti menertibkan rukun-rukun haji tersebut. Artinya, rukun haji harus dilakukan berurutan, dimulai dari niat (ihram), wukuf, tawaf, sai, dan menggunting rambut. Niat adalah pekerjaannya hati. Mengucapkan niat hukumnya sunnah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here