Hai guys? Sudah tahu tentang rukun iman belum? Tentu buat kamu yang beragama islam dan sudah baligh (dewasa) harus tahu lho tentang rukun islam ini.

Yup, rukun islam merupakan dasar dari ajaran islam sendiri, ia merupakan kegiatan yang harus dilakukan jika masuk ke dalam agama islam.

Hampir di semua sekolah dasar di ajarkan rukun islam ini, juga di taman pendidikan alquran atau di pondok pesantren buat anak, secara memang rukun islam ini sangat penting bagi pemeluk agama islam.

Kalau ngaku islam tapi tidak tahu tentang rukun islam, wah itu lucu namanya. Padahal setiap hari harus melakukan kegiatan rukun islam itu sendiri.

Buat kamu yang pengen tahu lebih jelasnya tentang rukun islam, yuuk di simak di bawah ini guys.

1Syahadat

rukun-islam.com

Rukun islam yang pertama dan wajib di jalankan oleh pemeluk agama islam adalah syahadat atau juga bisa di sebut pengakuan. Dimana seseorang harus mengakui keberadaan ALLAH sebagai Tuhan dan Muhammad sebagai rasul.

Pengakuan ini harus di ucapkan secara lisan dan diyakini dalam hati. Dalam pengakuan ini harus diketahui orang muslim lainnya juga lho guys, tidak boleh diam-diam saja. Dalam pengakuan pun harus penuh keikhlasan, kejujuran dan kesadaran hati.

Syahadat itu sendiri berbunyi dalam bahasa arab “ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH.” yang artinya “aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain ALLAH dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad utusan ALLAH”.

Dengan mengucap syahadat maka seseorang dikatakan resmi masuk agama islam dan harus mengerti serta menjalankan semua kosuekwensinya.

2Sholat

blog.debusana.com

Rukun islam yang kedua adalah sholat, dimana sholat ini merupakan kegiatan yang paling utama dalam agama islam.

Ibadah yang di pertama di hisab di akhirat nanti adalah sholat, bukan yang lain dan inilah yang menentukan perjalanan iman dan amal seseorang.

Sholat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu sholat wajib dan sunnah, yang wajib itu sholat 5 waktu dalam sehari. Yaitu Subuh, dhuhur, asar, magrib dan isya.

Untuk sholat sunnah banyak sekali, ada sholat dhuha, sholat lail, sholat tarawih, witir dan sebagainya.

Setiap muslim di wajibkan untuk sholat 5 waktu dan ini merupakan aturan dalam islam, jika tidak menjalankan berarti resikonya di ceburkan ke dalam neraka, apapun kebaikan yang dilakukannya selama hidup di dunia, tapi tanpa sholat semua akan sia-sia.

Perlu kita ketahui bersama guys, panasnya neraka itu 70 kali panas di bumi lho, ngeri kan? Tentu kita tidak mau kan merasakan panas yang seperti itu, panas api bumi saja sudah luar biasa apalagi 70 kalinya.

Makanya kamu yang beragama islam jangan tinggalkan sholat ya.

3Puasa

abiummi.com

Rukun islam yang ketiga adalah puasa atau bisa di sebut Shaum. Puasa merupakan ibadah bagi orang islam yang mempunyai 2 hukum, yaitu wajib dan sunnah.

Untuk yang wajib, hanya dilakukan di bulan ramadhan, sedangkan yang sunnah banyak sekali. Mulai dari puasa senin kamis, puasa waktu tertentu dan puasa-puasa yang lainnya.

Pengertian puasa itu sendiri yaitu menahan segala nafsu dan keinginan dari terbit fajar sampai terbenam matahari, bisa juga menahan sesuatu yang dapat membatalkan puasa, contoh makan, minum, berhubungan badan dan lain sebagainya.

Ibadah ini manfaatnya banyak sekali untuk umat islam, mulai dari kesehatan, penghematan, berbagi pengahpusan dosa dan tentunya yang paling penting adalah taat kepada ALLAH, untuk meraih ridho ALLAH SWT.

4Zakat

frewaremini.com

Yang keempat adalah zakat, dimana zakat ini merupakan ibadah umat islam yang harus dijalankan untuk orang tertentu. Zakat bisa di artikan suci, bersih atau membersihkan. Salah satu tujuan zakat itu sendiri adalah membersihkan harta atau penghasilan kita.

Banyak sekali manfaat zakat bagi kehidupan pribadi maupun sosial, salah satu manfaaat sosial adalah mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat.

Zakat itu sendiri terbagi beberapa jenis yaitu zakat fitrah dan zakat maal, untuk zakat fitrah itu diserahkan ketika sebelum hari raya idull fitri, untuk zakat maal itu dikeluarkan rata-rata tiap bulan.

Yang mencakup zakat maal adalah hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri dan wajib tidaknya tergantung hasilnya itu.

5Naik Haji

aktualita.co

Naik haji merupakan rukun islam yang kelima, dimana naik haji ini memang hampir di wajibkan, karena sangat penting sekali ibadah ini bagi umat islam.

Naik haji harus pergi ke negara arab, karena hanya disanalah tempat untuk naik haji. Naik haji sendiri harus bertemu Kabbah atau Baitullah, yang artinya rumah ALLAH. Dan hanya di negara Arab, kota Makkah tempatnya.

Dengan kondisi muslim yang tersebar ke seluruh penjuru dunia, tentu perlu biaya yang besar untuk pergi ke kesana, secara kondisi ekonomi muslim tidak sama atau tidak semua punya uang jadi naik haji ini hanya diwajibkan bagi yang mampu saja.

Itulah guys, macam-macam rukun islam yang wajib kita tahu dan menjalankan, semoga yang sedikit ini bermanfaat ya.