baymonttampa.com

Hendak Menikah? Pahami Dulu 5 Rukun Nikah dalam Islam Berikut Ini

Posted on

Rukun adalah sesuatu yang diwajibkan ada untuk mengukur apakah sesuatu yang dirukunkan itu bisa menjadi sah atau tidak.

Selain rukun iman dan rukun islam yang kita ketahui dalam agama Islam, sesungguhnya ada banyak lagi rukun-rukun yang perlu umat Muslim tak hanya ketahui namun juga pahami terlebih dilaksanakan dengan benar.

Di antaranya ada rukun haji, rukun puasa, rukun wudhu, dan sebagainya. Salah satunya adalah juga adanya rukun nikah.

Nah, bagi yang hendak menikah, atau masih dalam tahap ikhtiar dalam mendekat ke arah jodoh, sebagai umat Muslim kita wajib memahami apa itu rukun nikah.

Dan harus mulai kita siapkan mulai dari sekarang agar pada saat menjelang pernikahan kita siap dalam memenuhinya, agar pernikahan sah di hadapan Allah dan juga Negara.

Yang pertama adalah adanya mempelai pria. Ya, memang pernikahan adalah antara dua hamba Allah bukan mahram dan berbeda jenis kelamin tentunya.

Pria ini kelak yang akan menjadi imam dalam rumah tangga, yang akan member nafkah pada isteri dan anak-anaknya, menjadi pelindung, sekaligus laki-laki yang siap mengajak isteri dan anak-anaknya menuju syurgaNya.

Yang kedua adalah adanya mempelai wanita. Dimana ada mempelai pria maka harus ada mempelai wanita. Yang akan menjadi makmum dan berjalan di samping suaminya kelak.

Dari rahim wanita ini kelak akan lahir para penerus peradaban Islam dan dari tangannya diharapkan bisa menjadi madrasah terbaik bagi anak-anaknya, dan penggenggam erat tangan suaminya dalam perjalanan menuju syurgaNya.

Yang ketiga adanya wali yang adil, yaitu seseorang yang akan menikahkan kedua mempelai tersebut. Baik dari Ayah mempelai wanita, atau keluarga mahram Ayahnya, atau wali hakim.

Yang keempat adanya dua saksi yang adil dan bisa dipertanggungjawabkan persaksiannya tentang pernikahan tersebut kelak jika terjadi sesuatu.

Dan yang terakhir adalah adanya ijab dan qabul. Dimana itulah puncak dari sah-nya suau ikatan janji pernikahan di hadapan Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *