Rumah biasanya menyesuaikan kesenangan pemiliknya. Jika kita suka alam yang sejuk, pasti akan memilih rumah di daerah tinggi, bila senang dengan budaya jawa, rumah tradisional joglo jadi pilihan.

Tapi bagaimana dengan orang yang suka travelling? Rumah seperti apa ya yang pas buatnya? Nah, ide gila Patrick Schmidt mungkin layak juga diikuti bagi yang suka jalan-jalan.

Patrick bersama ayahnya menyulap sebuah bus sekolah menjadi hunian yang begitu cantik. Tapi bukan sembarang rumah, rumah ini tetap berfungsi sebagai bus yang bisa berjalan keliling kota.

Setelah tiga bulan memodifikasi bus sekolah menjadi karavan, Patrick dan ayahnya memutuskan untuk berkelana mengunjungi 30 negara bagian di Florida, AS. Saat ini mereka telah menjalankan bus karavan itu hingga 10.000 mil.

Kedepan Schmidt berencana tinggal di Florida hingga bulan Maret 2016, kemungkinan besar ia akan kembali ke Vegas dan tinggal di Seattle untuk untuk sementara waktu. Dia akan terus berkelana hingga menemukan tempat yang tepat untuk menetap.

Schmidt selalu ingin bertualang, bekerja paruh waktu dan melanjutkan perjalanannya. Begitulah cara hidup yang ingin dijalaninya.

Sungguh pengalaman berkesan telah dirasakan Patrick bersama bus tempat tinggalnya itu. Pengen tahu seperti apa bus sekolah yang dibuat menjadi rumah idaman Patrick, berikut gambar-gambarnya.

1Bus Sekolah Sebelum Diubah

boredpanda.com

Bus ini adalah bus tua yang dirakit tahun 1990, Patrick Schmidt membelinya dengan harga US $4500. Dalam modifikasinya, Patrick menghabiskan dana sekitar US $9000 dan memakan waktu hingga tiga bulan.

2Perbedaan Mencolok

boredpanda.com

Lihatlah perbedaan bus sebelum dan sesudah modifikasi. Benar-benar dirombak total, dari lantai, atap, jendela, juga kursi penumpang telah diubahnya.

Berganti dengan bantal empuk yang banyak, tempat tidur di sebelah jendela, meja makan mungil, sampai shower mini yang keren.

3Mengganti Atap

boredpanda.com

Patrick Schmidt tanpak bersama ayahnya sedang mengerjakan penyempurnaan atap. Gambar kita adalah penampakan bus saat dikosongkan, terlihat perbedaan atap yang sangat jauh.

4Butuh Kesabaran

boredpanda.com

Tiga bulan bukanlah waktu yang sebentar, butuh kesabaran untuk dapat menyelesaikan pekerjaan itu. Peter nampak sedang membersihkan lantai yang sangat kotor.

5Bim Salabim, Disulapnya Jadi Cantik

boredpanda.com

Betul-betul seperti rumah sungguhan jika kamu ada di dalamnya. Dekorasi yang apik dan kombinasi perabot yang begitu cantik.

6Panel Surya Untuk Hemat Listrik

boredpanda.com

Di atas atap bus lengkap dengan panel surya agar bisa menghasilkan listrik. Di bus juga dilengkapi konverter, inverter, baterai, dan kelengkapan lainnya.

7Westafel Ala Bus

boredpanda.com

Tidak ada bedanya dengan westafel biasa. Hanya saja dengan penempatan yang lebih hemat ruang dan berdekatan dengan perabot lainnya.

8Kamar Mandi dan Toilet Kecil

boredpanda.com

Ini wajib ada di setiap rumah, tidak terkecuali rumah bus. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, namun sudah cukup nyaman dan modern.

9Kursi dan Meja Untuk Bersantai dan Makan

boredpanda.com

Memang dalam ruangan yang terbatas, fungsi perabot harus multiguna. Seperti kursi dan meja di atas, selain untuk bekerja, bersantai, juga tempat untuk makan Patrick Schmidt.

Menurut Patrick, hidupnya terasa jauh lebih berwarna saat traveling bersama busnya ini. Ia tak lagi makan terlalu banyak makanan siap saji dan lebih memilih masak sendiri di bus.

Lalu, ia bisa bangun tidur dengan perasaan bahagia karena pemandangan yang indah setiap kali buka jendela. Misal ia sudah bosan dengan pemandangan paginya, Patrick tinggal menyetir bus dan pindah ke tempat yang berbeda.

10AC yang Nggak Kalah Dingin

boredpanda.com

Jangan khawatir akan kepanasan dalam bus yang dilapisi logam. Bus karavan Patrick sudah dilengkapi AC seperti yang ada di rumah-rumah biasa.

11Rak Buku dan Perabot Lain

boredpanda.com

Tampak rak buku, dispenser, dan perabotan lain di dekat kursi supir. Di sebelah kanan, adalah hasil buah karya Patrick yang diperjualbelikan.

12Masih Tampak Seperti Bus Biasa dari Luar

boredpanda.com

Begitu berbeda di dalam, tapi dari luar bus masih tampak sama, juga kelengkapan berkendara yang lengkap.