Rumah merupakan sebuah bangunan yang dibuat untuk menjadi sebuah tempat tinggal. Bangunan ini dibuat dengan tujuan dapat menimbulkan kenyamanan bagi penghuni yang akan menempatinya.

Beberapa orang ingin membuat rumah mereka terlihat cantik dan menarik bila dilihat dari kejauhan, sehingga mereka akan mendesain rumah sebaik mungkin supaya hasilnya tidak mengecewakan.

Namun, jika kamu ingin membuat rumah yang cantik tetapi tetap bernuansa tradisional, Indonesia memiliki rumah adat yang tak kalah cantik yang dapat kamu gunakan sebagai referensi.

Berikut ini 7 rumah adat yang cantik dan futuristik dari provinsi di Indonesia.

1Rumah Gadang

id.wikipedia.org

Rumah gadang atau rumah godang merupakan nama rumah adat Minangkabau dari provinsi Sumatera Barat. Sudah pasti rumah ini terletak di Minangkabau.

Akan tetapi tidak semua kawasan yang berada di Minangkabau boleh mendirikan rumah adat ini, hanya kawasan dengan status sebagai nagari saja yang boleh mendirikan rumah gadang.

Rumah gadang yang digunakan sebagai tempat tinggal bersama ini memiliki ketentuan-ketentuan tersendiri. Saat membangun rumah, jumlah kamar dibuat sesuai dengan jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya.

Perempuan yang telah bersuami boleh memiliki sebuah kamar sendiri. Sementara untuk perempuan tua dan anak-anak tinggal di kamar yang dekat dengan dapur. Untuk gadis remaja, memperoleh kamar di ujung lainnya.

Rumah gadang ini memiliki bentuk puncak atap yang runcing dan menyerupai tanduk kerbau.

2Rumah Joglo

desainwow.com

Rumah adat dari masyarakat Jawa ini terdiri atas beberapa bagian, yaitu pendapa, pringgitan, dalem, sentong, gandok tengen dan gandok kiwo.

Bagian yang paling depan dari rumah joglo disebut pendapa, biasanya ruangan ini cukup luas dan didirikan tanpa adanya sekat-sekat.

Sedangkan pringgitan adalah bagian penghubung antara pendopo dan rumah dalem. Antara bagian pringgitan dan pendopo biasanya dibatasi dengan gebyok.

Pringgitan ini biasanya digunakan sebagai ruang tamu. Lalu bagian dalem merupakan tempat untuk bersantai keluarga dan bersifat lebih pribadi.

3Rumah Panjang

www.antaraya.com

Rumah panjang merupakan ciri khas dari masyarakat Dayak yang tinggal di daerah Kalimantan Barat. Bukan hanya untuk tempat tinggal, rumah panjang juga menjadi pusat kehidupan masyarakat Dayak.

Akan tetapi, rumah panjang saat ini tinggal tersisa sedikit, karena pada tahun 1960, pemerintah menghancurkan rumah panjang yang dicurigai menganut paham komunis.

Rumah panjang dahulu terbuat dari kayu dengan tinggi mencapai 5-8 meter dan panjangnya sekitar 180 meter serta lebar 6 meter.

Dalam rumah panjang terdapat sekitar 50 ruangan, dimana ruangan tersebut dihuni oleh banyak keluarga termasuk keluarga inti.

Ketika ingin memasuki rumah panjang harus menggunakan tangga karena rumah ini dibuat tinggi supaya dapat menghindari serangan binatang buas. 

4Rumoh Aceh

zulrafliadityaofficialblog.wordpress.com

Rumoh Aceh merupakan rumah tradisonal dari Aceh, rumah ini bertipe rumah panggung dengan memiliki 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan.

Bagian itu adalah seuramoë keuë yang berarti serambi depan, seuramoë teungoh merupakan serambi tengah dan seuramoë likôt atau serambi belakang.

Sedangkan bagian tambahannya merupakan rumah dapur atau masyarakat Aceh biasa menyebutnya rumoh dapu. Rumah Aceh ini memiliki atap yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang pusaka keluarga.

5Rumah Panggung

kontemporer2013.blogspot.com

Rumah adat Jambi ini dikenal juga dengan nama Kajang Lejo. Rumah yang terbuat dari kayu ini terbagi menjadi 8 ruangan.

Ruangan yang pertama bernama jogan yang digunakan untuk tempat istirahat dan untuk menyimpan air. Lalu ruangan kedua adalah serambi depan yang berfungsi untuk menerima tamu lelaki.

Sedangkan ruangan ketiga adalah serambi dalam yang dipakai untuk tidur anak lelaki. Ruangan lain adalah amben melintang yang merupakan ruangan keempat, ruangan ini biasa digunakan sebagai kamar pengantin.

Untuk ruang kelima yang bernama serambi belakang digunakan sebagai ruang tidur anak perempuan yang masih gadis. Lalu ruang keenam adalah laren yang berfungsi untuk menerima tamu perempuan.

Ruang berikutnya ruangan ketujuh bernama garang yang digunakan sebagai ruang untuk mengolah makanan dan juga sebagai tempat penyimpanan air. Ruang kedelapan merupakan dapur yang digunakan untuk memasak.

6Rumah Kebaya

kampungbetawifp.blogspot.com

Rumah adat Suku Betawi ini diberi nama rumah kebaya, penamaan kebaya dikarenakan bentuk atapnya menyerupai pelana yang dilipat sehingga menyerupai lipatan kebaya.

Rumah kebaya ini memiliki ciri teras yang luas sehingga dapat digunakan untuk menerima tamu dan menjadi tempat berkumpul keluarga.

Rumah ini memiliki 2 bagian, dimana bagian depan digunakan sebagai ruang yang bersifat semi publik, sehingga semua orang dapat melihat betapa sejuk dan asrinya rumah tersebut.

Lalu bagian kedua ini bersifat pribadi, sehingga hanya boleh dilihat oleh orang-orang terdekat dari si pemilik rumah.

7Rumah Bolon

marpaungrentcar.com

Rumah bolon merupakan rumah adat dari Suku Batak. Rumah ini memiliki bentuk persegi empat dengan tinggi sekitar 175 cm dari tanah.

Karena rumah ini terbilang sangat tinggi, sehingga para penghuni harus melewati tangga dulu sebelum masuk ke dalam rumah.

Rumah bolon memiliki atap yang melengkung pada bagian depan dan belakang sehingga terlihat seperti pelana kuda.

Bagaimana? Cantik-cantik bukan rumah adat yang ada di Nusantara ini?