Setiap orang tentu menyadari bahwa rumah merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Rumah adalah tempat berlindungnya seluruh anggota keluarga.

Sebagian besar orang, berpikiran bahwa membangun rumah butuh biaya besar dan rancangan yang matang. Karena bagi kamu, rumah harus sesuai dengan kriteria dan nyaman ditinggali.

Itu yang dinamakan rumah idaman. Rumah idaman tidak mesti besar dan mewah. Beberapa dari kamu mungkin justru ingin memiliki rumah sederhana tapi elegan dan nyaman.

Terlebih kalau kamu hanya punya lahan terbatas untuk membangun rumah, keberadaan desain rumah minimalis sangatlah penting. Di samping biayanya lebih murah, rumah minimalis juga terbilang unik dan menarik untuk dipandang.

Rancangan rumah minimalis tidak membutuhkan banyak ornamen. Hal tersebut membuat biaya pembangunan malah jauh lebih hemat.

Soal desain, jangan khawatir terlihat buruk. Rumah minimalis zaman sekarang sudah dirancang tetap indah dan cantik di atas lahan terbatas.

Jika kamu berminat memilih rumah minimalis sebagai hunian, simak ulasan dan gambar-gambarnya di bawah ini.

1Rumah Minimalis Gaya Eropa

infobisnisproperti.com

Sebagian wilayah di Indonesia kini mulai mengembangkan desain rumah bergaya Eropa. Desain arsitektur Eropa mulai banyak dipadukan dengan konsep rumah minimalis khas Indonesia.

Bentuk dinding elegan dan keunikan rumah gaya Eropa merupakan daya tarik tersendiri bagi para pencari rumah minimalis. Model rumah gaya Eropa merupakan terapan rancangan rumah klasik gaya kebaratan yang semula memang berkesan mewah.

desainrumahidamanku.xyz
desainrumahidamanku.xyz

Banyak ornamen yang dipakai dalam desain rumah Eropa. Namun, pada rancangan rumah minimalis, ornamennya dikurangi. Bagian ruangan yang dapat didesain bergaya Eropa misalnya, ruang tamu. Bentuknya dirancang menyerupai benteng Eropa di abad pertengahan.

Ruangan yang melingkar dan bentuk jendela pada rumah gaya Eropa merupakan pesona unik yang membuat rumah model ini banyak disukai. Rancangan jendela khas Eropa sangat kental pada rumah minimalis ini.

Adanya panel kaca pada jendela merupakan ciri khusus rumah bergaya Eropa. Bentuknya setengah lingkaran sehingga terlihat menarik.

2Rumah Minimalis Gaya Jepang

rumahcor.com

Rumah minimalis gaya Jepang selalu identik dengan bahan-bahan kayu. Hampir keseluruhan bahan rumah terbuat dari kayu.

Rumah gaya Jepang juga selalu tampak cantik dengan riasan landscape mini di depannya. Bentuk limas bisa menjadi alternatif untuk membuat rumah gaya Jepang yang hemat biaya.

Kamu bisa menambahkan kolam renang atau kolam ikan mini agar rumah terlihat mewah meski sebenarnya minimalis.

Perpaduan gaya rumah panggung dengan rumah minimalis modern juga bisa kamu pakai di lahan sempit. Agar rumah tampak asri, tambahkan ornamen tanaman hias dan pohon di sekelilingnya.

reksanainfo.com
reksanainfo.com

Ada budaya unik di dalam rumah bergaya Jepang, yakni terdapat ruangan khusus tempat menyimpan sepatu dan sandal agar tidak tercampur dengan barang lain. Mereka selalu meletakannya di depan pintu ruang tamu.

Ruang tamu di rumah minimalis gaya Jepang juga sangat multifungsi. Bahkan di Jepang sana, ada yang memakai ruang tamu sebagai kamar tidur juga.

youtube.com
youtube.com

Umumnya, warna cat rumah andalan Jepang adalah putih dan hitam. Efek highlight kental terasa di sini. Orang-orang Jepang berprinsip bahwasanya dekorasi rumahnya harus seharmonis mungkin.

3Rumah Minimalis Gaya Jawa

desainrumahmodern.org

Banyak yang beranggapan bahwa rumah gaya Jawa itu terkesan kuno. Namun, sebenarnya tidak. Justru, rumah Jawa punya keunikan tersendiri yang bisa diadopsi untuk desain rumah minimalis gaya modern.

Adanya rumah minimalis bergaya Jawa tentu menjadi salah satu sarana melestarikan budaya agar tak hilang ditelan zaman. Kini, sudah banyak developer yang mencoba memadukan rumah Jawa dengan konsep rumah minimalis modern.

rumah-minimalis.co.id
rumah-minimalis.co.id

Sentuhan gaya Jawa membuat rumah tampak elegan dan unik, baik dipandang dari depan, samping, maupun belakang. Secara keseluruhan, rumah minimalis bergaya Jawa ini terlihat cantik dan harmonis.