Kemanapun dan sejauh apapun kamu pergi, rumah selalu menjadi tempat untuk pulang. Tak peduli senyaman apapun tempat kamu pergi, rumah tetaplah menjadi tempat ternyaman sedunia.

Canda, tawa, tangis dan lara bersama keluarga telah menjadi warna dalam hidupmu. Rumah idaman adalah rumah yang membuat betah tinggal di dalamnya. Rumah idaman tak selalu identik dengan rumah besar, bertingkat dan mewah.

Berikut beberapa pertimbangan untuk mebangun rumah idamanmu.

1Sesuaikan dengan Budget

teropongbisnis.com

Tak perlu muluk-muluk dalam menginginkan rumah. Diskusikan dengan pasanganmu berapa budget yang dapat dianggarkan untuk membangun rumah impian.

Kamu dan pasanganmu bisa menghitung total penghasilan bersama, kebutuhan sandang dan pangan, kebutuhan pendidikan dan kebutuhan lainnya untuk kemudian menentukan berapa anggaran untuk membangun rumah.

Jika kamu memutuskan untuk berhutang, sesuaikan dengan kemampuanmu. Rumah mewah yang dibangun dengan hutang di luar kemampuan tak akan membuatmu nyaman tinggal disana. Beban hutang yang terlalu berat akan membuatmu sulit tidur.

2Tentukan Konsep Rumah

modelrumahterbaru.com

Ada berbagai macam konsep rumah seperti konsep klasik, kontemporer, viktoria, gotik atau minimalis. Konsep rumah yang saat ini paling digemari adalah rumah minimalis.

Tentukan konsep rumah idamanmu disesuaikan dengan budget yang sudah disepakati dengan pasanganmu. Kamu dapat menyesuaikan budget dan konsep rumah dengan informasi harga bahan bangunan dari internet.

Jika perlu diskusikan dengan arsitek ataupun rekanmu yang paham dalam pembangunan konstruksi rumah.

3Gambarkan Detil Gambar dan Denah Rumah

picturerumahminimalis.com

Gambarkan detail gambar denah rumahmu. Sesuaikan denah rumah dengan konsep yang telah kamu pilih. Akan lebih baik jika kamu menggambarkan dengan detail baik desain interior maupun desain eksterior.

Detail gambar desain interior sangat penting untuk memaksimalkan fungsi setiap ruangan. Adapun desain eksterior dimaksudkan untuk mempercantik tampilan rumah dari luar. Kamu dapat mencari reverensi dari majalah maupun internet.

Dalam menggambar detail denah, pertimbangkan jendela dan ventilasi. Ventilasi berperan dalam sirkulasi udara segar. Selain itu, sebaiknya kamu memilih atap yang tinggi agar sirkulasi udara lebih baik.

4Pilihlah Perabotan Multi Fungsi

rumahkecilminimalis.com

Meskipun kamu memiliki anggaran yang berlebih, namun janganlah membeli berbagai perabotan yang tidak bermanfaat. Pertimbangkan nilai kemanfaatan dari furniture yang kamu beli. Akan lebih baik jika kamu memilih perabotan yang memiliki fungsi ganda.

Pembelian perabotan yang tidak bermanfaat hanya akan menghambur-hamburkan anggara. Selain itu terlalu banyak perabotan yang tidak bermanfaat akan membuat rumahmu terasa sempit meskipun sebenarnya luas.

5Padukan Warna Cat Rumah, Lantai dan Perabotan

gambarrumahminimalis.info

Kamu dapat memilih dan menentukan warna cat rumah, lantai dan perabotan sesuai dengan kesukaanmu dan pasanganmu. Namun demikian, sesuaikan warna cat rumah dan perabotan dengan konsep awal. Hindari pemilihan warna yang sangat mencolok dan saling bertabrakan.

Apabila kamu memilih wallpaper untuk mempercantik dinding rumahmu, hindari pemilihan wallpaper yang terlalu besar dan terlalu ramai hingga memenuhi dinding rumahmu. Jangan lupa sesuaikan juga dengan konsep rumahmu untuk wallpaper yang kamu pilih.

Warna dan motif keramik pada lantai juga sangat penting untuk diperhatikan. Apabila rumahmu tak memiliki ruangan yang cukup luas, sebaiknya pilihlah keramik dengan ukuran kecil.

Selain itu, warna yang cerah akan memberikan kesan yang lebih luas dibandingkan warna yang gelap.

akhwatindonesia.net
akhwatindonesia.net

Demikianlah beberapa pertimbangan sebelum kamu membangun rumah idaman. Namun, demikian rumah idaman yang paling penting adalah rumah yang dipenuhi dengan cinta dan kasih sayang setiap anggota keluarga.

Cinta dan kasih sayang akan membuatmu nyaman dalam melepas penat dan lelah.

SHARE