Setiap orang pasti punya mimpi untuk punya rumah. Namun, membangun rumah, biayanya tidaklah murah. Kamu butuh waktu lama untuk mengumpulkan biaya pembangunan, kecuali jika kamu seorang jutawan.

Bagi kamu yang hanya bekerja sebagai karyawan bulanan, membangun rumah dengan biaya sendiri membutuhkan tabungan bertahun-tahun. Solusinya, kamu harus membeli rumah kredit atau KPR.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah KPR, perhatikan dulu 7 trik berikut ini. Jangan sampai kamu salah pilih, ya.

1Lihat Siapa Developernya

popeti.com

Hal pertama yang harus kamu cari tahu adalah siapa developer atau pengembangnya. Upayakan memilih developer yang sudah punya reputasi baik di masyarakat.

Kamu harus berhati-hati karena banyak developer yang membangun rumah hanya sekenanya saja. Bangunan kurang kokoh dengan material seadanya. Kamu tidak hanya rugi biaya, tetapi juga membahayakan keselamatan kamu dan keluarga.

2Mencari Perbandingan Harga

popeti.com

Saat memilih rumah KPR, cari tahu sebanyak mungkin harga rumah KPR dari berbagai macam pengembang. Kamu harus punya banyak data developer dan harga yang ditawarkan. Bandingkan dan pilih yang terbaik.

3Periksa Fasilitas yang Diberikan

dijualrumahjogja.com

Pastikan rumah yang akan kamu tinggali sudah lengkap atau siap huni. Periksa apakah sudah tersedia listrik, PDAM, gorong-gorong, saluran air dan lain-lain. Lihat juga denah dan rencana kontruksi bangunannya.

4Mintalah Detail Harga

calisthaproperty.com

Ini bagian paling vital sesudah kamu menemukan lokasi dan rumah yang kamu inginkan. Segeralah meminta rincian harga yang akan kamu keluarkan. Perhatikan berapa uang mukanya, biaya administrasi dan lain-lain.

Jangan lupa mintalah kepastian kapan sertifikat dan IMB akan diserahkan. Pastikan pula mereka membangun sesudah uang muka dibayarkan.

5Rumah dan Lokasi Harus Sesuai

raywhiteprominence.com

Sebelum membeli rumah, kamu pasti akan diberitahu tentang bentuk rumah dan letaknya. Upayakan kamu melihat langsung lokasinya. Sesekali ketika rumah sudah mulai dibangun, tengoklah rumahnya.

Pastikan, apakah rumah yang ditawarkan sama dengan yang sedang dibangun. Jangan sampai kamu tertipu dan mendapatkan rumah yang tidak sesuai.

6Berikan Uang Booking

tamanharapanpermai.blogspot.com

Kalau kamu sudah merasa pas dengan rumahnya, segera berikan uang booking atau tanda jadi. Biasanya, harga rumah KPR dapat berubah tanpa pemberitahuan.

7Perhatikan Suku Bunga

annieland8.blogspot.com

Sudah yakin dengan pilihanmu? Sekarang saatnya membayar uang muka. Bayarkan sesuai perjanjian.

Namun, sebelum kamu menyerahkan uang muka, tanyakan dulu suku bunganya. Apakah flat atau berubah menyesuaikan suku bunga bank. Sebaiknya, pilih rumah KPR yang suku bunganya flat agar tidak merugikan kamu.

8Pilih Masa Angsuran Sesuai Kemampuan

tembuspandan.com

Rumah yang dijual secara kredit biasanya menawarkan masa angsuran minimal 5 tahun dan paling lama 20 tahun. Semakin lama masanya, memang angsurannya semakin murah. Tapi, lihat juga suku bunganya.

Jika suku bunganya flat, tidak akan rugi. Namun, jika suku bunganya tidak menentu, ambil angsuran paling minimal agar biaya yang kamu keluarkan tidak semakin banyak.

Itulah tadi beberapa trik ketika memilih rumah KPR. Mungkin di antara kamu ada yang bertanya, mengapa harus membeli kredit? Apa sih keuntungannya?

Manfaat membeli rumah secara kredit, antara lain kamu tidak perlu punya uang ratusan juta rupiah untuk bisa punya rumah. Kedua, kamu tidak perlu menunggu waktu selama bertahun-tahun. Terakhir, rumah tersebut bisa kamu jadikan investasi jangka panjang.

Rumah KPR bisa lho dikontrakan. Lumayanlah, kamu dapat pemasukan jutaan selama setahun penuh. Kalau memang ingin menjual, rumah KPR bisa dijual kembali dengan harga yang sesuai.