Memiliki rumah adalah impian tiap orang. Apalagi jika orang tersebut telah berkeluarga. Kebanyakan orang memilih jalan pintas dengan membeli rumah kredit atau KPR.

Nah, bagaimana jika kamu ingin membangun rumah sendiri tapi budget yang tersedia hanya 50 juta? Bagi sebagian orang, ini hal yang tidak mungkin. Harga perumahan tipe 36 saja mencapai 100 juta lebih.

Nothing impossible! Trik-trik berikut ini akan membantu kamu untuk membangun rumah idaman.

1Rumah Berbentuk Kotak Simetris

modelrumahminimalis.com

Rumah berbentuk kotak akan menghabiskan material lebih sedikit dibandingkan rumah dengan banyak lekukan. Rumah seperti ini harus dibagi menjadi beberapa ruang yang simetris juga.

Jika rumah banyak lekukan akibatnya pengerjaannya lebih rumit dan membutuhkan banyak material.

Atap rumah kotak simetris bisa berbentuk pelana atau perisai. Biayanya akan jauh lebih murah. Dapat juga berupa atap miring searah

2Ukuran Antar Ruangan Tidak Terlalu Besar

modelrumahminimalis.com

Selain bentuk rumah yang kotak simetris, ukuran ruangan di dalamnya pun harus demikian. Ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Misal, kamar untuk satu orang, jangan dibuat ukuran kamar dua orang.

3Atap Rumah dari Asbes

infobisnis.com

Pemilihan bahan atap sebaiknya terbuat dari asbes. Penggunaan asbes tidak akan memakan biaya besar. Pasalnya, asbes tidak membutuhkan susuk dan reng yang terlalu banyak.

4Memanfaatkan Material Lokal

aproperti.com

Material lokal untuk bahan bangunan bisa kamu dapatkan dari lingkungan sekitar. Selain biayanya lebih murah, kamu juga hemat energi. Misalnya, untuk rangka kamu menggunakan bambu dan kayu kelapa.

Bahan dinding menggunakan batako. Jika ingin lebih hemat lagi, dindingnya dibuat setengah batako dan setengah anyaman bambu atau triplek. Untuk lantai, cobalah memanfaatkan keramik bekas yang ada di sekitarmu.

5Tidak Perlu Gunakan Jasa Pemborong

penulishidupku.com

Memakai jasa pemborong memang praktis. Kamu langsung terima jadi saja. Tapi, lebih baik kamu gunakan jasa tukang.

Artinya, kamu sendiri yang menjadi mandor proyek pembangunan rumahmu. Cari tukang atau kuli yang kamu kenal dan mengerti detil tentang bangunan.

Dengan demikian, kamu lebih hemat pengeluaran dan rumahnya sesuai dengan impianmu.

6Dinding Batako atau Tanpa Finishing

infobisnisproperti.com

Dinding tidak perlu dicat. Tonjolkan saja bentuk aslinya. Misalnya, kamu pakai batako, biarkan saja batako itu terlihat.

Kalau menggunakan batako, yang penting batako itu tersusun rapi. Rumahmu akan tetap cantik meskipun dindingnya belum ditutupi elemen lain.

Dinding batako biasanya hanya diplester saja, sedangkan dinding dari bata merah tetap terlihat unik.

7Rumah Terbuat dari Bambu Senilai 30 juta

3.bp.blogspot.com

Bambu telah dikenal memiliki batang yang cukup kuat dan tahan lama. Bila diawetkan, bambu bisa bertahan lebih dari 15 tahun. Tanaman bambu mudah ditemukan dan harganya relatif murah.

Biaya membangun rumah bambu jika menggunakan jasa pemborong kisaran 20-55 jutaan. Murah bukan? Apalagi jika kamu menggunakan tenaga sendiri, pasti lebih hemat.

Rumah bambu memiliki banyak kelebihan, diantaranya tahan gempa. Bagi kamu yang tinggal di daerah rawan gempa, ada baiknya membangun rumah dari bambu saja. Bambu tidak akan runtuh atau retak terkena gempa.

Di negara Jepang sana sudah banyak yang menggunakan bambu untuk bahan rumah. Kalau di Indonesia, kamu bisa menyaksikan rumah bambu di daerah pegunungan. Meski sederhana, tapi tetap terlihat elegan dan unik bukan?

8Membangun Rumah Kayu

furniturejepara.co.id

Rumah kayu kini sedang populer di Indonesia. Pasalnya, selain murah, rumah seperti ini memiliki keindahan tersendiri. Kayu yang digunakan mulai dari kayu alba sampai dengan kayu jati termahal.

Kalau kamu menggunakan jasa pemborong, pandai-pandailah memilih paket rumah. Biasanya biaya pembangunan dihitung per-meter persegi. Kisaran harganya antara Rp1000.000 sampai dengan Rp2000.000.