Setiap orang pasti ingin memiliki hunian yang nyaman dan enak dilihat. Salah satu hunian yang banyak diminati adalah dengan desain rumah minimalis 2 lantai.

Rumah minimalis 2 lantai banyak diminati karena dapat menggunakan lahan secara efektif. Selain itu kita lebih leluasa untuk mengatur fungsinya.

Nah, perlu diketahui bahwa penambahan balkon pada rumah minimalis 2 lantai akan membuat penampilan rumah menjadi semakin menarik dan mempercantik penampilan rumah.

kumpulandesainrumah.com
kumpulandesainrumah.com

Selain membuat lebih menarik, balkon pada rumah pun memiliki fungsi. Fungsi balkon antara lain untuk memperluas ruang, memperlebar pandangan dan menambah nilai pada desain suatu rumah.

Secara umum desain balkon rumah minimalis 2 lantai memiliki desain terbuka, sehingga penghuni rumah bisa dengan leluasa mendapatkan sinar matahari dan udara segar.

Berikut 5 tips yang oke punya untuk membuat desain balkon semakin cantik dan menarik.

1Potensi Lingkungan Perlu Kamu Perhatikan

idesainrumahminimalis.net

Potensi lingkungan yang perlu kamu perhatikan adalah luas lahan dan kondisi rumah di lingkungan sekitar. Jika rumahmu terletak di daerah yang sempit, maka jangan coba-coba membuat balkon.

Untuk rumah di lahan yang sempit, kamu lebih dianjurkan untuk membuat jendela saja untuk memperlancar sirkulasi udara dan jika ingin melihat pemandangan, kamu bisa buat taman dengan 2 kursi.

Tapi, apabila lahan di sekitar rumahmu luas, maka membuat balkon lebih disarankan, dengan alasan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2Buatlah Ukuran Balkon yang Proporsional

idesainrumahminimalis.net

Setelah kita mumutuskan untuk membuat balkon di rumah kita, maka setelah itu kamu perlu menentukan berapa ukuran yang sesuai untuk balkon yang akan kamu buat.

Apabila lahan di sekitar rumah kamu sempit, maka jangan membuat balkon yang lebar-lebar. Namun, jika lahan lebih luas maka kamu bisa menyesuaikan balkon dengan ukuran luas lahan.

3Arah Matahari Juga Perlu Dipertimbangkan

desainminimalisrumahidaman.blogspot.com

Sebelum membuat balkon, kamu pun perlu memperhatikan arah datangnya sinar matahari. Perhatikan apakah rumah kamu menghadap matahari dari arah timur atau barat.

Jika rumah kita menghadap ke arah matahari, apalagi saat matahari sedang terik-teriknya. Maka kamu disarankan untuk membuat teralis atau atap khusus balkon kamu. Ini bertujuan agar rumah kamu tidak terlalu panas.

4Lihatlah Arah Angin di Sekitar Rumahmu

tatagriya.com

Selain memperhatikan datangnya matahari, kamu pun perlu memperhatikan arah angin di sekitar rumahmu. Tujuannya apa ya memperhatikan arah angin?

Hal ini dikarenakan fungsi balkon merupakan bagian dari rumah yang akan membuat sirkulasi udara di rumah kamu semakin baik. Rumah kamu akan terus terasa segar dengan semilir angin yang berhembus dari balkon rumah kamu.

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-sekali menempatkan balkon di arah yang sejajar dengan arah angin. Hal ini tidak bisa membuat kamu merasakan angin semilir yang berhembus masuk ke arah rumah kamu.

Jika kamu memaksakan membuat balkon dengan arah yang sesajar dengan arah angin, maka bersiaplah merasakan kepanasan dan kamu akan cepat berkeringat walaupun hanya berdiam diri di dalam rumah.

5Polusi Udara dan Kondisi Transportasi

lantairumahminimalis.com

Tips yang terakhir untuk membuat balkon rumah minimalis 2 lantai kami lebih nyaman dan segar adalah dengan tidak menghadapkan rumahmu ke arah jalan. Apalagi jika jalan di depan rumahmu adalah jalanan yang transportasinya padat.

Apabila balkon rumahmu menghadap ke arah jalanan yang ramai, maka kamu tidak akan terhindar dari bunyi dan polusi udara yang tidak baik untuk kesehatanmu.

Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan membuat balkon yang tidak menghadap jalan raya. Selain itu kamu juga bisa membuat balkon yang lebih menjorok ke dalam rumah.