Punya rumah mewah pasti jadi idaman semua orang. Tapi, sebuah keinginan tidak serta merta bisa terwujud kan? Keinginan kadang hanyalah sebuah harapan, namun pada kenyataannya seringkali terbentur dengan fakta berupa kondisi keuangan.

Tapi bagi kamu yang belum bisa kebeli rumah mewah, kamu tidak perlu berkecil hati. Rumah sederhana berukuran kecil yang kamu miliki pun perlu kamu syukuri, karena prinsipnya hidup itu seperti koin yang punya dua sisi, setiap kekurangan pasti ada kelebihan.

Lalu, apa hubungannya prinsip tersebut dengan jenis rumah yang kamu punya? Jawabannya ada pada sebuah perenungan. Perenungan tentang kelebihan memiliki rumah sederhana nan mungil.

Memangnya ada ya kelebihan punya rumah sederhana? Ya tentu ada dong! Ingat kembali bahwa setiap kekurangan pasti ada kelebihannya. Kalau kamu nggak percaya, langsung kita lihat yuk keuntungan memiliki rumah sederhana berukuran kecil!

1Harga Lebih Terjangkau

bareksa.com

Kamu pasti ingin sekali kan cepat-cepat pisah dengan orang tua atau mertua? Walaupun gratis, tinggal sama orang tua itu tetap aja nggak seenak tinggal di rumah sendiri. Jadi kalau kamu nunggu uang kamu cukup untuk beli rumah mewah, pindahnya mau kapan?

Salah satu solusi untuk bisa cepat mandiri adalah dengan membeli rumah sederhana berukuran kecil. Kenapa begitu? Soalnya harganya jauh lebih murah dan lebih terjangkau dengan kantong kita.

2Hemat dan Mudah Merawatnya

desaindesainrumah.com

Punya rumah berukuran kecil itu berasa menyenangkan ketika kita merawatnya. Energi yang kita butuhkan untuk membersihkan tidak terlalu banyak dan tidak membutuhkan waktu lama.

Selain itu, kita pun bisa lebih berhemat, misalnya saja ketika akan mengecat ulang rumah, karena luas permukaan dindingnya segitu-gitu aja. Coba kalau punya rumah yang luas, pasti banyak mengeruk dompet kita deh.

3Lebih Dekat dengan Anggota Keluarga

abiummi.com

Kedekatan dengan anggota keluarga seringkali menjadi sebuah permasalahan. Banyak orang yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, mengeluhkan buruknya kedekatannya dengan anggota keluarga, misalnya dengan anak.

Tapi, kalau rumah kamu kecil, dijamin secara fisik kamu bakal dekat dengan seluruh anggota keluarga. Gimana nggak, ruangannya aja dekat-dekatan. Selain itu berdiri di pojok mana pun kamu, kamu pasti bisa liat anggota keluargamu.

4Nggak Perlu Banyak Belanja Furniture

qlook.kinja.com

Keterbatasan ruang gerak di rumah kamu yang mungil akan menyebabkan penurunan hasrat untuk membeli banyak furniture di rumah. Soalnya kalau sering-sering beli furniture, nanti mau diletakkan di mana? Bingung kan nantinya?

Kalau kamu nggak perlu banyak beli furniture, uang yang kamu miliki pasti lebih aman. Kamu bisa lebih fokus mengalokasikan dana kamu untuk investasi atau pun menabung. Solutif kan!

5Mendekorasi Rumah Jadi Lebih Mudah

desainrumahkeren.com

Rumah yang indah pasti hasil dari usaha yang kamu lakukan untuk mendekorasinya kan? Nah, kalau rumah kamu kecil, kamu dapat dengan leluasa menambahkan ornamen.

Kok leluasa, kan rumahnya sempit? Soalnya kamu bisa lebih mudah berkesperimen. Kalau terlalu luas kan agak ribet juga. Selain itu, kalau dekorasinya nggak sesuai, kamu bisa dengan mudah juga menggantinya.

6Lebih Mudah Dijual

jualrumahtanah.wordpress.com

Kita tidak pernah tahu jalan hidup kita ke depan akan seperti apa. Bisa jadi suatu saat nanti kita diberi rezeki yang lebih dan bisa membeli rumah mewah. Selain itu, bisa jadi kita dipindah kerja ke kota nun jauh di sana.

Dengan kondisi-kondisi seperti di atas, maka kamu akan diuntungkan jika memiliki rumah sederhana berukuran kecil. Kenapa? Karena rumah tipe ini lebih mudah terjual. Pasalnya banyak orang yang cari rumah dengan harga miring kan?