Memiliki rumah adalah idaman setiap orang. Terlebih bagi keluarga baru. Tinggal di rumah sendiri tanpa harus mengontrak merupakan langkah pertama membangun rumah tangga.

Namun saat ini kondisi harga rumah sudah gila-gilaan. Biaya beli rumah rasanya tidak terjangkau hanya dengan pendapatan yang segitu-gitu saja.

Langkah paling mudah seseorang untuk mendapatkan rumah adalah melalui KPR. Namun jangka peminjaman yang bisa hingga 20 tahun membuat seseorang berpikir ulang. Soal lamanya pinjaman dan ancaman disita bank jika di tengah jalan angsurannya macet.

Nah berikut ini ada beberapa cara memiliki rumah tanpa harus KPR Bank. Kamu bisa pilih cara mana yang paling besar kemungkinannya dijalankan.

1Investasi

www.poznansky.com

Bagi pekerja kantoran atau berbisnis, cara paling mudah untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak adalah dengan investasi.

Namun pastikan investasi yang kamu jalankan adalah di sektor riil sehingga uang kamu dipastikan berputar menjadi modal.

Jika perusahaan yang kamu pilih cukup bagus dan sehat, bukan tidak mungkin kamu dapat pasif income yang bisa kamu gunakan untuk membeli rumah.

2Dekati Pengembang

typerumahminimalis.info

Baik bisnis maupun kerja kantoran, jaringan atau link itu sangat penting. Termasuk juga dalam membeli rumah. Jika kamu punya jaringan teman-teman yang berbisnis rumah, kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk membeli rumah mereka.

Bisa jadi kamu melobi untuk beli rumah dengan cara mencicil dalam jangka waktu lama sehingga tidak terikat bank. Atau kamu bisa melobi untuk beli rumah tanpa DP dan serba kemudahan lain.

3Nabung Emas

klikkabar.com

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menyisihkan pendapatan dengan investasi emas. Harga emas yang cenderung stabil sangat bagus untuk investasi.

Namun pastikan kamu harus dispilin menyishkan sebagian pendapatan untuk nabung emas. Dan namanya nabung, sama sekali tidak boleh diambil untuk keperluan apapun kecuali untuk beli rumah.

4Patungan Beli Tanah

gambardesainproperti.com

Jika uang kamu tak cukup untuk beli rumah, kamu bisa mengajak beberapa teman dekat yang juga sama sama memerlukan rumah untuk patungan beli tanah.

Dengan patungan, uang yang dibutuhkan per kepala menjadi tidak berat. Setelah beli tanah, secara bertahap kamu bisa mencicil membeli bahan bangunan. Sehingga cukup untuk mendirikan rumah impian kamu sendiri.

5Cari Pemodal

bisnis.liputan6.com

Nah ini bagi orang yang beruntung. Tanpa harus pinjam KPR di Bank kamu cukup mencari seseorang yang memiliki kelebihan harta untuk dipinjami uang membangun rumah.

Orang tersebut bisa jadi orang tua sendiri, mertua, atau keluarga yang punya kedekatan. Sehingga yang jadi pegangan adalah kepercayaan. Kamu bisa pinjam uang dengan cara mencicil tanpa harus khawatir disita oleh bank.

 

SHARE