tangerangblogs.blogspot.com

Rutin Latihan Fisik Bisa Menunjang Penyembuhan Penyakit Diabetes Melitus Lho

Posted on

Diabetes Melitus atau masyarakat sering mengenalnya dengan DM menjadi penyakit mematikan yang banyak diderita oleh masyarakat modern. Ini disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Termasuk diantaranya pola makan dan kurangnya aktifitas fisik.

Penyakit DM terbagi menjadi dua jenis, yaitu DM tipe 1 dan DM tipe 2. Bagi para penderita yang sudah cukup parah, suntik insulin menjadi salah satu cara pengobatan yang diberikan.

Ada 5 dasar pengobatan DM yang dikenal juga dengan pentalogi terapi DM. Kelimanya yaitu diet diabetes, latihan fisik, penyuluhan kesehatan masyarakat, obat-obatan DM dan cangkok pankreas.

Insulin sebagai salah satu obat DM, jika sesuai dengan lima dasar pengobatan DM di atas tentu juga harus diimbangi dengan diet diabetes dan latihan fisik secara rutin. Nah, kira-kira apa saja manfaat dari latihan fisik pada penderita DM? Berikut ulasan singkatnya.

Memperbaiki Metabolisme

duniasehat.co
duniasehat.co

Latihan fisik yang dilakukan 1,5 jam setelah makan memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya dapat berperan memperbaiki metabolisme glukosa, asam lemak dan ketone bodies. Sehingga kebutuhan insulin berkurang dan merangsang sintesis glikogen.

Membuang Kelebihan Kalori

tropicanaslim.com
tropicanaslim.com

Penderita DM yang juga mengalami obesitas tentu lebih rentan mengalami resiko insulin resistance. Karena itulah sangat disarankan untuk melakukan latihan fisik secara rutin untuk dapat membakar kalori dan timbunan lemak dalam tubuh.

Meningkatkan Kadar Kolesterol HDL

mencegahpenyakit.com
mencegahpenyakit.com

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua kolesterol jahat untuk tubuh. ada jenis kolesterol yang baik bagi tubuh, dikenal dengan HDL. Berfungsi menjaga tubuh dari penyakit jantung kororner dan pembuluh darah perifer.

Bagi penderita yang tidak memperhatikan perawatan kesehatan tubuh, biasannya memiliki kadar HDL rendah. Sehingga lebih rentan terserang pennyakit jantung dan pembuluh darah.

Karenanya penting melakukan latihan fisik rutin untuk menurunkan kadar kolesterol total dan tligliserida dalam darah. Hal ini disebabkan pembakaran asam lemak dalam tubuh menjadi lebih baik.

Rasio kolesterol total dibandingkan dengan kolesterol HDL pada orang-orang yang rutin melakukan latihan fisik akan mendekati normal. Yaitu pada angka rasio 4,5 hingga 5.

Merangsang Pembentukan Glikogen Baru

tokoalkes.com
tokoalkes.com

Latihan fisik akan berdampak pada jumlah glikogen pada otot dan hati menjadi berkurang. Sehingga tubuh terstimulasi untuk membentuk glikogen baru. Walau begitu, pastikan persediaan insulin dalam tubuh cukup.

Karena latihan fisik yang dilakukan pada kondisi tubuh yang kurang insulin justru dapat memperburuk keadaan.

Bagaimana Cara Melakukan Latihan Fisik?

jualjaket25761.soup.io
jualjaket25761.soup.io

Latihan fisik pada penderita DM dianjurkan pada 1,5 jam setiap sehabis makan. Cukup dengan menggerak-gerakkan badan selama 5 hingga 10 menit. Tidak perlu ada persiapan khusus dan gerakan khusus.

Dan bagi penderita DM yang juga memiliki obesitas, bisa ditambahkan dengan olahraga di pagi dan sore hari untuk menurunkan berat badan. Lebih penting lagi, konsultasikan kepada dokter, latihan fisik apa saja yang cocok untukmu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *