Setiap orang tua tentu ingin anaknya patuh, baik dan selalu taat pada orang tua, ketika anaknya membantah atau cuek tentu akan membuat orang tua kecewa, untuk itu orang tua harus sabar dan dan bersikap dewasa dalam menyikapinya.

Memang bantahan anak itu kadang perlu bagi mereka, tapi jika dilakukan terus menerus jadinya tidak akan baik bagi anak, anak akan terpola menjadi pembantah dalam segala hal.

Maka dari itu perlu sikap yang bijak dari orang tua agar anak tidak merasa dibiarkan atau dimusuhi. Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa menjadi rujukan jika anak mulai membantah.

1Membantah Karena Perintah Sulit Dilakukan

detikindo.com

Contoh perintah yang sulit dilakukan adalah saat liburan tiba dan anak mempunyai rencana kegiatan liburan bersama teman-temannya, tapi harus ikut orang tua ke rumah nenek, tentu ini hal yang berat bagi anak, kemungkinan besar anak akan membantah.

Sebagai orang tua harus bisa mengukur  apakah perintah kita itu berat atau tidak bagi anak. Jadi sebelum memberi perintah kepada anak, kita sebagai orang tua harus tahu apa rencana anak saat itu, konfirmasi terlebih dahulu  apa yang mau dilakukan saat liburan.

Dengan kemampuan itu akan menghindarkan saling bantah antara orang tua dan anak dan tentunya akan mendesign sebuah perintah yang lebih mudah untuk anak lakukan.

2Saat Kondisi Tidak Ideal

health.detik.com

Jika daam kondisi tidak ideal dan ank terlanjur membantah habis-habisan perintah orang tua, maka saat itu orang tua perlu mengalah sesaat. Tidak ada manfaatnya berbicara dan berlaku keras kepada anak, malah nanti bisa memberi efek buruk pada sikap anak.

Orang tua harus mengambil jeda sejenak, biarkan anak tenang, pilih waktu dan situasi yang tepat unttuk mendiskusikan perintah dan keinginan anak.

Jika setelah diskusi anak tetap membantah maka yang harus dievaluasi adalah cara memberi perintah kepada anak.

3Anak yang Membantah Sesekali

pkspalembang.or.id

Jika anak banyak menurut tapi kadang juga membantah sesekali, orang tua tidak perlu khawatir karena anak seperti itu justru anak yang mempunyai prinsip.

Orang tua jangan terlalu kaku dan jangan terlalu menuruti keinginan anak,  itu mendidik anak untuk mempertahankan prinsipnya dan menghormati prinsip orang lain.

Oleh karena itu orang tua juga harus sadar bahwa semua keinginannya harus dalam konteks kebaikan meskipun sebagian kecil kurang benar dan tepat bagi anak.

Semoga bermanfaat