Guys pada saat haid tentu kita tahu apa saja yang sebaiknya dilakukan, tapi alangkah lebih baik lagi jika kita juga tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan saat haid. Betul tidak?

Yup, pasalnya jika kita melakukan hal-hal di bawah ini, akan memberi pengaruh buruk bagi sistem reproduksi kita. So check this out!

1Olahraga Berat

dailymoslem.com

Did you know Guys? Banyaknya pembuluh darah arteri yang terbuka pada saat haid dapat menyebabkan perlukaan. Nah, kenapa tidak boleh melakukan olahraga berat? Yup, karena olahraga berat dikhawatirkan akan meningkatkan resiko perdarahan yang hebat.

Memang sih, kita akui, tidak semua olahraga akan menyebabkan hal tersebut, tapi sebaiknya pilihlah olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Ketika perempuan sedang dalam siklus bulanannya, biasanya akan merasa lebih lemas, nyeri perut, mual, pinggang pegal-pegal, pening, bahkan ada yang sampai pingsan.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi porsi olahraga yang cukup berat atau sebaiknya pilih saja olahraga ringan seperti jalan santai.

2Berhubungan Seksual

puteriputeri.com

Hubungan seksual yang dilakukan ketika perempuan sedang menstruasi secara tegas dilarang dalam ajaran agama tertentu.

Namun terlepas dari itu semua, sebenarnya secara medis pun berhubungan intim ketika perempuan sedang haid sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan tidak sterilnya organ reproduksi perempuan.

Yang berujung pada infeksi, perasaan tidak nyaman tentunya pada perempuan yang sedang haid, hingga bahaya terburuk sudden death atau kematian mendadak.

3Jangan Terbelenggu Mitos

drzubaidi.com

Hayoo, siapa dari kalian yang percaya dengan larangan memotong rambut, menggunting kuku, dan keramas selama haid? Padahal sampai sekarang pun tidak ada penjelasan secara medisnya Guys.

Kalau dipikir-pikir, bukankah memotong kuku, keramas, dan lain sebagainya itu merupakan kegiatan bersih diri? Ya bukan?

Sedangkan justru pada saat  haid, malah dianjurkan memberi perhatian ekstra pada kebersihan tubuh kita. So, masih percaya dengan mitos-mitos seperti itu?

4Berenang

youtube.com

Secara teori, pembuluh darah yang terbuka dapat mengecil ketika kontak dengan air. Contoh yang gampang adalah seringkali ketika kita terluka lalu dikompres dengan es batu untuk menghentikan perdarahannya.

Nah bedanya di sini Guys, walaupun darah yang dikeluarkan saat menstruasi hanya sekitar 30 cc, tapi kontak dengan air tidak akan menyebabkan darah tersebut terhenti.

Kontak dengan air yang dimaksud di sini di antaranya berenang, menyelam, berendam di bath tub, dan sejenisnya.

Banyak perempuan yang beranggapan bahwa ketika sedang menstruasi darahnya akan berhenti ketika berada dalam air.

Padahal ini salah besar Guys. Selain itu tidak ada yang dapat memastikan apakah air yang digunakan untuk berendam itu steril. Nah, bisa jadi pemicu infeksi bukan?

Yup, itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika perempuan sedang dalam siklus haid. Semoga bermanfaat dan dapat meluruskan anggapan kita yang selama ini salah ya Guys!

SHARE