Memiliki seorang anak, merupakan dambaan bagi semua wanita di dunia ini. Oleh karena itu, saat ia mengetahui bahwa dirinya hamil, maka ia berusaha seoptimal mungkin untuk menjaga janin dalam kandungannya.

Untuk hal itulah, maka ibu hamil perlu tahu aktivitas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Terutama di bulan-bulan tertentu selama kehamilannya. Walaupun tiap bulan bagi ibu hamil adalah bulan yang istimewa dan mendebarkan.

Kenapa mendebarkan? Karena di rahimnya ada janin yang selalu berkembang dari bulan ke bulannya. Dan itu mempengaruhi ibu hami secara langsung, baik pengaruh fisik maupun pengaruh hormonal.

muslimahcorner.com
muslimahcorner.com

Ibu hamil pun perlu tahu, bahwa beda bulan tentunya akan beda lagi ujiannya sebagai calon ibu. Jika di awal-awal kehamilan ujiannya berupa rasa mual yang tak tertahan setiap saat, maka berbeda lagi ujiannya saat usia 7 bulan.

Nah saat usia 7 bulan, ketika ukuran bayi sudah mulai besar, dan perut ibu pun semakin berat, maka ada beberapa hal yang perlu ibu hamil waspadai, apa sajakah itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung kita lihat ulasan berikut yuk!

1Hati-hati Berjalan

youtube.com

Perubahan yang paling dirasakan oleh ibu hamil di usia tujuh bulan adalah perubahan berat badan. Dengan semakin besarnya janin di dalam kandungan, maka berat badan ibu pun akan mengikuti.

Dalam kondisi perut besar dan badan yang semakin berat, maka ibu hamil perlu berhati-hati saat berjalan. Kenapa begitu? Ini dikarenakan keseimbangan si ibu dengan perubahan badannya akan sedikit terganggu.

Jadi saat berjalan, perlu mengatur langkah dengan baik. Jika sampai terjatuh, tentunya akan membahayakan si ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.

2Pre-eklampsia

gigisusu.net

Jika kehamilan kamu sudah memasuki 7 bulan, maka kamu sebaiknya selalu rutin mengecek tekanan darah kamu. Apabila tekanan darah kamu tinggi, maka ini bisa berbahaya bagi kesehatan bayi dan diri kamu sendiri.

Penyakit yang bisa diderita ibu hamil jika terkena pre-eklampsia adalah sakit kepala di dahi, nyeri di antara perut dan dada, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, bahkan sampai ada yang tidak sadarkan diri.

3Kenaikan Gula Darah (Gestasional Diabetes)

obatpenyakitgula.net

Satu hal yang perlu diwaspadai oleh wanita hamil adalah kenaikan gula darah, walaupun persentase wanita hamil yang terkena diabetes sangat kecil.

Efek dari kenaikan gula darah saat kehamilan ini bisa dirasakan saat usia kehamilan 7 bulan. Namun, kondisi diabetes seperti ini bisa dihindari dengan rajin makan makanan berserat, rajin berolahraga dan senantiasa mengontrol berat badan.

4Kelahiran Prematur

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Sering dengar kan kalau ada bayi yang lahir prematur? Nah, biasanya kelahiran prematur itu terjadi di usia 7 bulan nih. Jadi bagi kamu yang sedang hamil di usia ini, tentunya perlu berhati-hati dan waspada.

Banyak faktor yang menyebabkan kelahiran prematur ini, baik itu dari kondisi janin, kondisi ibu selama hamil, kondisi lingkungan dan lain sebagainya. Jadi di usia-usia tersebut, rajin-rajinlah periksa kehamilan kamu ke dokter.

5Kaki Bengkak

farmasimaya.com

Saat usia kehamilan sudah mencapai usia 7 bulan, maka jangan kaget ya jika menemukan bahwa kakimu pada bengkak-bengkak. Hal ini sangat wajar terjadi, karena badan kamu pun bertambah berat.

Jika kamu menemukan kakimu bengkak maka yang bisa kamu lakukan adalah melakukan olahraga kaki secara teratur. Hal ini bisa dilakukan dengan rajin menggerakkan kaki atau berenang dang berjalan di dasar kolam.