Ketika pernikahan terpisah  oleh jarak, memang tidak  menyenangkan. Hidup terpisah dari pasangan bukan berarti karena adanya percekcokan namun karena keadaan yang mengharuskan mereka untuk hidup terpisah dalam sementara waktu.

Banyak hal yang melatar belakangi hal itu, mungkin ada yang suaminya bekerja di luar kota atau luar negeri, sedang menempuh pendidikan di luar negeri, bisa juga karena sang suami bekerja di tengah laut sehingga tidak memungkinkan untuk membawa anak dan istrinya.

Kedaan seperti itu tidak bisa disalahkan. Adalah keegoisan jika kita memberi ‘cap negatif’ atas hubungan pernikahan orang-orang yang dipisahkan oleh jarak.

Meskipun kita juga tahu bahwa hidup terpisah dari pasangan bukan berarti tanpa resiko. Sebab hubungan tersebut tentu sudah dipertimbangkan dengan masak-masak. Jarak tersebut hanya sementara, semua pasangan pastilah menginginkan untuk hidup bersama.

Lantas bagaimana caranya untuk menjaga hubungan pernikahan agar tetap baik-baik? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan bagi pasangan hidup yang berjauhan supaya bisa menjaga hubungan pernikahan tetap langgeng dan Harmonis.

Saling Percaya

18 trust
percayabijak.blogspot.com

Menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan salah satu kuncinya yakni senantiasa saling percaya. Kepercayaan memang memegang peran penting, jika tidak memiliki kepercayan terhadap pasangan maka perasaan was-was akan menghampiri diri kita.

Kita harus selalu berpikiran positif dan menghindarkan diri dari kecurigaan yang tidak beralasan. Saling percaya juga harus diiringi dengan menjaga kepercayaan.

Komunikasi

18 komunikasi
www.pizna.com

Selain kepercayaan, menjaga komunikasi adalah hal yang sangat penting. Sering-seringlah berkomunikasi dengan pasangan, bisa melalui pesan singkat dan melalui video call.

Sekarang teknologi sudah maju, kamu bisa memanfaatkannya, meski kalian tidak berada dalam satu tempat tapi melalui viedo call kalian bisa saling bertatap muka.

Ciptakan kualitas komunikasi yang baik sehingga hubungan kalian tetap mesra dan harmonis.

Jadwalkan Pertemuan

kiki widyasari melepas sang suami
www.zonasatu.co.id

Jangan terlalu lama berpisah jika memungkinkan 2 bulan sekali, lebih sering bertemu akan lebih baik. Memang membutuhkan banyak pengorbanan untuk dapat bertemu dengan pasangan kita.

Menjelaskan Kepada Anak-anak

18 ibu anak
tripuspitarini.wordpress.com

Jika kamu telah mempunyai anak-anak, berikanlah penjelasan pada mereka mengapa kamu dan pasangan hidup terpisah, berikanlah alasannya.

Yakinkan pada mereka bahwa ini hanya semnetara saja, nanti pasti kalian dan anak-anak berkumpul bersama. Bagiamanapun juga, anak-anak tetap harus tumbuh dalam pantauan kedua orang tuanya.

Setiap kali kamu melakukan komunikasi dengan pasangan libatkan anak-anak, ajaklah mereka mengobrol juga dengan pasanganmu yang berada jauh, kecuali ada hal yang harus dibicarakan berdua saja.

Mengatasi Gairah Seks yang Timbul

18 pasangan
artikel.masjidku.id

Inilah salah satu konsekuensi dari hidup berjauhan dari pasangan, yakni tidak bisa menyalurkan seks yang bisa timbul dalam kurun waktu tertentu.

Jika gairah tersebut muncul sedang pasanganmu belum kembali, segera alihkan ke hal-hal yang positif, seperti olahraga, jalan-jalan bersama anak-anak, atau mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan, meski kalian hidup terpisah untuk sementara waktu, pernikahan kalian akan tetap baik-baik dan harmonis.

Yang perlu diingat bahwasanya pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan harus dijaga keutuhannya.

Senantiasa saling memegang komitmen pernikahan meski hidup berjauhan maka rumah tangga akan tetap langgeng.