Dalam kehidupan rumah tangga tentu akan dipenuhi dengan beragam pernak-pernik dan masalah. Karena tidak semua alur kehidupan mulus seperti rel kereta api. Sesekali diperlukan “bumbu” penyedap dalam kehidupan ini.

Bagi kamu yang sudah berumah tangga mungkin sudah tidak asing dengan pertengkaran-pertengkaran kecil antara kamu dan suami. Hmm, kalau kamu sudah kehabisan ide untuk meredakan amarahnya, mungkin hal-hal berikut bisa membantumu disituasi tersebut.

1Menjadi Pendengar yang Baik

www.ummi-online.com

Fitrahnya laki-laki adalah sebagai pemimpin, untuk itu dia akan merasa sangat perlu dihargai dan dihormati.

Ketika ia sedang lelah dan mood nya kurang baik, cobalah menjadi pendengar yang baik. Kamu hanya cukup mendengarkan apa yang ia keluhkan dan ia kesalkan dengan baik serta antusias, menanggapi dengan sederhana dan tidak berkesan menggurui.

Bisa jadi memang ada beberapa hal yang sudah lama ia pendam dan perlu di keluhkan. Dengan kamu menjadi pendengar yang baik, dia tidak akan mencari pendengar yang baik lainnya.

2Tetap Tenang dan Tidak Balas Marah

www.ummi-online.com

Hal terpenting adalah diam. Saat mungkin pasanganmu menyebutkan kekuranganmu bersabarlah dan cukup dengarkan. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, so fahami saja ya.

Ambil nafas dan tetaplah berkepala dingin, karena tidak ada gunanya membalas amarah dan kekesalannya dengan amarah pula. Kecuali jika kamu ingin menyulut api dalam rumah tanggamu. Hmm, jangan ya.

3Pergi Sebentar

artimimpi.web.id

Awas, membalas perkataanya dengan amarah akan menambah kemarahannya. Atau menjawab keluhannya dengan cara yang salah alias justru menambah kekesalannya juga akan membuat suasana semakin buruk.

Ada baiknya jika kamu tidak tahu harus berkata apa maka pergilah sebentar. Kamu bisa keluar membelikan makanan kesukaannya, atau coklat dan es krim.

4Tunjukkan Rasa Cintamu

www.ummi-online.com

Setelah suasana agak membaik, selucu apapun dia mengomel tadi jangan sampai kamu tertawakan ya. Ini akan menjatuhkan martabat dan kewibawaannya sebagai laki-laki.

Tapi sebaliknya, peluk dia dan tunjukkan rasa cintamu. Lalu cobalah untuk merendahkan diri dengan meminta maaf darinya, walau pada faktanya mungkin kamu tidak bersalah. Tidak masalah untuk meminta maaf lebih dulu.

SHARE