dewikata.blogspot.com

Yuk Belajar Makna Luar Biasa dari Sabar di Bulan Ramadhan

Posted on

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keistimewaan yang tidak ada di bulan-bulan lainnya dalam satu tahun. Keistimewaan itu salah satunya adalah diwajibkannya umat Muslim untuk berpuasa penuh selama sebulan.

Puasa sendiri adalah ibadah yang tak hanya sekedar menahan lapar dan haus dari tidak makan dan minum seharian. Lebih dari itu sesungguhnya perintah berpuasa adalah untuk menghindarkan manusia dari godaan hawa nafsu.

Itu berarti dalam bulan Ramadhan ada banyak pelajaran atau hikmah yang bisa kita umat Muslim ambil dan jalankan dengan penuh keikhlasan dalam hidup ini, salah satunya adalah tentang makna sabar.

Sabar adalah salah satu sifat yang diperintahkan Allah ada dalam tiap diri hambaNya, namun walau di lisan mudah, sejatinya hanya orang yang benar-benar kuat dan kokoh imannya saja yang mampu melakukan sabar tersebut.

Nah, dari bulan Ramadhan sendiri, sesungguhnya makna sabar seperti apa yang bisa kita ambil hikmahnya?

Sabar, Bagian Terbesar dari Manifestasi Iman

youtube.com

Manusia memang diciptakan Allah tak hanya memiliki akal namun juga nafsu. Dan nafsu tersebut seringkali dipermainkan setan, menggoda manusia, dan menjerumuskan mereka pada kesesatan.

Jangankan dalam menjalankan Islam sesuai syariatnya, dalam hal-hal sepele misal saat mengantri, saat berkumpul bersama teman, atau bahkan saat bersama orangtua, banyak manusia yang tak bisa mengendalikan emosinya.

Sehingga bagi mereka yang benar-benar bisa kuat dan sabar dalam urusan sepele terlebih yang berat untuk menjalankan perintah Allah, maka dapat dikatakan bahwa mereka telah memiliki manifestasi iman yang kokoh.

Dan di bulan Ramadhan, dalam kondisi lapar dan haus, tenaga melemah, dan mungkin juga kondisi udara yang terasa panas, akan dapat memicu amarah atau emosi seseorang. Godaan yang berat sekali ya?

Sabar, Menujukkan Kebaikan Akhlak

asybook.blogspot.com

Seseorang dilihat bukan dari banyak hartanya, cantik atau tampan wajahnya, besar atau kecil badannya, namun dia dilihat dan dihargai dari seberapa baik akhlaknya kepada orang lain.

Akhlak tersebut turunan dari keimanan, keimanan kemudian melahirkan ketaqwaan yang kokoh, sehingga akhlak menjadi pakaian terbaik umat manusia di hadapan manusia lainnya, dan terlebih di hadapan Allah.

Seseorang yang mampu mengendalikan dirinya, nafsunya, amarahnya, adalah dia yang memiliki akhlak yang kokoh, dan pasti tak hanya dicintai Allah namun juga semua manusia yang ada di sekitarnya.

Dan di bulan Ramadhan, sesungguhnya Allah telah memenjarakan semua setan agar tak menggoda umat Manusia, lalu jika masih ada manusia yang tak mampu menahan nafsu dan emosinya, berarti itu semua berasal dari dirinya.

Sabar, Panglima Kokoh Penjaga Seorang Mukmin

boombastis.com

Pada saat bulan Ramadhan, yang biasanya mungkin sering bangun terlambat di pagi hari, harus sabar membiasakan diri bangun jauh sebelum subuh untuk makan sahur.

Lalu harus menjaga diri dari nafsu haus dan lapar, menjaga diri dari melakukan dosa, maksiat, zina, dan memaksa diri untuk berlomba-lomba datang ke masjid menjalankan sholat tarawih dan tadarus Qur’an.

Seandainya hal tersebut tak hanya di bulan Ramadhan, namun terus berjalan sepanjang hidup, maka umat Muslim akan dengan mudah menancapkan kesabaran dalam dirinya.

Jadilah mereka mukmin yang indah akhlak, kokoh iman, dan mulia di hadapan manusia serta Allah.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *