Apa yang kamu rasakan ketika perasaan sebal dan kesal itu mulai datang? Marah atau berusaha bersabar?

Sabar itu memang sulit. Tapi harus kamu coba. Kalau tidak, bisa-bisa hatimu tak pernah merasa tenang karena rasa marah yang terus-menerus. Semua kendalinya ada pada dirimu sendiri.

Jangan salah lho. Perasaan sebal bisa muncul karena hal-hal sepele yang terkesan konyol. Seperti ini contohnya;

1Menghambat Jalan

intisari-online.com

Ketika kamu naik atau turun dari tangga, kemudian kamu sulit sekali berjalan cepat karena ada orang lain di depanmu yang berjalan lambat, maka ada dua kemungkinan yang akan kamu lakukan.

Pertama, kamu akan menunggu di belakang orang itu. Kamu akan berjalan pelan karena merasa tidak enak untuk menyalip. Kedua, kamu nekat mendahului orang itu karena sedang terburu-buru.

2Menunggu Kendaraan Berangkat

jerseyeveningpost.com

Kalau kita naik angkot yang masih sepi penumpang, lalu angkotnya tidak juga berangkat karena menunggu penumpang sampai penuh, sedangkan kamu diburu waktu, itu rasanya sangat menjengkelkan.

Jika kamu tidak bisa terlalu lama menunggu, maka segeralah cari angkutan umum lain yang sudah terisi banyak penumpang supaya kendaraan itu cepat jalan dan kamu tidak perlu membuang waktu untuk menunggu.

3Menonton Tari Bali

tiarahayusman5.blogspot.com

Kamu sangat sebal ketika melihat bagian penari yang melotot. Sedangkan pada saat itu juga kamu menunggu adegan tari selanjutnya yang lebih variatif dari sekadar melotot saja.

Melihat orang menari, khususnya tarian daerah, biasanya membuat bosan. Hal tersebut disebabkan oleh tarian lain yang sudah kita lihat, seperti tarian modern, tarian hip hop, dan semua tarian masa kini, kemudian membandingkan dengan tarian tradisional.

Jelas beda. Tak akan ada yang bisa menggantikan nilai dan kekuatan seni dari tarian tradisional.

4Makan Lolipop

twobearsfarm.com

Melihat teman makan permen terlalu lama rasanya gemas sekali. Apalagi buat kamu yang tidak suka makan permen. Menurutmu, makan permen terlalu lama akan membuat gigi keropos dan rusak.

5Terjebak di Lift

nationalrail.co.uk

Rasanya pengap, apalagi untuk orang yang phobia dengan ruangan kecil. Rasanya seperti kehabisan udara.

Ditambah jika kamu terjebak di lift dengan seseorang yang membuatmu canggung dan sungkan. Dosen atau guru, misalnya. Lalu tiba-tiba kamu ingat belum mengumpulkan tugas. Rasanya pasti ingin cepat-cepat keluar lift.

6Makan Lambat

kintakun-collection.co.id

Kamu dan kawanmu hendak pergi ke suatu tempat dengan waktu yang sudah mepet. Sebelumnya, kalian makan siang. Ketika kamu sudah selesai makan 10 menit yang lalu, ternyata piring temanmu masih penuh.

Lalu ekspresinya saat makan sangat santai sekali. Seolah-olah kalian tidak sedang diburu waktu. Tentu itu rasanya menjengkelkan sekali. Kalau kamu memaksanya makan cepat, bisa saja temanmu itu tersedak dan justru membahayakan.

7Antri Diskonan

antri_teddyandika.wordpress.com

Siapa lagi yang menggemari barang diskonan jika bukan kaum perempuan? Bagi mereka, mengantri selama apapun tidak masalah dan tetap menyenangkan.

Hal paling menyebalkan adalah ketika sudah mengantri berjam-jam, ternyata kehabisan barang yang diincar. Selain kecewa, pasti ada rasa menyesal.

8Orang Lain Salah Menyebut Namamu

jayakusuma23.blogspot.com

Pernahkah kamu bertemu teman yang sudah berkali-kali mengobrol dan berjumpa denganmu tapi tetap tidak hapal namamu?

Ketika ia memanggilmu, maka ia akan memanggil dengan nama orang lain, nama yang salah, bukan namamu.

9Menonton Film India

lautanindonesia.com

Ketika menonton film, biasanya yang membuat bosan adalah film India adegan menari. Durasi adegan tersebut cukup lama. Biasanya, jika cerita film tersebut sangat seru, sebagian orang lebih memilih melewatkan adegan menari.

Tapi kamu tidak bisa asal skip, jika sedang menonton di bioskop. Kalau kamu menonton sendiri di laptopmu, kamu bisa sesuka hati melewatkan bagian tari-tariannya.

10Kamu Sedang Serius, Tapiā€¦

cori200398.wordpress.com

Disaat kamu serius membahas sesuatu, ternyata temanmu membuat lelucon yang tak tepat waktu. Kamu pasti akan mengira dia tidak mendengarkanmu sama sekali.

Padahal, ada sebagian orang dengan kemampuan beragam dalam satu waktu. Misalnya saja, temanmu yang humoris itu. Dia mendengarmu, hanya saja dia sedang bosan dan untuk mengatasi kebosanannya, dia membuat lelucon. Hanya caranya saja yang kurang tepat.

11Cuek

youtube.com

Kamu sedang ingin diperhatikan oleh temanmu, tapi ternyata ekspresi wajahnya cuek sekali. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan buru-buru marah atau tersinggung.

Kamu utarakan saja baik-baik pada temanmu bahwa kamu ingin jalan-jalan bersama, ingin curhat, utarakan semuanya, apa yang kamu inginkan. Karena marah bukan jawaban.

12Gol Seri

brothers-group-eng.com

Menonton pertandingan dengan sahabatmu, dimana kamu menjagokan tim A, sedangkan sahabatmu mendukung tim B.

Lalu tiba-tiba di menit-menit akhir pertandingan, hasil kedua tim sama atau seri. Rasanya seperti ada yang mengganjal dan tentu kamu kecewa berat. Begitu juga dengan sahabatmu.

13Celetukan Farhat Abbas

beranda.co.id

Hati-hati terhadap mulut/lidah. Bagian tubuh yang satu ini tak bertulang, sangat lunak, tapi sekaligus mampu mematikan. Jangan sampai kamu ikut-ikutan melontarkan kata-kata tak baik, meskipun itu hanya lelucon dan celetukan ringan.

Jika ada yang sakit hati bahkan sampai membawa masalah ini ke meja hijau, perkara yang seharusnya bisa diselesaikan secara damai, menjadi sangat rumit karena sudah bersinggungan dengan hukum negara.

Yuk, latihan bersabar.

SHARE