Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, mereka hidup dengan banyak sekali orang yang berbeda sifat dan karakter. Dengan bermacam-macam sifat tersebut, mungkin dirimu pun tak banyak mengenal mereka.

Meski begitu, seorang manusia pastilah mempunyai teman dekat yang kerap disebut sebagai sahabat. Sahabat memiliki definisi yang berbeda-beda pada setiap hubungan, mungkin begitu juga denganmu.

Menurutmu, sahabat itu seperti apa sih? Akan tetapi, sebagai sahabat yang baik, pastinya mereka selalu ada dalam segala keadaan, entah itu suka maupun duka. Betul tidak?

Dirimu dan sahabat pun pasti kerap bertukar cerita, pikiran dan rahasia. Sehingga, hanya kamu dan sahabatmu saja yang akan mengetahuinya, sedangkan yang lain tidak.

bouncehouseidea.webcam
bouncehouseidea.webcam

Tetapi, tak jarang pula dalam persahabatan terdapat sedikit kesalahpahaman. Namun, hal itu mestinya bisa kalian selesaikan dengan baik. Bukan sebentar lho kalian saling mengenal.

Karena, sudah begitu banyak waktu yang kalian habiskan untuk memahami sifat dan karakter satu sama lain. Seharusnya kesalahpahaman itu bisa saja diminimalisir. Ya kan?

Ada pula beberapa situasi yang bisa membuat kalian merasa canggung untuk menghubungi satu sama lain. Mungkin saja saat itu kamu tahu bahwa sahabatmu sedang dalam kesibukannya.

Padahal kamu sendiri membutuhkan dirinya untuk menenangkan perasaanmu yang sedang tak baik. Alhasil, kamu hanya memendamnya sendirian dan sahabatmu tak mengetahui keadaanmu itu.

Nah, sebagai sahabat yang baik, dalam kesibukanmu beraktivitas yang benar-benar menyita waktu sekalipun, lakukanlah hal-hal berikut ini. Supaya kamu tahu kondisi dan kebutuhan sahabatmu.

Dengan begitu, kamu tak akan pernah menyesali kehilangan waktu berharga bersama sahabat. Dan kamu akan selalu menjadi sahabat terbaik sepanjang masa baginya.

1Tidak Mengacuhkannya

www.hotelcoupons.com

Meski kamu sedang sibuk, jangan pernah mengacuhkan sahabat. Sebisa mungkin, luangkanlah waktu untuk menanyakan keadaannya. Sekedar mengirim pesan singkat atau menelpon sebentar saja akan membuatnya senang.

Tanyakan keadaannya, bagaimana dengan rutinitas yang ia kerjakan? Meski tak diungkapkan, mereka pasti ingin mendapat dukungan secara tak langsung dari pesan-pesanmu itu.

Karena sahabat selalu ada untuk saling mendukung dan menciptakan kebahagiaan. Maka, jangan sampai kamu lewatkan satu hari saja tanpa menanyakan keadaanya.

2Memberinya Benda Kesukaan

www.etsy.com

Sudah lama persahabatan yang terjalin antara kamu dan dirinya. Pasti banyak rahasia dan seluk-beluk yang kamu ketahui pula. Sangat mudah untuk menebak benda-benda yang menjadi kesukaannya.

Sesekali buatlah mereka berjingkrak bahagia menerima kado dari sahabatnya. Berikanlah dia hadiah yang sangat diinginkan dan begitu disukainya.

3Luangkan Waktu untuk Bertemu

www.wikihow.com

Semakin dewasa umur kalian, semakin banyak pula pekerjaan yang harus dilakukan. Alhasil intensitas untuk bertemu pun berkurang. Sesekali ajaklah sahabatmu untuk keluar bersama.

Dia pun pasti kangen untuk bertatap muka denganmu. Membagi banyak hal dan mengajakmu bertukar pikiran.

4Tenangkan Dirinya

yenhappy86gmail.blogspot.com

Barangkali saat pertemuanmu dengan sahabatmu, mereka ingin mencurahkan perasaannya secara langsung. Mungkin mereka dalam keadaan sedih dan membutuhkan seorang sahabat disisinya.

Sebisa mungkin, tenangkanlah mereka. Genggam tangannya atau beri pelukan hangat. Barangkali mereka tak butuh nasehat atau jawaban, mungkin yang mereka butuhkan adalah seseorang yang bisa memberikan dukungan.

5Berikan Energi Positif

www.playbuzz.com

Apabila sahabatmu mulai merasa lebih tenang setelah menghadapi masalahnya, tularkanlah energi positif yang kamu miliki untuknya. Ajak dia untuk jalan-jalan, menghirup udara segar atau mengunjungi tempat makan favoritnya.

Dia pasti akan merasa bahagia karena memiliki dirimu yang begitu memperhatikannya sepanjang waktu. Karena, sahabat yang baik tak akan pernah meninggalkan sahabatnya sendirian. Sahabat yang sangat amat baik akan membawa sahabatnya dalam kebaikan.