Ibadah puasa sangat identik dengan amalan sunnah berupa makan sahur dan buka. Namun walaupun sunnah, kedua amalan tersebut sangat dianjurkan dijalankan, karena selain menjaga tubuh tetap segar saat berpuasa, juga terdapat banyak keutamaannya di dalam Islam.

Makan sahur baiknya dilakukan setelah sholat malam, di waktu akhir menjelang waktu subuh. Sedangkan makan buka, baiknya dilakukan segera, walaupun hanya diawali dengan air putih atau buah kurma terlebih dahulu.

Namun ternyata, masih banyak umat Islam yang tidak memahami benar hakikat dua amalan tersebut. Banyak yang memilih tidur dengan alasan kuat puasa walau tak makan sahur.

Dan tak jarang pula banyak yang hanya makan camilan saat berbuka, padahal mengisi energi kembali dengan karbohidrat itu sangat penting.

Nah, tentang makan sahur, walau kesannya sepele, namun tahukah kamu bahwa amalan ini memiliki banyak fakta luar biasa? Yuk simak!

1Waktu Sahur adalah Waktu Mustajab Untuk Berdo’a

artikel.masjidku.id

Memohon kebaikan hidup di dunia akhirat pada Allah adalah salah satu hal yang diperintahkan Allah kepada hambaNya.

Salah satu yang dianjurkan adalah memohon kepada Allah di waktu-waktu mustajab. Dan salah satu waktu mustajab adalah di waktu sepertiga malam, waktu fajar, dan termasuk waktu sahur.

Allah berfirman dalam QS Adz Dzariyat ayat 18, “ Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdo’a memohon ampunan. “.

Dan hal tersebut dikuatkan oleh sabda Rasulullah SAW, “ Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman:

‘Orang yang berdo’a kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaKu akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dariKu akan Kuampuni’. “ (HR Bukhari – Muslim)

2Makan Sahur Bisa Memberikan Kita Simpanan Energi dan Gizi

lutphi.wordpress.com

Saat berpuasa, tubuh tidak akan kemasukan air maupun makanan dalam waktu kurang lebih 12 jam. Dan hal tersebut tentu akan membuat seseorang lemas dan merasa sangat letih.

Namun bagi mereka yang menyantap makanan cukup gizi dan memiliki kandungan energi yang cukup saat makan sahur, kondisi lemah maupun mudah letih tak akan dialami, kecuali jika seseorang itu sedang sakit.

3Waktu Sahur adalah Waktu yang Tepat Untuk Mempersiapkan Semangat Baru

gemarteo21.wordpress.com

Setelah makan dan perut kenyang (asal tidak kekenyangan) di waktu sahur, rasanya tubuh pasti akan semakin semangat dan bugar untuk menjalani hari baru.

Sholat subuh tak malas-malasan, bahkan bisa tilawah Qur’an sampai lama dan menghabiskan berlembar-lembar tanpa sadar, karena semangat telah di-charge saat sahur tadi.

4Banyak Rezeki dari Allah Di Waktu Sahur

majalahembun.com

Dan selain terdapat banyak berkah serta ampunan, ternyata waktu sahur itu menyimpan banyak rezeki dari Allah yang siap untuk dibagikan kepada hambaNya yang meminta dengan penuh ketakwaan kepadaNya.

Waktu sepertiga malam sampai pagi menjelang matahari terbit adalah waktu dimana rezeki Allah terbentang lebar. Maka manfaatkan lah waktu tersebut untuk meminta rezeki yang berkah kepadaNya.

Nah, itulah tadi keempat fakta luar biasa yang akan kamu dapatkan dari waktu sahur. Setelah membacanya, apakah kamu akan tetap meninggalkan waktu mustajab dan berharga tersebut?

SHARE